Sponsors Link

21 Cara Mengobati Pilek Terus Menerus Yang Tak Kunjung Sembuh

Sponsors Link

Pilek terkadang terjadi secara terus menerus. Bahkan jika diobati, pilek biasanya hanya akan mereda gejalanya lalu kemudian keesokan harinya akan kembali lagi. Hal ini merupakan saah satu indikasi bahwa memang ada yang tidak beres dari kondisi tubuh. Pilek terus menerus biasanya tidak terjadi karena penyakit tertentu. Namun terjadi karena paparan alergi, arthritis, atau sinusitis. Atau bisa juga karena sistem imun tubuh yang lemah, sehingga tubuh lebih rentan terserang flu atau bakteri penyebab pilek.

ads

Pilek terus menerus tentulah sangat menyiksa. Walau gejala yang dihasilkan dari pilek kelihatan sepele, namun kegiatan sehari-hari tidak bisa berjalan maksimal. Apalagi saat pilek kambuh, tentu penderitanya harus bolak balik ke kamar mandi untuk membuang ingus. Atau, penderita harus menghabiskan tissue lebih banyak untuk mengatasi ingus yang terus menerus keluar. Tentunya hal ini tidak diinginkan. Maka dari itu pilek terus menerus harus segera diatasi. Berikut beberapa cara mengobati pilek terus menerus yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan masker

Ada kalanya pilek terus menerus disebabkan oleh alergi. Alergi ini sendiri biasanya yang berkaitan langsung dengan saluran pernafasan seperti debu, sari bunga, atau bulu binatang. Seperti yang diketahui, masker bisa membantu mencegah alergen masuk ke dalam saluran pernafasan. Gunakanlah masker ketika bepergian ke luar rumah karena di luar rumah ada banyak sekali polusi yang bisa memicu pilek terus menerus. Selain itu gunakan masker juga ketika membersihkan rumah untuk menghindari debu dan juga bulu binatang. Sebisa mungkin jangan memelihara binatang berbulu. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Alergi yang menyebabkan pilek terus menerus bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan rumah. Kebersihan akan membuat alergen terhindar sehingga pilek terus menerus bisa dihentikan. Hal ini perlu dilakukan karena percuma mengobati pilek terus menerus jika alergen masih ada di sekitar penderita. Sebaiknya bersihkan rumah secara teratur. Gunakan masker saat membersihkan rumah. Selain itu selalu jaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan dan juga setelah bepergian dari luar rumah.

Artikel Terikait:

  1. Kelola stres dengan bijak

Pilek terus menerus juga bisa disebabkan oleh stress atau depresi. Stress dan depresi bisa membuat sistem pertahanan tubuh turun. Hal inilah yang menyebabkan tubuh sering terserang flu atau pilek. Maka dari itu, tentu saja penderita tidak perlu terlalu stress. Sebaiknya jaga selalu mood sehingga pilek terus menerus bisa diatasi. (baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

  1. Konsumsi makanan penguat sistem imun

Pilek terus menerus juga bisa diobati dan diredakan gejalanya dengan terus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain itu makanan penguat sistem imun juga perlu dikonsumsi secara teratur setiap hari agar tubuh tidak mudah terserang pilek yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga virus. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

  • Bawang putih

Merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan bisa menambah kekuatan dari sistem imun itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh senyawa allicin yang bisa mengusir bakteri. Selain itu bawang putih juga bisa mengatur hormon dan juga memperlancar sirkulasi darah sehingga metabolisme dalam tubuh bisa lancar dan tubuh bisa terhindar dari pilek terus menerus. (baca juga: Obat Tradisional Batuk Kering)

  • Daging

Daging adalah salah satu sumber protein hewani yang bisa dikonsumsi secara sehat. Daging biasanya memiliki zink yang bisa membantu memproduksi sel darah merah dan putih. Seperti yang diketahui, sel darah putih adalah salah satu tentara yang bertugas untuk membasmi benda asing seperti bakteri dan virus. Maka dari itu daging juga merupakan salah satu bahan makanan yang bisa membantu menciptakan sistem imun tubuh yang maksimal.

  • Yoghurt
Sponsors Link

Yoghurt adalah salah satu bahan olahan susu yang difermentasikan. Makanan ini tersedia dalam beberapa varian, dari cair hingga krim. Yoghutr mengandung bakteri baik probiotik yang bisa menyehatkan sistem pencernaan. Tugasnya adalah untuk membantu penyerapan nutrisi dari usus halus sehingga semua nutrisi baik bisa diserap secara optimal. Hal ini akan memperkuat sistem imun tubuh secara optimal.

  • Makanan olahan gandum

Gandum adalah salah satu bahan makanan yang disarankan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun. Hal ini dikarenakan gandum mengandung serat beta glucan. Serat ini memiliki sifat antioksidan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh.

  • Telur

Makanan penambah sistem imun dan sangat mudah ditemui dan harganya terjangkau. Hal ini dikarenakan telur memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi penting untuk bisa membantu pertahanan tubuh seperti vitamin D dan juga vitamin B kompleks. Telur juga mudah diolah menjadi makanan apapun sehingga lebih fleksibel.

  • Madu

Makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi untuk menambah daya tahan tubuh adalah madu. Konsumsilah madu secara teratur untuk menjaga kesehatan. Madu mengandung banyak nutrisi dan juga vitamin yang bisa menyembuhkan pilek terus menerus. Madu saat ini juga banyak yang diproduksi dengan digabung dengan manfaat dari sari kurma. Jenis produk itu akan sangat bermanfaat untuk menambah sistem imun tubuh. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

  • Jamur
ads

Beberapa jenis jamur bisa berperan dalam produksi sel darah putih jika dikonsumsi karena mengandung zink. Konsumsi jamur bisa membantu dan menambah daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang flu atau pilek.

  • Ubi jalar

Bahan makanan yang satu ini mengandung vitamin A dan juga beta karoten tinggi. Kedua nutrisi tersebut bisa menciptakan koneksivitas antar jaringan dalam tubuh sehingga tubuh lebih mampu mengusir bakteri dan juga virus serta menambah sistem imun pada tubuh. Selain itu dalam ubi jalar banyak juga vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

  • Alpukat

Buah hijau satu ini mengandung vitamin dan sejumlah mineral untuk menjadi nutrisi bagi makanan yang bisa membantu membersihkan saluran pencernaan sehingga proses penyerapan gizi bisa menjadi maksimal. Hal ini akan membuat tubuh bisa memenuhi kebutuhan gizi guna meningkatkan sistem imun. (baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Gatal)

  • Kelapa

Kelapa dan makanan olahan kelapa seperti minyak kelapa akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan sistem imun tubuh. Air kelapa pun juga bisa membantu mencegah dehidrasi dan juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang bakteri dan virus.

  • Buah beri

Beberapa buah beri seperti blueberry dan raspberry mengandung antioksidan yang baik untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga pilek terus menerus bisa diredakan gejalanya dan perlahan-lahan disembuhkan.

  • Kubis

Sayuran yang satu ini mengandung banyak glutamin yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Glutamin ini adalah asam amino esensial yang bisa menambah kandungan asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

  • Lemon

Buah lemon adalah buah yang mengandung vitamin C yang banyak sehingga bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh. Vitamin C pada lemon ampuh untuk membasmi bakteri dan virus yang menyebabkan pilek dan flu, sehingga pilek terus menerus bisa perlahan-lahan menghilang. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak)

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seprti bayam, kangkung, maupun sawi bisa dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian yang akan membuat sistem imun tubuh menguat sehingga pilek terus menerus bisa mereda gejalanya.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang baik untuk menstabilkan sistem imun. Selain itu jahe juga bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman karena bisa menghangatkan tubuh yang sedang pilek dan flu. Jika pilek atau flu mulai menyerang, buatlah minuman jahe hangat dan konsumsi untuk menghentikan gejalanya. (baca juga: Jenis-jenis Batuk)

Sponsors Link

Artikel Terkait:

  1. Minum air putih dalam jumlah cukup

Air putih merupakan salah satu pemasok utama cairan dalam tubuh yang sifatnya netral, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah besar. Minum air putih sebaiknya dilakukan minimal 10 gelas perhari jika pilek terus menerus sedang kambuh. Sedangkan untuk menjaga kestabilan sistem imun, cukup dengan 8 gelas per hari. Air putih tersebut akan membantu menstabilkan metabolisme tubuh dan membantu menghalau racun dari dalam tubuh. Selain itu air putih bisa mengurangi risiko dehidrasi saat pilek dan flu.

  1. Olahraga rutin

Olahraga seharusnya dilakukan secara rutin. Terutama untuk seseorang dengan pilek terus menerus. Olahraga memang bukan merupakan pengobatan. Namun beberapa penelitian telah mengemukakan bahwa olahraga bisa meringankan gejala dari pilek dan flu itu sendiri. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda secara rutin. Olaraga itu bisa membantu menstabilkan sistem imun sehingga pilek terus menerus bisa diatasi dan diredakan. (Baca juga: Cara Mengobati Asma)

Artikel lainnya:

Itulah beberapa cara mengobati pilek terus menerus yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan dan menghentikan pilek terus menerus. Bentuk kebiasaan hidup sehat untuk membuat perasaan dan juga tubuh menjadi lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan