Sponsors Link

Benarkah Kelengkeng Menyebabkan Batuk? Bagaimana Penangananya?

Sponsors Link

Gangguan tubuh yang sering dialami setiap orang ketika kondisi lingkungan yang kurang baik seperti musim pancaroba sekarang ini yaitu batuk. Batuk merupakan reaksi tubuh akibat benda masuk ke dalam tenggorokan. Namun batuk juga dapat dikategorikan penyakit apabila batuk ini terus menerus. Setiap orang mengharapkan untuk sembuh dari penyakit termasuk batuk. Namun kondisi ini tidak sesuai dengan kebiasana penderita. Penderita sering melakukan aktifitas yang mampu memperparah kondisi batuk.

ads

Salah satu kebiasaan penderita adalah sering mengkonsumsi buah kelengkeng. Tidak semua orang mengetahui tentang fenomena mengkonsumsi buah kelengkeng dapat menyebabkan batuk. Ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa ketika mengkonsumsi buah kelengkeng maka orang tersebut mengalami batuk. Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas tentang fenomena benarkah kelengkeng menyebabkan batuk? bagaimana penangananya?.

Artikel terkait:

Buah kelengkeng merupakan buah yang berukuran kecil dengan warna coklat terong dibagian kulitnya. Dimana daging bauh kelengkeng berwarna putih dan rasanya manis. Banyak orang menfavoritkan buah ini karena rasanya yang manis dan tidak terlalu mahal.

Kandungan Nutrisi Buah Kelengkeng

Setiap buah pasti memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kondisi ini sejalan dengan buah kelengkeng, dimana buah kelengkeng juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi buah kelegkeng, antara lain:

  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Serat pangan
  4. Protein
  5. Besi
  6. Mangan
  7. Seng
  8. Kalium
  9. Kalsium
  10. Vitamin B1, B2, B3 dan C

Benarkah Kelengkeng Menyebabkan Batuk?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui efek samping ketika Anda mengkonsumsi buah kelengkeng. Berikut ini beberapa efek samping ketika mengkonsumsi buah kelengkeng, antara lain:

  • Naiknya kadar gula dalam darah

Rasa manis dari buah kelengkeng ini mengancam para pencintannya. Apabila Anda sering mengkonsumsi buah kelengkeng maka Anda akan berpotensi besar meningkatnya kadar gula dalam darah. Kondisi seperti ini akan lambat laut menyebabkan munculnya penyakit diabetes. Penyakit deabetes ini juga memicu penderita mengalami batuk. Batuk akibat diabetes ini pada umumnya serupa dengan batuk biasa namun munculnya batuk atau intensitas batuk tergantung dairi kadar gula dalam darah.

  • Menurunnya nafsu makan

Pecinta buah kelengkeng ini akan mengurangi porsi makannya setelah mengkonsumsi buah kelengkeng. Hal ini dikarekan kandungan karbohidrat yang tinggi membuat penikmat buah ini merasa kenyang. Namun kondisi ini akan berdampak buruk, karena dengan nafsu makan berkurrang berarti akan mengurangi atau melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sponsors Link

Apabila sistem kekebalant tubuh melemah maka mudahnya virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah kelengkeng kemungkinan akan membuat Anda mudah terkena batuk. Virus atau bakteri penyebab batuk ini mudah sekali masuk ke dalam tubuh penderita saat sistem kekebalan tubuh menurun. Baca mengenai penyebab batuk kronis yang sering diabaikan.

  • Naiknya asam lambung

Secara umum dengan rutin atau sering mengkonsumsi buah kelengkeng akan menyebabkan terjadinya iritasi lambung. Kondisi iritasi lambung ini menyebabkan naiknya asam lambung. Asam lambung yang naik ini memasuki area tenggorokan. Karena sifatnya yang asam sehingga menyebabkan korosi di tenggorokan, dimana korosi ini terlihat adanya peradangan di tenggorokan.

Radang tenggorokan ini merupakan gejala awal dari batuk. Pada kondisi ini mengakibatkan penderita merasa sakit atau nyeri saat menelan makanan. Peradangan di tenggorokan ini apabila tidak disembuhkan secara cepat, tepat dan benar maka akan menyebabkan terjadi pendarahan di tenggorokan. Ketika terjadi batuk maka akan keluar darah.

Bagaimana Penangananya?

Dalam mengobati suatu penyakit harus terlebih dahulu diketahui penyebabnya. Untuk batuk yang disebabkan oleh buah kelengkeng maka diperlukan beberapa cara dalam penanganannya. Berikut ini beberapa cara dalam menangani batuk karena mengkonsumsi buah kelengkeng, antara lain:

ads

1. Berhenti mengkonsumsi buah kelengkeng

Cara yang praktis dan paling ampuh yaitu menghilangkan penyebabnya. Apabila batuk Anda disebabkan oleh sering mengkonsumsi bauh kelengken maka mulai sekarang Anda harus rela untuk tidak mengkonsumsi buah kelengkeng agar batuk Anda cepat sembuh. Baca tentang ciri-ciri influenzayang jarang diwaspadai.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan termasuk dalam mengobati batuk karena mengkonsumsi buah kelengkeng. Rasa manis yang terkandung di buah kelengkeng akan dinetralkan oleh air putih sehingga tubuh tidak akan kelebihan kandugan gula.

Selain itu, air putih juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri atau virus penyebab batuk tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari akan bermanfaat untuk tubuh yaitu dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

3. Mengkonsumsi air jahe dan madu

Khasiat jahe dan madu ini tidak jauh berbeda dengan ari putih. Apabila Anda batuk karena mengkonsumsi buah kelengkeng maka Anda dapat menangani dengan mengkonsumsi ari jahe dan madu. Air jahe dan madu ini mampu menghanagatkan tubuh, melegakan tenggrokan dan mengencerkan dahak sehingga dahak mudah keluar. Air jahe dan madu ini banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk terus menerus pada anak.

4. Rutin berolahraga

Kondisi batuk karena mengkonsumsi buah kelengkeng ini menyebabkan rasa malas dalam menjalanakna aktifitas. Salah satu caranya yaitu dengan rutin berolahraga sehingga akan menggerakan otot – otot dan akhrinya membakar lemak yang berakibat kadar gula dalam darah menurun. Oleh sebab itu, dengan rutin berolahraga dapat mengobati batuk Anda.

Demikian penjelasan tentang pertanyaan benarkah kelengkeng menyebabkan batuk? bagaimana penangananya?. Apabila Anda sekarang mengalami batuk yang disebabkan kebiasaan Anda sering mengkonsumsi buah kelengkeng maka Anda dapat mencoba cara mengobati seperti penjelasan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan