Sponsors Link

14 Cara Mengobati Batuk Dengan Jeruk Nipis yang Mudah Dicoba

Sponsors Link

Seperti yang sudah dijelaskan pada kesempatan sebelumnya bahwasanya batuk merupakan suatu kondisi yang wajar yang memang merupakan sebuah respon dari tubuh kita terhadap suatu zat yang dianggap berbahaya yang nantinya dapat membahayakan kesehatan tbubuh, meksipun memang sebenarnya respon yang dilakukan oleh tubuh kita tersebut tidak mengetahui apakah memang zat tersebut berbahaya atau tidak. Batuk bisa menyerang siapa saja mulai dari anak – anak bahkan orang lansia atau lanjut usia pun bisa terkena batuk. Respon yang dilakukan oleh tubuh tersebut bertujuan untuk membersihkan lendir dan juga membersihkan zat – zat lain yang dapat mengakibatkan terkena iritasi, seperti contohnya debu maupun asap agar semua zat tersebut dapat keluar dari paru – paru.

ads

Batuk biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka dari itu banyak orang yang menganggap batuk merupakan hal yang biasa dan tidak perlu repot – repot untuk mengobatinya karena pastinya batuk tersebut lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi perlu anda waspadai bahwa tidak semua batuk dapat sembuh dalam waktu singkat, dikarenakan orang yang mengalami batuk kemungkinan dia juga dapat mengalami penyakit lainnya karena bisa jadi batuk tersebut hanya sebuah pemicu akan datangnya penyakit lain yang kemungkinan lebih berbahaya dan bahkan penanganannya lumayan sulit.

Jenis-jenis Penyakit Batuk

Pada dasarnya batuk terbagi menjadi dua macam, yang pertama yaitu batuk kering atau disebut dengan batuk tidak berdahak dan yang kedua yaitu batuk basah atau disebut dengan batuk berdahak. Batuk kering yaitu suatu kondisi dimana seseorang yang mengalami batuk tidak mengeluarkan lendir atau tidak mengeluarkan dahak. Sementara itu batuk basah merupakan suatu kondisi dimana seseorang pada saat mengalami batuk akan mengeluarkan lendir atau dahak yang mana lendir tersebut nantinya jika tidak segera ditangani akan semakin lama semakin menumpuk di tenggorokan yang bisa mengakibatkan penyakit lainnya seperti misalnya flu, hidung tersumbat atau hidung mampet, atau bisa juga menyebabkan batuk anda semakin parah dan semakin lama penyembuhannya. Anda perlu membaca mengenai cara mengolah kencur untuk batuk berdahak.

Sementara itu, tanda atau gejala yang mengindikasikan seseorang tersebut terkena batuk yaitu seperti contohnya seseorang tersebut mengalami rasa gatal yang terjadi pada tenggorokan, nyeri pada tubuh, demam, sakit kepala, dan dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa orang yang mengalami tanda atau gejala batuk biasanya dia akan berkeringat di malam hari. Mungkin memang masih ada tanda atau gejala lainnya yang jarang ditemukan karena gejala atau tanda yang di alami oleh setiap orang kemungkinan bisa berbeda dengan gejala atau tanda yang di alami oleh orang lain. Oleh karena itu anda harus berkomunikasi dengan ahli kesehatan jika anda mengalami tanda – tanda yang mengindikasikan bahwa anda terkena batuk.

Kegunaan Jeruk Nipis

Salah satu pengobatan yang banyak dilakukan untuk mengobati batuk secara alami yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia  di dalamnya mengandung minyak atsiri dan juga mengandung berbagai zat lainnya yang berfungsi untuk melemaskan otot – otot yang terdapat pada saluran pernapasan, mencegah rambut rontok, dan bahkan jeruk nipis juga banyak digunakan untuk mencerahkan kulit yang berminyak. Dan perlu anda ketahui bahwa jeruk nipis juga banyak digunakan untuk membantu menurunkan panas dan juga digunakan untuk membantu mengatasi suara serak.

Kebanyakan orang ketika menggunakan jeruk nipis sebagai obat untuk mengatasi batuk biasanya akan dicampur dengan kecap dan ada juga beberapa orang yang mencampurnya dengan madu. Adapun penambahan kecap dan atau penambahan dengan madu tersebut bertujuan untuk mengurangi keasamaan yang terdapat pada air perasan jeruk nipis. Kecap memang sudah banyak yang membuktikan bahwa di dalam kecap sendiri terdapat suatu zat atau senyawa yang berguna untuk membantu mengatasi batuk. Baca juga mengenai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu.

Sponsors Link

Pengobatan Menggunakan Jeruk Nipis

Memang seperit yang sudah kita ketahui bahwa jika ada penyakit maka tentulah ada obatnya. Ada banyak jenis obat – obatan yang digunakan untuk mengobati batuk, mulai dari obat – obatan tradisional sampai dengan obat – obatan yang disedikan oleh rumah sakit yang mana kemungkinan obat tersebut mengandung zat kimia yang dikhawatirkan dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan obat tradisisonal atau obat alami karena memang jenis obat ysi suara srang satu ini kebanyakan tidak mengandung efek samping dan relatif aman digunakan jika dibandingkan dengan obat – obatan yang disediakan oleh pihak medis.

Namun, anda juga harus memahami bahwa obat – obatan yang digunakan juga tidak selamanya bisa dijadikan patokan untuk mengobati setiap orang yang mengalami batuk karena hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh dan juga dipengaruhi oleh seberapa parah batuk yang di alami. Baca mengenai cara menyembuhkan sinusitis. Cara yang harus anda lakukan cukup mudah, dan seperti yang telah dijelaskan bahwa jeruk nipis tersebut biasanya akan dikombinasikan dengan kecap maupun dengan maduk.

ads

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai cara mengobati batuk dengan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap maupun dengan madu yang harus anda ketahui:

  • Siapkan beberapa buah jeruk nipis yang mana kondisinya masih segar dan juga sudah matang, adapun ciri – ciri dari buah jeruk nipis yang sudah matang yaitu biasanya akan memiliki ukuran antara 2 sampai 3 cm.
  • Anda kemudian bisa menyiapkan kecap manis, pilihlah kecap manis yang memang sudah diakui akan manfaatnya. Jangan memilih kecap sembarangan.
  • Bersihkan semua jeruk nipis tersebut dan kemudian anda potong jeruk nipis tersebut menjadi 2 bagian.
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan memerasa jeruk nipis tersebut ke dalam wadah yang berupa mangkuk, dan atau juga bisa anda menaruhnya ke dalam gelas.
  • Setelah anda peras, kemudian anda saring perasan jeruk nipis tadi. Disarankan untuk menggunakan saringan yang halus agar supaya tidak ada satupun biji maupun ampas jeruk nipis yang akan ikut masuk atau ikut tercampur.
  • Kemudian yang harus anda lakukan yaitu dengan menambahkan kecap, jangan tambahkan terlalu banyak kecap. Cukup sekitar kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  • Yang terakhir yaitu anda minum ramuan tersebut sampai habis dan anda ulangi pengobatan dengan cara yang sudah dijelaskan tersebut sebanyak kurang lebih 3 kali dalam sehari.

Sementara itu, pengobatan batuk dengan menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan madu yaitu sebagai berikut:

  • Anda siapkan beberapa buah jeruk nipis. Pilihlah jeruk nipis yang memiliki kualitas bagus dan jangan memilih jeruk nipis yang sudah terlalu matang karena nantinya hal tersebut juga bisa berpengaruh terhadap khasiat atau manfaat dari jeruk nipis tersebut. Baca mengenai cara mengobati batuk alergi.
  • Kemudian anda cuci semua jeruk tersebut sampai bersih, dan biasanya akan ditaruh di dalam kulkas terlebih dahulu untuk membuat jeruk nipis tersebut semakin segar.
  • Yang selanjutnya anda lakukan yaitu dengan memotong – motong semua jeruk yang sudah dicuci tadi menjadi dua bagian. Adapun jumlah jeruk nipis yang dipotong biasanya paling sedikit berjumlah 3 buah.
  • Lalu yang harus anda lakukan yaitu dengan memeras jeruk nipis yang sudah dipotong tadi ke dalam sebuah wadah, bisa berupa mangkuk, gelas, atau lainnya. Pastikan wadah tersebut sebelumnya sudah dicuci bersih karena dikhawatirkan terdapat debu atau sejenisnya.
  • Setelah itu diperas, anda saring perasan jeruk nipis tersebut dengan menggunakan saringan. Dianjurkan untuk menggunakan saringan yang memiliki lubang yang sangat kecil. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada biji maupun ampas jeruk nipis yang malah akan ikut masuk ke dalam wadah yang sudah anda sediakan.
  • Kemudian anda bisa menambahkan atau mencampurkan madu ke dalamnya. Tidak perlu mencampur terlalu banyak, cukup kira – kira kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  • Setelah itu yang terakhir yaitu, anda minum ramuan tersebut secara rutin agar anda dapat meningkatkan manfaat yang akan anda terima. Disarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak paling sedikit 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis selain menggunakan campuran kecap dan dengan menggunakan campuran madu, anda juga bisa menggunakannya dengan campuran gula. Adapun cara yang musti anda lakukan tidak jauh berbeda dengan cara ketika anda mencampur perasan jeruk nipis dengan kecap dan atau dengan madu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, perlu anda pahami bahwa pengobatan batuk tersebut juga bergantung terhadap kondisi tubuh seseorang dan juga bergantung kepada seberapa parah batuk yang di alami. Jika sudah dilakukan pengobatan dengan cara tersebut namun masih belum menunjukkan tanda – tanda kesembuhan, maka segeralah pergi ke dokter agar supaya dokter dapat memberikan anjuran yang terbaik bagi anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Baca mengenai cara meredakan pilek pada bayi.

, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan