Sponsors Link

Batuk Setelah Operasi Caesar, Kenapa? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Mungkin anda sudah tahu bahwa batuk merupakan kondisi yang wajar yang akan dialami oleh setiap orang, terutama oleh anak – anak karena hal tersebut merupakan sebuah respon tubuh terhadap zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh anda dan dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan anda. Baca cara menghilangkan batuk saat tidur.

ads

Batuk cenderung lebih sering dialami oleh anak – anak dan orang yang sudah tua daripada dialami oleh orang dewasa. Mengapa demikian? Karena kondisi anak – anak yang bisa dikatakan sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna, sementara untuk orang yang sudah tua atau lansia kondisi sistem kekbalan tubuhnya sudah mulai menurun yang mana hal inilah akan menyebabkan mereka rentan terkena berbagai macam kondisi yang mengganggu, salah satunya yakni mengalami batuk.

Perlu anda tahu bahwa batuk yang dialami biasanya akan bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa diberikan obat apapun. Namun jika misalnya batuk yang anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka kemungkinan hal ini bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami penyakit tertentu yang harus segera dilakukan pengobatan.

Selain itu, penyebab batuk bukan hanya disebabkan oleh adanya zat atau benda asing yang menyerang anda seperti debu, asap rokok, polusi, dan lain – lain. Akan tetapi ada juga seseorang yang mengalami batuk setelah operasi caesar. Baca batuk berdarah karena asam lambung.

Memang kondisi ini bukan hal baru lagi bagi wanita yang melahirkan dengan proses operasi caesar, namun meskipun begitu bagi anda para wanita harus waspada ketika anda mengalami batuk setelah operasi caesar dan jangan meremehkannya jika tidak ingin kondisi yang anda alami semakin parah.

Bahayakah batuk setelah operasi caesar?

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya. Mengapa? Karena ketika seorang wanita telah menjalani operasi caesar maka ia tidak dianjurkan untuk tidak sampai mengalami beberapa kondisi seperti misalnya batuk, bersin, atau bahkan tertawa karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya kontraksi pada otot perut.

Hal ini nantinya bisa menyebabkan anda rasa nyeri yang anda alami yang ada di bekas luka ketika melakukan operasi caesar tersebut. Dan bahkan untuk kasus yang lebih parah, kondisi – kondisi seperti yang disebutkan di atas tadi bisa menyebabkan bekas jahitan tersebut menjadi renggang terutama ketika masa pemulihan setelah operasi caesar tersebut baru berlangsung selama 7 hari.

Pengobatan batuk setelah operasi caesar

Sekarang kami akan memberikan beberapa tips yang perting bagi anda mengenai bagaimana cara pengobatan batuk setelah caesar yang bisa anda terapkan. Sehingga kemudian kondisi ini bisa sembuh dan tidak menganggu anda lagi.

  • Banyak minum air putih

Cara pengobatan batuk setelah caesar yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih, seperti misalnya 2 liter untuk setiap hari. Banyak minum air putih bermanfaat untuk meredakan batuk yang anda alami yang disebabkan oleh rasa tidak nyaman yang ada di tenggorokan, dan juga mampu digunakan untuk meredakan lendir atau dahak bagi anda yang menderita batuk basah atau batuk berdahak. Baca mengenai cara mengatasi gangguan telinga saat flu.

  • Minum air hangat dengan madu
Sponsors Link

Cara pengobatan batuk setelah caesar yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi air hangat yang bisa anda tambahkan dengan madu. Madu memang merupakan obat herbal yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam gangguan yang berkaitan dengan tenggorokan anda, ditambah lagi air hangat yang sangat efektif untuk meredakan serta mengencerkan batuk yang sedang anda alami.

Anda mungkin juga bisa menambahkan perasan lemon ke dalam ramuan tersebu untuk semakin menambah cita rasanya. Konsumsi ramuan ini secara rutin selama kurang lebih 2 kali dalam sehari, yakni pada waktu pagi maupun sore hari untuk semakin meningkatkan khasiat serta manfaat dari ramuan tersebut.

  • Mandir air hangat

Cara pengobatan selajutnya yang bisa anda lakukan guna membantu mengobati batuk pasca operasi caesar adalah dengan mandi air hangat. Sebenarnya cara ini bisa anda kombinasikan dengan salah satu dari kedua cara yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Sponsors Link

Anda bisa mendi air hangat pada waktu pagi maupun juga bisa menjelang tidur. Selain itu, nantinya anda disarankan untuk menghirup uap panas yang keluar dari air anda untuk membantu mengencerkan serta meredakan batuk maupun gangguan lainnya seperti pilek atau juga bersin.

Cara ini memang bisa dikatakan efektif karena beberapa orang yang mengalami batuk mengalami perkembangan yang positif setelah membiasakan diri untuk mandi air hangat dan mengkonsumsi air minum dengan madu atau hanya dengan memperbanyak minum air putih. Baca juga tentang khasiat bawang putih untuk batuk.

  • Minum obat batuk

Cara pengobatan yang terakhir yang bisa anda pilih adalah dengan mengkonsumsi obat batuk. Kami sarankan untuk menggunakan cara ini hanya ketika pengobatan herbal atau pengobatan alami yang seperti kami jelaskan tadi. Namun kami sarankan jika anda ingin mengkonsumsi obat batuk, untuk sebelumnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai obat batuk yang sesuai dan sekiranya paling efektif untuk mengobati batuk yang anda alami.

Karena biasanya pemilihan obat batuk yang digunakan akan berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya. Nanti dokter akan memberikan saran terbaik mengenai obat batuk yang sesuai dengan kondisi yang anda alami. Baca juga mengenai terapi uap untuk flu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan