Sponsors Link

Inilah 6 Cara Mengeluarkan Lendir di Tenggorokan yang Susah Keluar

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami flu? Flu atau yang sebenarnya disebut sebagai influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang akan membuat hidung kita mampet atau tersumbat. Flu bisa dialami oleh siapa saja, baik anak – anak sampai orang tua sekalipun tidak akan luput oleh serangan penyakit yang satu ini. Akan tetapi, flu akan lebih sering menyerang seseorang yang mana sistem kekebalan tubuhnya sudah mulai menurun.

ads

Jika kondisi ini anda biarkan begitu saja, maka akan menyebabkan anda mengalami penyakit lainnya yakni batuk berdahak. Mengapa? Karena penumpukan lendir atau dahak yang ada di hidung anda kemudian menyebar ke tenggorokan anda sehingga akan memicu terjadinya batuk basah atau yang lebih kita kenal dengan istilah batuk berdahak.

Penyebab Penumpukan Lendir Di Tenggorokan

Batuk berdahak menjadi sebuah tanda bahwa lendir atau dahak tersebut sudah mulai menginfeksi dan lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi atau yang lebih dikenal dengan istilah radang tenggorokan. Perlu anda tahu bahwa pada dasarnya lendir yang berada di dalam hidung disebut dengan ingus, sementara lendir yang sudah berada di tenggorokan yang menjadi sebab anda menderita batuk, maka disebut dengan dahak.

Anda tidak boleh meremehkan batuk berdahak karena lama kelamaan produksi lendir atau dahak tersebut akan semakin lama semakin meningkat sehingga akan menyebabkan peradangan yang anda alami akan semakin parah. Maka dari itu, anda harus mengetahui tentang cara mengeluarkan lendir di tenggorokan yang susah keluar karena teksturnya sudah mulai mengental.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa saja yang menjadi sebab seseorang mengalami penumpukan lendir di tenggorokan.

1. Infeksi Virus

Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi bahwa salah satu penyebab seseorang mengalami penumpukan lendir di tenggorokan adalah infeksi virus. Virus tersebut akan lebih mudah menyerang seseorang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang sedang menurun, dan karena virus inilah anda akan mengalami peradangan sehingga menyebabkan batuk berdahak atau sakit tenggorokan.

2. Infeksi Bakteri

Penyebab yang kedua adalah karena infeksi bakteri. Sama halnya dengan virus, bakteri akan lebih mudah menyerang dan menyebar terhadap seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik. Beberapa masalah yang akan ditimbulkan oleh infeksi bakteri seperti sakit tenggorokan, batuk berdahak, atau bahkan mengalami gejala batuk rejan.

3. Penyakit Paru – Paru

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penumpukan lendir pada bagian tenggorokannya adalah karena penyakit paru – paru. Penyakit yang kami maksud adalah seperti bronkitis atau pneumonia yang identik dengan penumpukan lendir.

Seseorang yang menderita masalah dengan paru – parunya akan bisa anda lihat dengan adanya penumpukan lendir pada bagian tenggorokan sehingga menyebabkan orang tersebut menderita batuk berdahak atau penyebab batuk kronis.

4. Kebiasaan Merokok

Tidak ada satupun ahli kesehatan di dunia ini yang mengatakan bahwa merokok merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Seseorang yang memiliki kebiasaan yang buruk ini akan membuat masalah pada paru – paru atau tenggorokannya, dimana akan menjadi pemicu penumpukan lendir yang membuatnya menderita batuk berdahak. Selain itu, perokok berat akan mengalami resiko yang besar untuk terkena penyakit pneumonia seperti yang telah dijelaskan pada penyebab penyakit pneumonia.

Sponsors Link

Cara Mengeluarkan Lendir Di Tenggorokan

Setelah membahas mengenai apa saja faktor yang menyebabkan seseorang mengalami penumpukan lendir di tenggorokan, maka selanjutnya kita akan sama – sama membahas tentang bagaimana cara mengeluarkan lendir di tenggorokan.

1. Menggunakan Larutan Garam

Cara mengeluarkan lendir di tenggorokan bisa anda lakukan dengan membuat larutan garam. Cara ini merupakan sebuah cara sederhana yang telah dilakukan sejak jaman dahulu yang memang terbukti ampuh mengencerkan dahak di tenggorokon anda yang menjadi sebab batuk berdahak.

Namun yang harus anda ingat bahwa ketika dahak tersebut  sudah mulai keluar dari mulut anda, maka anda harus segera mengeluarkannya dan jangan sampai di tahan. Ada juga yang berpendapat bahwa larutan garam merupakan pengobatan awal sebelum nantinya anda melakukan beberapa pengobatan yang lebih intens.

Di bawah ini merupakan langkah – langkah yang harus anda lakukan:

  • Siapkan garam sebanyak satu sendok teh
  • Kemudian anda larutkan garam tersebut ke dalam air hangat sebanyak 1 gelas
  • Aduk secara perlahan sampai benar – benar tercampur
  • Selanjutnya anda hanya perlu membuatnya sebagai obat kumur dengan memposisikan kepala anda ke atas atau mendongak.
  • Jangan sampai anda menelan larutan garam agar bakteri atau virus tersebut tidak masuk ke tubuh anda
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin agar supaya dahak atau lendir yang menumpuk di tenggorokan anda semakin lama akan semakin berkurang

2. Memperbanyak Minum Air Putih

ads

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan untuk mengatasi penumupukan lendir di tenggorokan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Ketika seseorang terinfeksi virus maupun bakteri, maka yang ia butuhkan adalah metabolisme yang lancar.

Dan cara untuk memperlancar metabolisme anda tersebut adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih berguna agar tubuh anda tidak sampai mengalami dehidrasi yang hanya akan membuat peradangan yang anda alami semakin parah.

Selain itu, air putih juga bermanfaat mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda menjadi lebih baik. Meskipun cara ini terkesan sederhana, namun manfaat yang akan anda dapatkan akan sangat besar. Anda harus membiasakan diri banyak minum air putih dan bahkan disarankan melebihi 8 gelas setiap harinya sampai lendir yang menumpuk di tenggorokan anda mulai berkurang.

Meskipun cara ini akan membuat anda sering ke kamar mandi, namun penting anda lakukan selama menderita penumpukan lendir di tenggorokan. Pengobatan dengan air putih juga disarankan untuk penyebab pilek berkepanjangan pada anak.

3. Menghindari Makanan Penyebab Penumpukan Lendir

Selain mengetahui tentang apa saja pengobatan yang bisa anda lakukan, hal lain yang harus anda perhatikan adalah dengan menjauhi makanan yang bisa menyebabkan penumpukan lendir atau dahak di tenggorokan. Jangan sekali – kali anda mencoba untuk mengkonsumsi makanan tersebut karena hanya akan membuat penumpukan lendir semakin parah sehingga peradangan yang anda alami juga akan semakin parah.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan antara lain:

  • Susu
  • Produk – produk olahan susu, misalnya mentega, margarin, yoghurt, es krim, krim susu, dan lain sebagainya
  • Kedelai
  • Produk – produk olahan kacang kedelai seperti misalnya kecap, susu kedelai, cemilan kedelai, dan lain – lain

4. Makan Makanan Pedas

Banyak orang yang berpendapat bahwasanya makanan pedas tidak dianjurkan untuk seseorang yang menderita penumpukan lendir di tenggorokan seperti batuk berdahak karena hanya akan memperbanyak produksi lendir di tenggorokan.

Sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat, karena dengan makanan pedas itulah yang bisa membantu dalam mengencerkan dahak. Ketika dahak atau lendir sudah mulai encer, maka tentunya akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Namun yang harus anda ingat bahwa anda tidak boleh makan makanan pedas secara berlebihan atau yang menggunakan pengawet karena hal tersebut malah akan memperburuk kondisi anda.

Beberapa makanan yang harus anda konsumsi adalah makanan yang benar – benar menggunakan produk alami sehingga pengobatan yang anda lakukan tidak malah memperburuk keadaan atau penyakit anda.

5. Jahe

Pengobatan selanjutnya yang bisa anda coba untuk membantu mengencerkan lendir di tenggorokan anda yaitu dengan menggunakan jahe. Jahe merupakan rempah – rempah yang memang sejak dulu digunakan sebagai obat yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Di dalam jahe mengandung zat yang nantinya akan berfungi sebagai anti inflamasi atau anti bakteri yang akan berperan dalam melawan penyakit yang anda alami. Adapun langkah – langkah yang harus anda lakukan jika ingin menggunkan jahe sebagai pengobatan anda adalah seperti di bawah ini:

Sponsors Link

  • Siapkan jahe sebanyak 2 ruas yang sebelumnya sudah anda cuci terlebih dahulu
  • Kemudian anda geprek jahe tersebut atau anda juga menghaluskannya
  • Langkah selanjutnya anda masukkan jahe ke dalam air panas dan sambil anda aduk secara perlahan – lahan sampai merata
  • Jika dirasa sudah hangat, maka anda hanya perlu meminumnya secara rutin minimal dua kali dalam sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari

6. Jeruk Nipis

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan juga bisa anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Sama halnya dengna jahe, di dalam jeruk nipis juga mengandung suatu zat yang akan membantu dalam mengeluarkan dahak. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis akan berfungsi mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda sehingga bisa lebih baik.

Jeruk nipis sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan memang terbukti ampuh seperti cara ampuh mengatasi batuk. Untuk pengobatan yang harus anda lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Siapkan jeruk nipis sebanyak satu buah yang sudah anda cuci sebelumnya
  • Kemudian anda belah jeruk nipis tersebut menjadi dua buah dan anda peras airnya
  • Setelah itu, anda hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat atau air panas
  • Segera minum ramuan tersebut minimal dua kali dalam sehari

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan berkaitan dengan cara mengeluarkan lendir di tenggorokan. Kami juga menyarankan anda membaca informasi lainnya yang juga tidak kalah penting yaitu jenis – jenis penyakit batuk. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan