Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Hidung Bayi Tersumbat Karena Flu Saat Tidur

Sponsors Link

Pilek merupakan serangkaian gejala yang biasanya terjadi pada penyakit flu. Pilek tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja namun juga dapat terjadi pada bayi. Biasanya apabila bayi mengalami pilek hingga membuat hidungnya tersumbat, orang tua memerlukan beberapa cara mengobati pilek terus menerus yang tepat agar tubuh bayi merasa nyaman walaupun sedang dalam kondisi pilek. Berikut 17 cara mengatasi hidung bayi tersumbat karena flu, yaitu :

ads
  1. Berjemur di pagi hari

cara mengatasi hidung bayi tersumbat karena flu dapat berupa menjemurkan tubuh bayi di bawah sinar matahari pagi. Hidung tersumbat pada bayi dapat disebabkan oleh menggumpalnya lendir dalam saluran pernafasan yaitu pada bagia hidung. Lendir yang terus berada dalam hidung jika dibiarkan begitu saja dapat berdampak pada beberapa infeksi yang akan mengganggu si bayi. Cara mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan di pagi hari saat sinar matahari masih tidak terlalu terik yaitu tepatnya sebelum jam 9 pagi. Caranya hadapkan tubuh bagian depan bayi ke arah sinar matahari namun perlu diperhatikan untuk menutup mata si bayi, sambil ditepuk perlahan punggung bayi.

  1. Gunakan bawang merah untuk memijat bayi

Cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi dapat menggunakan bawang merah yang digunakan untuk memijat tubuh bayi. Bawang merah terkandung beberapa senyawa berupa alisin dan sulfur yang dapat membantu menghangatkan tubuh bayi sehingga lendir dalam hidung bayi tidak menggumpal. Khasiat bawang merah pada bayi tak hanya dapat mengatasi hidung yang tersumbat tetapi juga dapat mengatasi demam.

  1. Posisikan kepala bayi lebih tinggi saat tidur

Posisi tidur yang terbaik dan nyaman dalam mengatasi hidung tersumbat adalah dengan memposisikan kepala bayi yang lebih tinggi menggunakan bantal. Jika posisi tidur dimana kepala dan badan bayi sejajar akan menyebabkan lendir di hidung tidka dapat mengalir dan menyebabkan saluran nafas di hidung menjadi tersumbat.

  1. Mengoleskan balsem khusus bayi

Produk balsem kini tak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa namun juga dapat digunakan untuk bayi. Terdapat beberapa merk yang menghadirkan balsem khusus bayi ini, bayi khusus bayi ini dapat dioleskan pada punggung dan dada bayi agar bayi merasa hangat dan hidung tersumbat akibat pilek dapat di atasi serta membuat saluran pernafasan bayi menjadi lancar.

  1. Menguapkan hidung bayi dengan air hangat

Cara mengatasi hidung bayi tersumbat selanjutnya dapat berupa menguapkan air hangat pada hidung bayi yang tersumbat. Caranya yaitu meletakan air panas pada sebuah wadah dan letakan di dalam kamar mandi. Kemudian tutp pintu kamar mandi dan biarkan uap air panas memenuhi kama mandi. Seterusnya bawa bayi ke dalam kamar mandi, setelah itu tunggu hingga lendir dalam hidung bayi keluar secara perlahan.

  1. Membersihkan hidung yang tersumbat dengan handuk bersih

Bayi yang hidungnya tersumbat oleh lendir membutuhkan bantuan dari orang dewasa untuk membersihkan lendir tersebut. Cara membersihkan lendir dan cara mengobati lendir ingus berwarna kuning dari hidung bayi dapat menggunakan handuk bersih. Gumpalan lendir pada hidung bayi dapat menyumbat pernafasan sehingga menyebabkan bayi sulit untuk bernafas.

  1. Meletakan handuk hangat pada hidung bayi
Sponsors Link

Cara efektif lainnya dalam mengatasi hidung bayi yang tersumbat dapat menggunakan handuk hangat. Letakan handuk hangat pada hidung bayi namun dengan tidak menutup saluran penafasan bayi dan biarkan hingga lendir tidak menggumpal dan menyumbat hidung.

  1. Menggosokan bawang putih pada tubuh bayi

Jenis bawang-bawangan yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat tak hanya bawang merah saja tetapi bawang putih juga sangat bemanfaat dalam mengtasi masalah ini. Bawang putih mengandung banyak antioksidan yang dapat mencairkan lendir yang menggumpal pada hidung.

  1. Memberikan ASI pada bayi
ads

ASI yang diberikan untuk dikonsumsi bayi tak hanya dapat menjadi sumber nutrisi untuk bayi tersebut. Dalam ASI terkandung banyak senyawa aktif dan nutrisi serta bakteri yang baik dalam membantu tumbuh kembang bayi. Pemberian ASI kepada bayi yang sedang pilek juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada saluran nafas bayi.

  1. Memberikan susu formula pada bayi

Jika pemberian ASI tak bisa diberikan dari ibu ke bayinya, maka solusi lainnya dapat berupa memberikan susu formula untuk bayi. Namun pemberian susu formula untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi ada baiknya jangan memberikan susu yang terlalu kental karena akan berakibat lendir menjadi lebih kental dan mengganggu tak hanya saluran pernafasan tetapi juga tenggorokan bayi.

  1. Menjaga tingkatan suhu disekitar bayi

Suhu yang terlalu dingin atau panas dapat membuat bayi menjadi tidak nyama apalagi jika saat itu sedang mengalami pilek dan flu. Tubuh bayi ketika mengalami pilek cenderung lebih sensitif terhadap suhu ruangan yang terlalu dingin oleh karena itu hal ini perlu diperhatikan agar pilek yang dialami bayi tidak semakin parah. Suhu yang hangat juga dapat bermanfaat sebagai cara menghentikan batuk di malam hari sehingga tidur bayi menjadi lebih nyaman.

  1. Kompres dada bayi dengan daun salam

Daum salam yang telah direbus dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Caranya yaitu memanfaatkan daun salam yang telah di rebus sebelumnya dan tunggu hingga hangat baru letakan di atas dada bayi agar pernafasannya dapat menjadi lancar. Cara ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengobati batuk terus  menerus pada bayi.

  1. Memberikan makanan dan minuman yang hangat

Makanan dan minuman hangat yang diberikan kepada bayi dapat membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat sehingga berpengaruh kepada penafasannya.

  1. Letakan humidifier di kamar bayi

Alat ini dapat membantu dalam menjaga suhu kamar bayi agar tidak terlalu lembab sehingga dapat membuat tubuh bayi menjadi lebih nyaman ketika sedang tertidur.

  1. Hindari bayi dari suhu lingkungan luar

Jangan meletakan atau membiarkan bayi terlalu berlama-lama berada di luar rumah karena suhu diluar rumah cenderung memiliki suhu dan tingkat kelembapan yang tinggi sehingga dapat memperparah pilek yang sedang dialami bayi.

  1. Pijat tubuh bayi

Pemijatan yang dilakukan pada tubuh bayi tak hanya bermanfaat dalam membantu tumbuh kembang bayi namun juga dapat menjadi salah satu cara dalam mengatasi dan mencegah pilek penyebab hidung tersumbat pada bayi.

  1. Memandikan bayi dengan air hangat

Memandikan bayi dengan air hangat dapat membantu tubuh bayi agar tetap hangat walaupun terkena air. Bayi yang sedang sakit pilek biasanya akan lebih mudah mengalami pilek jika saat memandikannya menggunakan air dingin.

Demikianlah 17 cara mengatasi hidung bayi tersumbat karena flu yang dapat dilakukan di rumah. Cara-cara tersebut tergolong kedalam cara yang sederhana dan tidak memerlukan biaya yang banyak dalam menangani pilek pada bayi. Bayi cenderung lebih mudah terserang penyakit seperti demam dan flu oleh karena itu beberapa penanganan yang tepat sangat diperlukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan