Sponsors Link

4 Cara Mengobati Batuk Sesak Secara Alami Paling Manjur

Sponsors Link

Batuk merupakan kondisi gangguan pada tubuh sebagai sinyal akan adanya virus atau bakteri dalam tubuh. Virus atau bakteri ini dapat berkembang dan akan menyebabkan penyakit lainnya. Hal ini dikarenkan batuk yang tak kunjung sembuh atau istilah medis batuk menahun dapat menciptkan penyakit lainnya yang lebih kronis. Salah satu dampak dari batuk tak kunjung sembuh yaitu batuk sesak. Batuk sesak ini merupakan kondisi tubuh yang mengalami batuk disertai dengan sesak nafas.

ads

Sesak nafas dapat diartikan sebagai ketidakmaksimalan oksigen masuk ke rongga paru – paru. Adanya tumpukan  lendir saat batuk juga memperngaruhi terkena batuk sesak, dimana gumpalan lendir ini dalam saluran pernapasan sehingga menggangnu oksigen masuk ke dalam rongga paru – paru. Keadaan batuk sesak seperti ini yang membuat ketidaknyaman dalam berkatifitas. Pada kesempatan ini di artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang cara mengobati batuk sesak.

Artikel terkait:

Pengobatan Batuk Sesak

Dalam mengobati suatu penyakit seperti batuk sesak harus diperhatikan terlebih dahulu tentang penyebab munculnya penyakit tersebut. Penyebab batuk sesak ini memang secara garis besar dipengaruhi oleh adanaya dan perkembang biakan virus, bakteri atau kuman pneyebab munculnya batuk sesak.

Namun ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan munculnya batuk disertai sesak nafas. Anda juga disrankan membaca obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa. Berikut ini beberapa penyebab batuk sesak seperti dibawah ini:

  1. Tersedak makanan, kondisi ini yang akan mengakibatkan batuk sesak. Hal ini dikarenakan makanan ini dapat menghambat saluran pernapasan sehingga pendeirta mengalami kesulitan dalam bernafas.
  2. Masuknya benda asing ke saluaran pernapasan, keadaan ini dapat menghalangi keluar masuk udara di saluran pernapasan. Kandungan CO2 yang tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh akan menyebabkan penderita mengalami keracunan karena gas CO2 tersebut terhirup kembali ke dalam tubuh. Hal ini akan berdampak buruk bagi peredaran darah. Kandungan aliran darah tercampur oleh CO2 dan menyebabkan kerusakan pada organ bagian dalam tubuh.
  3. Difteri, penyakit ini merupakan infeksi dari bakteri atau racun tertentu. Penyakit ini menyerang sistem pernapasan manusia. Penyakit ini juga akan memicu radang tenggorokan sehingga munculnya batuk. Batuk dari penyebab difteri ini biasanya disertai sesak nafas.
  4. Kebiasaan merokok, kebiasaan ini memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama di sistem saluran pernapasan. Merokok dapat menyebabkan radang tenggorokan sehingga menimbulkan batuk. Selain itu kebiasaan merokok juga dapat mengganggu pernapsasan hingga berujung pada sesak nafas. Kebiasaan merokokini juga dapat menciptkan dan menumbukembangkan sel kanker terutama yang hidup di organ dalam tubuh seperti paru – paru.
  5. Penyakit kronis seperti jantung, pada umumnya penyakit berbahaya juga dapat berefek domino menyebabkan penyakit lainnya. Penyakit jantung ini dapat terjadi dikarenakan lemahnya kinerja jaringan jantung untuk memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Keadaan seperti yang akan mengakibatkan batuk sesak karena terjadi gangguan pada pernapasan. Baca tentang batuk karena penyakit jantung.

Cara Mengobati Batuk Sesak

Pengobatan batuk yang disertai sesak nafas dapat dilakukan dengan beragam cara baik secara praktis ( obat dari dokter ) maupun secara herbal. Pengobatan secara herbal selain ampuh juga sangat baik bagi kesehatan karena tidak memiliki efek samping setelah mengkonsumsi ramuan herbal tersebut. Berikut ini beberapa cara mengobati batuk sesak, antara lain:Baca juga minuman penghilang batuk berdahak.

  • Daun sirsak

Daun ini terkenal akan kandungan senyawa murikatosin. Senyawa murikatosin ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan sistem pernapasan dan tenggorokan. Selain kandungan senyawa murikatosin, daun sirsak ini juga mengandung senyawa acetoginin dan anopentosin.

Sponsors Link

Kedua senyawa tersebut sangat baik untuk melancarkan sistem pernapsasan serta mengobatasi radang tenggorokan. Pengobatan ini harus terlebih dahulu dikethaui porsi yang tepat dan benar dalam pengobatan batuk sesak. Apabila mengkonsumsi terlalu berlebihan maka malah makan berdampak buruk bagi kesehatan. Rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak satu cangkir setiap hari akan meredakan batuk sesak.

  • Rebusan sereh

Tanaman ini mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengobati peradangan pada tenggorokan. Keadaan ini dapat membuat penderita mudah untuk bernafas kembali. Cara pengobatannya dengan merebus beberapa helai daun dan batang sereh dan uap panas dari rebusan untuk dihirup secara perlahan – lahan oleh penderita batuk sesak. Terapi uap ini akan membuat normal sistem pernapasan penderita.

  • Mengkonsumsi air jahe dan madu

Seperti yang Anda ketahui bahwa jahe adalah tanaman herbal yang sangat baik dalam mengobati beragam penyakit seperti salah satunya batuk yang disertai sesak nafas. Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan virus, bakteri atau kuman penyebab batuk.

Sponsors Link

Minuman ini juga ditambahkan madu dimana manfaan madu juga seperti jahe yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi air jahe dan madu akan berdampak baik untuk kesehatan sistem pernapasan Anda dan dapat mengobati batuk sesak.

  • Bawang putih

Bumbu masakan ini selain berfungsi penyedap masakan juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit atau gangguan kesehatan. Kandungan anti inflamasi pada bawang putih dapat bermanfaat untuk antioksidan dalam mengobati beragam penyakit seperti batuk yang disertai sesak nafas.

Bawang putih ini dipercaya mampu melegakan tenggorokan akibat proses peradangan serta melancarkan pernapasan. Cara pengobatannya dengan cara potong bawang putih lalu diblender. Setelah selesai dibelnder kemudian tambahkan madu supaya menambah rasa manis dan segera konsumsi. Lakukan rutin setiap hari minimal 1 kali.

Demikian penjelasan tentang cara mengobati batuk sesak. Bagi Anda yang mengalami batuk disertai sesak nafas maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan diatas. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba cara pengobatan batuk sesak diatas agar Anda cepat sembuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan