Sponsors Link

3 Cara Mengobati Batuk Dengan Madu yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Madu memang sangat berkasiat dalam mengobati segala penyakit dan mampu menjaga agar tetap sehat. Madu ini dapat digunakan oleh semua kalangan baik dewasa, remaja bahkan anak – anak. Di era teknologi sekarang ini beragam jenis madu dengan berbagai rasa sehingga akan mudah bagi anak untuk mengkonsumsinya. Hal ini akan mempermudah anak Anda dalam mendpatkan asupan vitamin sekaligus supleman yang baik bagi tubuh agar tubuh anak Anda sehat dan terhindar dari serangan virus, kuman dan bakteri penyebab penyakit.

ads

Madu selain dikonsumsi secara langsung juga dapat dikolaborasikan dengan minuman atau makanan. Cara penyajiannya juga sangat beragam sesuai dengan selera. Apabila anak Anda sedang sakit batuk dan susah mengkonsumsi madu maka ada cara mengobati batuk dengan batu. Artikel ini akan membahas tentang cara mengobati batuk dengan madu.

Artikel terkait:

Madu adalah obat herbal yang tidak memiliki efek samping dan sangat ampuh dalam mengobati beragam penyakit. Selain itu madu juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari serangan virus, bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan beragam penyakit. Salah satu keutamaan madu dan sering digunakan adaah untuk mengobati batuk. Madu adalah obat ampuh dalam meredakan bahkan melegakan tenggorokan sehingga mengurangi intensitas batuk.

Kandungan Madu

Sebelum membahas cara mengobati batuk dengan madu, sebaiknya Anda perlu pahami kandungan madu yang bermanfaat bagi tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tetap sehat. Berikut ini kandungan utama pada madu seperti monosakarida, fruktosa dan glukosa. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan. Secara lengkap kandungan madu seperti dibawah ini.

  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2%

Dosis Madu Untuk Obat Batuk Anak

Dosis atau kadar maksimal yang dapat dikonsumsi untuk obat batuk bagi anak harus perlu diperhatikan sebelum mengetahui cara mengobati batuk dengan madu. Apalagi bagi anak yang lebih sensitif karena sistem imunnya belum terbentuk secara sempurna maka dosis itu penting. Berikut ini dosis madu untuk obat batuk anak yang disesuaikan dengan usia anak, sebagai berikut:

  • Balita 1-5 tahun: ½ sendok teh
  • Anak 6-11 tahun: 1 sendok teh
  • Anak 12 tahun ke atas: 2 sendok teh

Khasiat Madu Untuk Obat Batuk

Berikut ini beberapa khasiat madu untuk obat batuk yang baik untuk Anda serta anak Anak, seperti dibawah ini.

  • Madu bermanfaat untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh flu
Sponsors Link

Madu ini bermanfaat unuk mengobati batuk akibat flu, karena madu ini mampu melegakan hidung dan pernapasan. Madu ini juga mampu mengeluarkan ingus dari rongga hidung. Dimana salah satu sifat madu adalah antibakteri atau mampu membunuh bakteri penyebab flu sehingga mampu mengobai batuk akibat flu.

  • Madu bermanfaat untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh sakit tenggorokan

Selain mengobati batuk karena flu, madu ini juga berkhasiat dalam menyebuhkan batuk karena sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan merupakan kondisi tenggorokan yang tidak nyaman karena ada benda atau zat asing di tenggorokan.

Benda tersebut biasanya dalam bentuk lendir. Apabila mengkonsumsi madu maka lendir tersebut akan hilang terbawa oleh madu dan akan dibuang lewat saluran ekresi manusia atau madu menjadikan lendir tersebut lebih encer dan mudah dikeluarkan lewat mulut. Selain itu, madu juga mampu melegakan tenggorokan sehingga penderita lebih mudah dalam bernafas. (baca juga : sakit tenggorokan saat batuk ).

  • Madu bermanfaat untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh pilek
ads

Pilek dan flu memang sangat berbeda. Pilek merupakan kondisi tubuh yang mengalami gangguan di sistem pernapasan terutama rongga hidung karena terdapat lendir yang menyumbat udara masuk ke rongga hidung. Apabila penderita mengkonsumsi madu maka lendir dalam rongga hidung akan encer dan mudah untuk dikeluarkan dari rongga hidung. Dengan mengkonsumsi madu maka akan mudah pilek disembuhkan dan dengan sendirinya batuk akan sembuh. (baca juga: penyebab pilek berkepanjangan pada anak)

Cara Mengobati Batuk dengan Madu

Beragam cara penggunaan madu untuk obat batuk, namun caranya disesuaikan dengan selera masing – masing. Berikut ini beberapa cara mengobati batuk dengan madu, seperti dibawah ini. (baca juga: cara mengobati batuk kronis ).

  • Mengkonsumsi madu secara langsung

Cara ini sangat praktis dan mudah karena tinggal mengkonsumsi madu sesuai dosis yang telah ditentukan. Menurut penelitian, mengkonsumsi madu pagi hari akan terjaga kesehatannya sampai malam hari dan ketika mengkonsumsi madu sebelum tidur di malam hari akan menjaga kesehatannya sampai pagi hari. Namun perlu diingat, mengkonsumsi madu sebelum tidur harus disertai dengan mengosok gigi setelah mengkonsumsi madu agar tidak timbul penyakit lainnya yaitu penyakit gigi.

  • Mengkonsumsi teh hangat dicampur madu

Cara ini memang sangat sering digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia. Karena selain lebih enak, mengkonsumsi teh hangat dicampur madu akan mampu mengoptimalkan pengobatan batuk. Hal ini dikarenakan teh hangat mampu melegakan tenggorokan dan mampu mengusir dahak di tenggorokan sehingga akan lebih cepat, tepat dan efekti dalam menyembuhkan batuk.

  • Mengkonsumsi Jahe hangat dicampur madu

Cara ini sama seperti diatas mampu menyembuhkan batuk secara ampuh. Kita ketahui bersama jahe mampu mengobati penyakit terutama batuk karena jahe mampu melegakan tenggorokan, mengecerkan dahak serta melegakan hidung tersumbat akibat pilek. Selain itu, jahe dan madu memiliki khasiat yang sama yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab batuk serta mampu melawan virus tersebut. Oleh sebab itu mengkonsumsi jahe hangat dicampur madu memang paling dihandalkan untuk mengobati batuk. (baca juga: khasiat bawang putih untuk batuk)

Demikian penjelasan singakat tentang cara mengobati batuk dengan madu. Bagi Anda atau anak Anda yang sedang mengalami batuk sebaiknya perhatikan penjelasan diatas sehingga Anda dapat mengatasi batuk dengan cepat, tepat dan efektif.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan