Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Sariawan di Tenggorokan yang Ampuh

Sponsors Link

Sariawan merupakan suatu kondisi kesehatan, dimana ditandai dengan kemunculan luka di area mulut, bibir, hingga tenggorokan. Sariawan di area mulut atau bibir mungkin bisa lebih cepat disembuhkan, lalu bagaimana dengan sariawan di area tenggorokan? Sebaiknya Anda tidak meremehkan batuk disertai sariawan di tenggorokan, terlebih jika sudah dialami lebih dari tiga minggu. Saat mengalami sariawan, pasien akan merasa cukup terganggu, karena rasa sakit yang timbul akibat luka di bagian tertentu yang terkena sariawan.

ads

Sariawan yang terjadi di area tenggorokan, belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, dilansir dari alodokter.com, sariawan di tenggorokan ini bisa muncul karena stress, ada jaringan yang terluka, infeksi virus, alergi makanan, hingga perubahan hormonal dan menstruasi. Sariawan yang dialami, biasanya diidentikan dengan makanan yang berminyak dan tidak sehat, yang menyebabkan panas dalam, sehingga munculah sariawan.

Penyebab Sariawan di Tenggorokan

Seperti telah diulas di atas, penyebab sariawan di tenggorokan masih belum bisa dipastikan. Meski begitu, saat mengalami keluhan sariawan ini, maka kita akan merasa kurang nyaman dan bahkan mengalami penurunan nafsu makan, disertai suara serak karena batuk pilek. Dilansir dari himedik.com, penyebab sariawan yang paling umum adalah karena kekurangan vitamin B12, asam folat, infeksi virus atau bakteri, serta system imun yang melemah. Selain itu, sariawan juga bisa muncul karena menyikat gigi terlalu keras, tergores makanan, dan lidah tergigit.

Cara Menghilangkan Sariawan di Tenggorokan

Umumnya, sakit sariawan yang dialami sebagian besar orang, bisa sembuh dengan sendirinya sekalipun tanpa pengobatan. Sariawan akan membaik dan sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Lalu bagaimana dengan kondisi sariawan di tenggorokan? Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit saat mengalami sariawan di tenggorokan:

Menghindari Konsumsi Minuman dan Makanan yang Sifatnya Asam

Beberapa makanan dan minuman seperti jeruk yang asam atau makanan dan minuman lain yang juga memiliki rasa asam, sebaiknya dihindari sementara waktu. Sifat asam ini sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan jaringan lunak tubuh. Sebaiknya, saat mengalami sariawan di tenggorokan, Anda cukup mengkonsumsi sayuran dan makanan manis saja, seperti es krim, air kelapa dan susu.

Gunakan Madu

Madu memang ampuh dalam membantu mengatasi beberapa keluhan penyakit seperti sariawan. Madu ini bersifat anti radang dan mengurangi rasa perih pada sariawan juga mengatasi penyebab suara hilang saat flu. Selain itu, madu juga membantu mempercepat proses penyembuhan saat mengalami sariawan di tenggorokan. Berdasarkan hasil penelitian di Saudi Arabia, sebanyak 94 orang yang mengalami sariawan, dengan mengoleskan madu secara rutin pada luka sariawanya, selama 4 hari mengalami kesembuhan dengan cukup cepat.

Gunakan Air Garam

Garam juga memiliki sifat anti bakteri dan anti radang, fungsinya untuk mencegah sariawan menjadi semakin parah, sekaligus mempercepat penyembuhan. Saat sariawan melanda, Anda cukup larutkan garam sebanyak setengah sendol the ke dalam segelas air. Kumur –kumur dengan larutan garam selama 2 menit. Bila perlu, Anda bisa menambahkan baking soda ke dalamnya, sebanyak 1 sendok the.

Minum Secara Perlahan

Meski sedang mengalami sariawan di tenggorokan, Anda tetap bisa minum air. Khususnya, Anda yang suka minum air es, sebaiknya minumlah secara pelan-pelan dan sedikit demi sedikit. Hal ini, akan membuat air es mengenai sariawan yang ada di tenggorokan dan membekukan peradanganya.

Sponsors Link

Minuman yang Manis

Bukan berarti minuman yang manis dengan banyak kandungan gula, namun cobalah untuk lebih sering minum susu, makan es krim serta minum yoghurt saat sedang mengalami sariawan di tenggorokan. Minuman manis seperti ini, dapat membantu mengurangi peradangan yang sedang terjadi dan membuat area tenggorokan tidak kering.

Minum Obat Sariawan

Pengobatan tentunya harus dilakukan, agar sariawan di tenggorokan bisa dihilangkan dalam waktu yang lebih singkat. Gunakan obat dengan kandungan hydrogen peroksidan dan fluocinonide serta obat dengan kandungan benzokain, untuk membantu menyembuhkan sariawan di tenggorokan.

Mengkonsumsi Obat Antibiotik

Anda tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat antibiotic, namun harus sesuai dengan resep dokter. Keluhan sariawan di tenggorokan yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda, maka periksalah ke dokter dan dokter akan memberikan obat antibiotic sesuai tingkat keparahan yang dialami pasien sariawan di tenggorokan.

Mengkonsumsi Buah-Buahan Kaya Vitamin

Sariawan di tenggorokan juga bisa saja muncul karena Anda mungkin kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral tertentu yang dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu, mintalah saran dokter untuk membantu merancang pola makan serta suplemen dan jenis buah-buahan mana yang cocok untuk dikonsumsi saat mengalami sariawan.

Dengan melakukan beberapa cara menghilangkan sariawan di tenggorokan, setidaknya Anda yang sedang mengalami sariawan di tenggorokan bisa lebih mengurangi rasa sakit yang timbul dan perlahan mengalami proses penyembuhan. Namun, jika sariawan di tenggorokan yang dialami tidak sembuh dengan cara menghilangkan sariawan di tenggorokan, seperti yang diuraikan di atas, maka segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan medis yang lebih tepat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan