Sponsors Link

Sering Bersin Berkali-Kali: Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Semua orang tentunya pernah mengalami bersin. Sebenarnya bersin merupakan sebuah kondisi medis yang normal karena merupakan sebuah reaksi dari tubuh anda terhadap benda asing yang dikhawatirkan dapat membahayakan kondisi tubuh anda. Dan reaksi ini memang berawal dari hidung yang terkena rangsangan tertentu, baik berupa debu maupun kotoran atau juga bisa karena benda – benda yang bisa menyebabkan alergi.

ads

Penyebab Sering Bersin dan Keluar Ingus

Perlu anda tahu bahwa ada beberapa orang yang setiap harinya mengalami bersin. Sebenarnya sering bersin pun juga tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan anda, cuma anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan kondisi anda tersebut sehingga akan langusng menjauhinya.

Akan tetapi jika anda mengalami sering bersin dan keluar ingus, maka tentu kondisi ini sudah tidak bisa lagi anda anggap remeh karena bisa mengindikasikan bahwa anda pada waktu mengalami suatu masalah tertentu. Beberapa kondisi yang diketahui paling parah akibat sering bersin dan keluar ingus adalah hidung keluar darah saat buang ingus dan juga ingus berdarah disertai pusing.

Di bawah ini merupakaan beberapa kondisi umum yang bisa disebabkan karena anda sering bersin dan keluar ingus:

1. Terkena Flu

Salah satu penyebab anda mengalami sering bersin adalah karena mengalami flu. Mungkin anda sudah tahu bahwa seseorang yang mengalami flu maka bisa ditunjukkan dengan beberapa tanda seperti demam, sakit kepala, hidung mampet, namun gejala yang paling umum adalah ia akan sering bersin dan terkadang juga mengeluarkan ingus

Namun untuk mengatasi hal ini sangat mudah karena anda hanya perlu beristirahat atau mengkonsumsi obat herbal untuk meredakan flu anda.

2. Alergi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab orang menderita sering bersin adalah karena ia terkena alergi. Alergi di sini bisa bermacam – macam seperti debu, asap, bulu binatang, dan lain sebagainya. Jika seseorang menderita alergi, maka tentunya ia akan menderita sering bersin secara terus – menerus dan juga akan mengeluarkan ingus.

Dan cara mengatasinya juga mudah karena anda hanya perlu menghindarkan penyebab alergi dari anda sehingga anda tidak akan mengalami bersin lagi.

3. Rhinitis Vasomotor

Sering bersin juga bisa disebabkan karena orang tersebut terindikasi menderita rhinitis vasomotor.  rhinitis vasomotor merupakan sebuah gangguan yang menyerang sistem saraf yang berfungsi untuk mengatur pelebaran dan penyempitan pembuluh darah yang letaknya ada di rongga hidunng.

Penyakit ini biasanya disebabkan karena orang tersebut memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti jarang melakukan olahraga, sering begadang, dan juga bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh yang sudah mulai menurun sehingga membuatnya mudah terkena berbagai macam penyakit, salah satunya rhinitis vasomotor.

Seseorang yang menderita rhinitis vasomotor akan membuatnya sering mengalami sering bersin dan keluar ingus. Jika kondisi ini semakin lama dibiarkan, maka akan membuat hidungya berubah warna menjadi kemerahan karena hidung tersebut sudah semakin mengalami peradangan yang parah.

Sponsors Link

Cara Menangani Sering Bersin dan Keluar Ingus

Setelah membahas tentang apa penyebab seseorang menderita sering bersin dan keluar ingus, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengetahui tentang bagaimana cara menangani sering bersin yang disertai dengan keluar ingus.

1. Menghindari Makanan Yang Pedas

Cara pertama yang bisa anda lakukan sebagai penanganan untuk sering bersin dan keluar ingus adalah dengan menghindari makanan yang pedas. Makanan pedas meskipun memang sangat enak, namun tidak untuk mereka yang menderita bersin – bersin.

Mengapa? Karena jika anda tetap makan makanan pedas, maka akan membuat ingus atau lendir yang menumpuk di hidung anda akan mengencer sehingga akan membuat anda semakin menderita. Kondisi yang lebih parah adalah bisa menyebabkan anda menderita sering bersin yang lebih parah serta peradangan yang juga bisa semakin parah. Hal ini juga telah dijelaskan pada penjelasan kita sebelumnya yaitu makanan yang dilarang saat batuk dan makanan yang dihindari saat flu.

Sponsors Link

2. Menghindari Suhu Dingin

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menghindari berada di tempat yang memiliki suhu dingin. Jika anda berada di tempat yang ber – AC, maka disarankan untuk mematikan AC tersebut karena bisa menyebabkan ingus yang menumpuk di hidung anda semakin encer dan akan banyak yang keluar.

Semakin banyak ingus yang keluar dari hidung anda, maka akan menyebabkan hidung anda juga mengalami perubahan warnya dimana akan semakin memerah dan semakin mengalami peradangan.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih memang sangat berguna membantu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan, salah satunya mengatasi masalah pada hidung anda berupa bersin dan ingus. Dengan membiasakan diri minum air putih minimal 8 gelas sehari maka bisa membantu mengobati bersin dan ingus yang menumpuk yang anda alami. Pengobatan ini juga bisa anda terapkan untuk mengobati penyebab batuk berdahak disertai mengi.

4. Minum Obat Flu

Jika semua pengobatan di atas tidak menunjukkan tanda – tanda kesembuhan. Maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan meminum obat flu yang memang sudah dipercaya ampuh mengobati flu yang anda alami.

Disarankan untuk menggunakan dosis yang sesuai dengan kondisi tubuh anda karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi tingkat keefektifan dari pengobatan yang anda lakukan.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan