Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Ingus di Tenggorokan yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Ingus merupakan cairan atau lendir yang beradai di dalam rongga hidung. Ingus ini diakibatkan karena tubuh mengalami gangguan kesehatan yaitu pilek. Pilek ini disebakan oleh bakteri atau virus. Ingus ini merupakan produksi lendir yang berlebihan sehingga cairan ini menutupi rongga hidung. Keadaan pilek yang beringus ini memang sangat mengganggu aktifitas penderita dalam kesehariannya. Pilek sering dialami oleh setiap orang dan mudah untuk disembuhkan.

ads

Namun apabila pilek tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dan benar maka bisa menjadi pintu utama masuknya penyakit lainnya yang lebih parah lagi. Keadaan ingus menunjukkan tingkat keparahan dari penyakit pilek, dimana salah satu warna ingus di tenggorokan. Warna ini disebabkan oleh kondisi pilek yang tidak terobati secara cepat, tepat dan tepat. Artikel ini akan membahas tentang cara mengobati ingus di tenggorokan .

Artikel Terkait:

Ingus juga dialami di rongga tenggorokan karena apabila terjadi peradangan pada tenggorokan juga dapat menimbulkan ingus atau yang lebih dikenal sebagai dahak. Perubahan ingus atau dahak ini dapat berubah warnanya serta kekentalananya berdasarkan tingkat keparahan pilek atau batuk yang diderita.

Penyebab Ingus berwarna di tenggorokan

Secara umum seperti yang dijelaskan diatas bahwa perubahan warna dan kekentalan ingus berkaitan erat dengan tingkat keparahan penyakit. Dimana tingkat keparahan penyakit pilek ditentukan oleh beberapa faktor pemicu. Berikut ini beberapa penyebab ingus di tenggorokan antara lain: Baca juga penyebab ingus berwarna kuning.

1. Karena alergi

Keadaaan ini dapat terjadi jika benda asing masuk ke dalam tubuh. Benda asisn seperti debu atau bulu binatang dapat menyebabkan produktifitas cairan meningkat sehingga terciptalah ingus. Selain itu, benda asing yang memiliki kandungan polutan udara dimana didalamnya terdapat bakteri atau kuman. Apabila benda asing tersebut terhirup maka akan dapat menyebabkan munculnya peradangan di tenggorokan. Seriring dengan berjalananya waktu maka cairan ini akan berubah di tenggorokan dan kental.

2. Karena infeksi bakteri atau virus

adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh akan menyebbakan infeksi pada tubuh terutama pada sistem pernapasan. Infeksi ini mengakibatkan peradangan di sialuran pernapsaan terutama di rongga hidung dan berujung munculnya ingus akibat penyakit pilek.

3. Karena penggunaan obat- obat tertentu

salah satu penyebab dari ingus di tenggorokan adalah akibat efek samping obat tertentu. Setap obat pasti memiliki resiko untuk dikonsumsi dimana salah satunya adalah terciptanya ingus di tenggorokan . Pengunaan obat – obat ini apabila digunakan pada dosis berlebihan dan jangka waktu yang lama akan beresiko pula pada terbentuknya warna ingus voklat serta kondisi ingus sangat kental. Selain itu, penggunaan zat kimia tertentu pada kandungan obat akan membuat efek samping tertentu seeprti terjadinya sinusistas pada sinus.

4. Karena makanan

penyebab ingus di tenggorokan ini didasarkan pada kandungan makanan yang dikonsumsi. Kandungan makanan yang dapat memicu munculnya ingus di tenggorokan dan meningkatkan kekentalan ingus biasanya memiliki citarasa pedas. Rasa pedas ini mengakibatkan syaraf pada rongga hidung mengalami rasa tertekan dan otak memberikan instruksi pada tubuh untuk memberikan respon terhadap rongga hidung dengan meningkatknya produsktifitas cairan. Cairan ini berlebiahan sehingga muncul dan menutupi rongga hidung. Rasa pedas ini akan mengubah warna ingus menjadi di tenggorokan akibat adanya peradangan pada rongga hidung.

Sponsors Link

Cara Mengobati Ingus di tenggorokan

Ingus di tenggorokan ini sebagai petanda pada tubuh bahwa ada peradangan pada area saluran pernapasan. Peradangan ini biasanya terjadi di area rongga hidung atau bisa pula di tenggorokan. Kondisi ini harus segera diobati agar tidak menambah penyakit baru yang diakibatkan oleh peradangan ini. Berikiut ini cara mengobati ingus di tenggorokan antara lain.

Cara Medis:

  1. Mengkonsumsi obat antisthamin, obat ini sering digunakan untuk penderita sinus. Selain itu obat ini juga mampu memperlancara ingus keluar, menguranggi peradangan pada rongga hidung sehingga menormalkan warna ingus, serta mengurangi produktifitas ingus.
  2. Gunakan semprot hidung, cara ini juga baik bagi Anda yang tidak mau mengokonsumi obat-obatan yaitu gunakan semprot hdiung. Semprot hidung ini mampu mengeluarkan ingus lebaih cepat dan lebih banyak. Selain itu dengan memanfaatkan semprot hidung ini mampu mengurangi peradangan pada rongga hidung sehingga mampu menormalkan warna ingus.

Anda juga bisa mendapatkan tentang pengobatan lainnya dengan membaca khasiat bawang merah untuk batuk dan khasiat nanas untuk batuk.

Sponsors Link

Cara Non Medis:

  1. Perbanyak minum air putih, salah satu faktor pemicu utama munculnya ingus di tenggorokan yaitu sistem kekebalan tubuh melemah. Kondisi tubuh seperti ini yang membuat mudahnya bakteri atau virus untuk membuat produktifitas cairan ingus ini melimpah serta terjadinya peradangan pada rongga hidung. Salah satu cara mengobati ingus di tenggorokan secara non medis ini yaitu perbanyak minum air putih. Air putih terbukti bermanfaat bagi tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi serta mampu emngeluarkan racun dari dalam tubuh.
  2. Melakukan terapi uap, teratpi ini dipercaya mampu melegakan rongga hdiung, mengurangi produktifitas cairan ingus serat mampu meredakan peradangan pada rongga hdiung dan tenggorokan.
  3. Mengkonsumsi air jahe dan madu, apabila pendeita sering mengkonsumsi air jahe dan madu sangat membantu meredakan peradangan pada rongga hidung dan tenggorokan. Selain itu manfaat utama dari jahe dan madu yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus atau bakteri peneybab ingus di tenggorokan tidak dapat masuk ke dalam tubuh.
  4. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah, mengkonsumsi buah dan sayuran ini sangat baik untuk menjaga kesehatan terutama buah dan sayuran yang mengandung vitamin c. Kandunga vitamin C pada buah dan sayuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu, anda juga harus menghindari beberapa makanan yang dihindari saat flu dan makanan yang dilarang saat batuk agar tidak sampai membuat kondisi yang anda alami tidak kunjung sembuh.

Demikian penjelasan secara singkat namun lengkap tentang cara mengobati ingus di tenggorokan . Bagi Anda yang merasakan di tenggorokan saat ini maka sebaiknya Anda coba ikuti cara pengobatan seperti yang telah dijelaskan. Selamat mencoba dans semoga berhasil.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan