Sponsors Link

Kenapa Dada Sakit Karena Batuk Kering? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Mayoritas orang pernah mengalami batuk. Batuk adalah reaksi spontan fisik akibat terganggunya sistem pernapasan. Jangan pernah menyepelekan penyakit yang sederhana karena berawaal dari gangguan kesehatan yang kecil akan membawa dampak buruk yang besar bagi kesehatan. Seperti halnya batuk, batuk dapat menyebabkan penyakit – penyakit kronis lain pada saluran pernapasan yang tak dapat disembuhkan.

ads

Oleh sebab itu, batuk tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada sakit atau nyeri pada dada. Penyebab batuk sendiri itu bermacam – macam, salah satunya batuk karena masuk angin dengan gejala batuk disertai cegukan,  batuk sesak nafas, dan  batuk sakit kepala meriang. Dalam dunia medis, kondisi batuk dibedakan menjadi 2 yaitu batuk berdahak seperti  batuk berdahak putih dan batuk kering. Pada artikel ini akan menjawab pertanyaan kenapa dada sakit karena batuk kering? apa penyebabnya?

Batuk kering terus menerus akan berakibat buruk bagi penderitanya. Penderita akan mengalami ketidaknyamanan dalam menjalankan aktifitasnya seperti berbicara dan menelan makanan. Penderita perlu memperhatikan  ciri-ciri batuk kering sehingga akan lebih mudah menentukan cara pengobatannya. Batuk kering yang tak kunjung sembuh akan berdampak buruk seperti dada sakit. ( Baca juga batuk sampai keluar air mata ).

Kenapa dada sakit karena batuk kering?

Hal ini dikarenakan ketika batuk kering tak kunjung sembuh, terus – menerus dan sulit berhenti maka akan berakibat pada otot-otot dada akan dapat mengalami cedera dan terasa nyeri. Kondisi nyeri dada akan berkurang apabial frekuensi batuk berkurang. Selain itu, apabila batuk disertai cegukan maka secara tidak langsung akan terjadi gerak refluks pada diafragma sehingga akan memicu rasa nyeri di dada. Oleh sebab itu ketika terjadi batuk harus diobati dengan cara yang cepat dan tepat agar tidak merembet ke penyakit lainnya.

Apa penyebabnya?

  • Pneumonia

Salah satu penyebab utama batuk kering yang berakibat pada rasa sakit di dada adalah pneumonia. Secara medis, pneumonia merupakan penyakit akibat terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus influenza. Pneumonia ditandai dengan demam, menggigil, batuk, sesak napas, nyeri dada, nyeri otot, kelelahan, kurang nafsu makan pilek, iritasi mata, sakit tenggorokan, dan gangguan pada saluran pernapasan luar hingga dada terasa sakit saat batuk.

  • Tuberkulosis

Penyakit lainnya yang menyebabkan batuk kering disertai sakit dada adalah tuberkulosis atau yang dikenal dengan TBC. Dalam istilah medis, TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis dan dapat ditularkan lewat perantara udara. Kondisi penderita TBC ditandai dengan demam, kelelahan, kehilangan berat badan, dan tak jarang rasanya dada sakit saat batuk kering yang terus – menerus. (baca juga : batuk akibat merokok )

  • Asma

Penderita yang memiliki riwayat penyakit asma apabila terkena batuk kering maka akan berdampak pada rasa sakit di dalam dada. Secara harfiah, Asma merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran pernapasan sehingga akan sensitif ketika mengalami batuk kering yang tak kunjung sembuh dan berakibat rasa sakit di dada.

Sponsors Link

Rasa sakit di dada ini bisa juga disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan sehingga udara yang mengalir ke paru – paru sedikit. Otak akan menginstruksikan otot – otot dada untuk bekerja lebih keras dengan menghirup nafas dalam – dalam. Otot dada yang berkerja lebih keras dari yang biasanya akan menyebabkan nyeri atau sakit di dada.

  • Bronkitis

Kondisi batuk kering yang disertai sakit di dalam dada juga dialami oleh penderita bronkitis. Apa yang dimaksud bronkitis? Bronkitis dalam medis merupakan peradangan di lapisan saluran bronkial karena terkena infeksi. Dimana bronkial adalah saluran udara masuk ke dalam dan keluar dari paru – paru. Seperti halnya penjelasannya TBC, bronkitis juga mengalami sakit di dada ketika batuk kering.

Sponsors Link

Hal ini dikarenakan ketika penderita mengalami bronkitis maka susah bagi penderita untuk memasukan udara yang mengandung oksigen masuk ke paru – paru. Oleh sebab itu perlu kerja keras otot – otot dada untuk menarik udara tersebut. Apalagi kalau sakit batuk, saluran pernapasan juga mengalami gangguan.

  • Asam Lambung

Penderita asam lambung juga mengalami sakit dada ketika batuk kering. Hal ini karena asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan (saluran yang menghubungkan mulut ke lambung). Bahkan kondisi ini diperparah ketika batuk kering yang terus menerus berakibat pada tenggorokan terasa panas. Untuk mengurangi rasa panas di tenggorokan, otak menginstruksikan otot – otot ada untuk menarik udara yang lebih banyak. Hal ini akan berdampak sakit di dada karena otot dada bekerja lebih keras.

Nah, demikianlah alasan kenapa dada sakit karena batuk kering dan penyebabnya. Bagi Anda yang sekarang mengalami batuk kering, maka sebaiknya Anda periksankan kesehatan Anda sedini mungkin karena tidak ada yang tahu apa efek samping dari penyakit sederhana ini. Semoga artikel ini bermanfaat. ( Baca juga mengenai batuk disertai perut kembung ).

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab