Sponsors Link

28 Cara Mengobati Flu Tanpa Obat Kimia

Sponsors Link

Memiliki tubuh sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit adalah dambaan semua orang. Dan semua orang pun rutin melakukan langkah -langkah untuk terhindar dari penyakit,seperti olahraga, konsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi atau pun dengan rajin mengkonsumsi vitamin dan berkonsultasi dengan dokter. Akan tetapi, penyakit selalu datang tidak di undang. Apa lagi dengan kondisi cuaca di Indonesia yang sangat tidak menentu maka sangat kerap kita atau pun keluarga tercinta terkena penyakit yang nama nya flu. Influenza atau yang sering kita bilang dengan flu adalah salah satu penyakit yang cukup sering di derita oleh kebanyakan orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

ads

Flu sendiri disebabkan oleh virs RNA yang pada umumnya menyerang unggas dan mamalia, termasuk manusia. Flu biasanya mulai menyerang penderita terutama pada saat cuaca mulai tidak menentu, seperti pergantiaan musim. Dikarenakan pada saat itu lah kondisi tubuh kita biasanya menjadi lemah dan daya tahan tubuh kita menurun dratis, alias drop. Gejala paling umum yang di sering dirasakan penderita adalah nyeri pada tenggorokan, nyeri kepala dan otot, kelelahan, mata memerah, hidung tersumbat, mengalami batuk dan demam di malam hari disertai menggigil. Flu dalam kondisi berat dapat menimbulkan rasa mual dan muntah.

Pengobatan Awal Penyakit Flu Dengan Alami

Biasanya, penyakit satu ini bersifat menular dan cendurung berefek berat jika dibiarkan begitu saja. Nah, sekarang kami telah merangkum berbagai cara mengobati flu tanpa obat atau pun dengan resep dokter agar flu anda tidak tertular ke keluarga yang ada cintai :

1. Perbanyak Minum Cairan

Cairan yang dimaksud adalah air putih, jus atau pun teh hangat. Pada saat kita terkena flu bukan hanya daya tahan tubuh kita yang menurun kadar cairan di tubuh kita juga ikut menurun, dimana kita akan dehidrasi. Cara mengobati flu tanpa obat pada kadar cairan tubuh menurun, kita akan merasakan letih yang berlebihan dan membuat kita semakin rawan dengan penyakit lain. Untuk mencegah ini berbanyakla minum air putih, minimal 8-10 gelas per hari ketika terkena flu. Dan abaikan meminum kopi, minuman beralkohol jus yang mengandung gula atau pun minuman bersoda karena hal tersebut hanya akan memicu dehidrasi.

Artikel lainnya:

2. Makan yang cukup

Ketika Anda flu, secara otomatis nafus makan akan berkurang. Akan tetapi di saat ini lah harus menjaga pola makan Anda agar tubuh anda tidak menjadi rawan dengan penyakit lain. Diutamakan makanan yang mengandung sayuran hijau, seperti brokoli, bayam atau paprika. Selain sayura, sop dan kaldu ayam juga sangat ampuh mengatasi flu. (Baca juga : Gejala Flu Singapura)

3. Konsumsi buah megandung vitamin C

Buah-buahan seperti jeruk dan stroberi sangat bagus di konsumsi pada saat flu. Tidak hanya buah yang mengandung vitamin C dapat mengobati flu, buah-buahan tersebut juga tidak dapat membuat berat badan menigkat yang merupakan salah satu bonus dari mengkonsumsi buah-buahan.

4. Beristirahatlah yang cukup

Sponsors Link

Tahukah anda dengan kurang cakupan istirahat, maka anda akan semakin rawan dengan resiko terkena beberapa penyakit? Melewati jam tidur dari tujuh hingga sembilan jam dapat menyebabkan anda terjangkit flu, penyakit jantung dan diabetes. Kurang istirahat adalah magnet bagi bakteri dan virus. Ketika Anda flu, sistem daya tahan tubuh anda akan drop. Mintalah izin untuk cuti kerja. Bekerja saat Anda flu akan hanya membuat flu anda semakin parah dan juga akan menularkan flu anda kepada rekan kerja.

Jika anak anda terkena flu, izinkan mereka untuk cuti sekolah dan beristirahat dirumah. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh kita akan kembali kuat untuk melawan virus penyebab flu. Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa dengan istrihat tidak saja daya tahan tubuh dapat meningkat, tetapi dengan istirahat yang cukup maka anda dapat mengembalikan suasana hati dan pikiran anda. (Baca juga : Cara Mengobati Flu)
(Baca juga :Obat Batuk Rejan )

4. Minum Air Hangat

Flu biasanya datang bersamaan dengan hidung tersumbat. Untuk mengatasi ke 2 hal tersebut dapat di lakukan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu minum air hangat. Selain untuk melegakan hidung tersumbat, dengan meminum air hangat maka tubuh anda akan terhindar dari dehidrasi dan juga dapat menenangkan hidung dan tenggorokan yang mengalami peradangan akibat flu. (Baca juga : Minuman Penghilang Batuk Berdahak)

5. Mandi Uap

ads

Apakah anda pernah mandi uap? Mandi uap atau yang lebih di kenal dengan steam bath adalah salah satu aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Mandi uap sudah sangat populer di seluruh belahan dunia, termasuk juga dengan Indonesia. Akan tetapi untuk mendapatkan mandi uap, anda tidak perlu pergi ke tempat permandian khusus. Hanya dengan menggunakan alat yang bisa anda dapatkan di rumah, anda dapat memperoleh mandi uap yang dapat menyembuhkan flu.

Cara nya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan air panas ke dalam baskom lalu dekatkan baskom tersebut ke wajah anda. Untuk hasil lebih efektif anda dapat mengkerudungkan handuk di sekitar wajah anda dan menghirup uap tersebut dengan menundukan kepala anda. Untuk mendapatkan hasil maksimalkan maka anda juga dapat menambahkan berbagai macam rempah-rempah seperti, eucalyptus, jahe, kunyit dan lain sebagainya. (Baca juga :Penyebab Influenza)

Selain, dari beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan flu anda dengan cara alami, dibawah ini juga ada beberapa cara secara tradisional yang bisa anda coba juga sebagai berikut:

1. Teh Echinacea

Apakah echinacea? Biarpun namanya terdengar tidak familiar dan aneh, echinacea adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat.Echinacea ini sudah di akui oleh banyak organisasi kesehatan dunia termasuk WHO (World Health Organization) sebagai salah satu pereda demam, infeksi saluran pernafasan kronis dan juga saluran urin atau kemih. Teh echinacea terkenal untuk mengatasi flu yang telah terbukti untuk megurangi gejala dan durasi flu. Dan sangat jarang echinacea memiliki efek negatif. (Baca juga: Obat Tradisional Batuk Kering)

2. Tambakan bawang putih kedalam makanan

Bawang putih adalah salah satu anti bakteri dan virus yang telah digunakan selama ribuan tahu untuk meredakan flu dana menguatkan sistem daya tahan tubuh. Cara mengobati flu tanpa obat pun sangatlah mudah, hanya dengan menambahkan 1 hingga 2 siung bawang putih ke dalam sup ayam. (Baca juga : Gejala Influenza)

3. Teh Elderberry

Elderberry sangat kaya akan vitamin C. Dimana vitamin C adalah penjegah datangnya dan berkembangnya bakteri dan virus yang memnyebabkan flu. Selain kaya dengan vitamin C, Elderberry juga kaya akan anti oksidan. Anti oksidan adalah senyawa yang di kenal sebagai senyawa yang mampu melindungi sistem daya tahan tubuh dan dapat melawan kanker. Teh elderberry telah dipercaya sejak lama sebagai obat ampuh untuk mengatasi flu.Elderberry adalah salah satu rempah-rempat yang dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh dan juga sebagai antivirus. Akan tetapi untuk konsumsi elderberry tidak boleh berlebihan karena elderberry dapat menganggu pencernaan. Elderberry juga dapat menyebabkan diare bagi orang yang memiliki pencernaan yang sensitif. (Baca juga: Penyebab Batuk Alergi)

Dan, selain ada beberapa cara tradisional diatas, ternyata masih ada beberapa cara tradisional lainnya yang wajib kalian coba sebagai berikut:

  1. Konsumsi Jahe.
  2. Mandi Air Hangat.
  3. Menghirup aroma bawang merah.
  4. Meminum air jahe yang telah di campur dengan madu.
  5. Meminum air jeruk nipis yang telah di campur dengan madu murni.
  6. Olahraga di pagi hari, mulai dari jam 5 pagi sampai dengan jam 6 pagi. Bisa dengan jogging ataupun jalan santai.
  7. Konsumsi makanan berporsi kecil dengan nutrisi tinggi.
  8. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.
  9. Konsumsi sarapan dengan omelet telur dan jamur dengan sedikit cayenne.
  10. Konsumsi yogurt.
  11. Konsumsi sup ayam dengan nasi merah dan beberapa jenis sayuran.
  12. Konsumsi sayur dan buah berantioksidan.
  13. Konsumsi Jus Jeruk.
  14. Konsumsi Jus aneka berry.
  15. Konsumsi Jus wortel.
  16. Konsumsi Jus Mangga.
  17. Konsumsi Jus Apel dan Wortel.
Sponsors Link

Selain berbagai cara di atas, ada pepatah yang menyatakan alangkah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sebagai tambahan, kami menyediakan berbagai cara yang dapat anda lakukan ketika mendepati gejala flu yang sudah mulai terlihat pada Anda atau pun keluarga anda yang tercinta.

Artikel lainnya:

Cara Pencegahan Penyakit Awal Flu Menyerang

Salah satu pencegahan agar virus flu tidak terkena pada anda adalah dengan menjaga kebersihaan anda secara rutin. Virus flu dapat menyebar secara cepat dengan sentuhan. Cara mengobati flu tanpa obat dengan cara pencegahan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun adalah cara handal untuk mencegah pertumbuhan virus dan bakteri pada tumbuh anda. Selalu cuci tangan anda sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah meyiapkan makanan, setelah menyentuh sampah, setelah bersin, sesudah bersalaman dan setelah menyetuh hewan peliharaan anda. Berikut adalah cara pencegahan gejala flu tanpa obat :

  1. Cucilah tangan secara rutin.
  2. Hindari kontak langsung tangan anda dengan mata atau pun hidung.
  3. Hindari Kontak Langsung dengan penderita. (Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

Virus flu adalah virus yang sangat mudah menular. Membatasi kontak langsung dengan penderita akan membuat anda lebih tidak mudah tertular. Sarakan penderita untuk menutup mulut mereka pada saat bersin untuk mengurangi penularan virus flu.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi flu tanpa menggunakan obat atau pun resep dokter. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat disajikan salah satu resep diatas untuk mengatasi flu saat Anda sedang mengalami nya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan