Sponsors Link

6 Ciri-Ciri Flu Berat yang Tidak Boleh di Sepelekan

Sponsors Link

Walaupun terkadang flu sering di sepelekan dan hanya termasuk salah satu jenis penyakit ringan yang akan sembuh dengan sendirinya, namun sebenarnya anda perlu bersikap waspada. Awas penyakit flu yang mematikan! ya, ada beberapa kasus yang menyebabkan kematian dan ini dikenal dengan istilah flu berat yang merupakan jenis tertinggi dari hanya sekedar flu biasa yang sering menginfeksi manusia. Anda tentunya harus lebih berhati-hati jika berada di lingkungan yang sedag terkena dampak dari virus flu.

ads

Flu merupakan penyakit yang sangat rentan menular kepada siapa saja. Penularan melalui percikan air liur atau hanya penyebaran virus melalui udara merupakan cara penyebaran ciri-ciri flu berat secara langsung maupun tidak langsung. Maka anda harus menjaga sanitasi dan berhati-hati jika di sekeliling anda sedang terkena wabah flu. Berikut beberapa ciri-ciri awal seseorang terkena flu :

  • Kelelahan Yang berlebihan dan Mendadak

Anda patut lebih waspada jika mengalami keluhan yang mendadak merasa sangat letih dan lelah. Walaupun ketika terserang pilek tentunya akan menyebabkan kelelahan, namun rasa kelelahan akan lebih parak ketika anda terserang flu. Bahkan rasa lelah ini teramat menggangu aktifitas sehari-hari.

  • Menggigil dan Tubuh Terasa Nyeri

Ciri khas dan gejala yang kian menonjol dari penyakit flu adalah adanya rasa nyei di sekujur tubuh yang disertai dengan menggigil. Rasa menggigil ini bisa terjadi secara bersamaan atau terjadi beberapa sat setelah terasa nyeri di sekujur tubuh tersebut.

  • Batuk Tak Kunjung Sembuh

Virus flu yang menginfeksi seseorang dapat memberikan gejala batuk yang disertai rasa sesak di dada dan bengek. Walaupun jarang menjadi tanda awal gejala ciri-ciri flu berat, namun sebagian orang bisa mengalami batuk berdahak juga. Komplikasi harus di cegah terutama jika anda memiliki riwayat penyakit asma dan gangguan pernafasan lainnya.

  • Nyeri Tenggorokan

Batuk yang di sebabkan oleh flu bisa menjalar dengan sangat cepat dan menjadi radang tenggorokan hingga tenggorokan anda akan terasa nyeri. Pada tahapan awal terjangkit flu maka tenggorokan akan terasa tidak enak dan gatal. Adanya reaksi radang akan menyebabkan sesuatu yang terasa mengganjal di tenggorokan dan ini akan lebih terasa saat anda menelan minuman maupun makanan. Nyeri akan bertambah parah seiring dengan perkembangan batuk.

  • Demam

Ketika tubuh sedang berusaha dan berjuang dalam melawan sebuah reaksi infeksi maka demam akan muncul dan menjadi suatu pertanda. Biasanya demam yang terjadi pada tahapan awal gejala flu adalah berkisar di antara 38 derajat celcius atau lebih. Namun tidak semua yang terjangkit flu merasakan demam pada tahap awal. Terkadang penderita hanya mengalami rasa menggigil tanpa disertai adanya gejala demam.

  • Masalah Sistem Pencernaan

Flu yang lebih parah dan berat akan menimbulkan serangkaian gejala di saluran pencernaan seperti mual, sakit perut dan muntah. Bahkan gejala ini biasanya lebih umum di derita anak anak dan remaja, ironisnya mereka akan sering terkena dehidrasi karena kehilangan cairan akibat muntah maupun diare.

Sponsors Link

Apabila anda menemukan beberapa gejala awal serangan ciri-ciri flu berat diatas, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah perbanyak istirahat, menemui dokter dan melakukan perawatan. Namun jika di biarkan maka akan menjadi flu berat yang memiliki ciri-ciri berikut ini :

  • Kesulitan dalam bernafas
  • Sakit dan nyeri dada
  • Bibir serta kulit yang terlihat kebiruan
  • Dehidrasi berat
  • Bingung dan pusing
  • Demam tinggi yang terjadi secara berulang

Nah jika telah dilanda gejala flu berat maka anda harus segera melakukan perawatan agar bisa mengembalikan kesehatan seperti sediakala. Berikut cara untuk mengobati flu berat :

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur serta buah sangat bagus dan efekti dalam mengembalikan kebugaran tubuh yang melemah akibat terkena flu berat. Sayuran yang bagus untuk flu adalah sawi, kangkung, bayam dan brokoli.

  • Meminum Air Hangat
Sponsors Link

Cairan tubuh akan banyak terbuang ketika anda menderita flu berat lewat keringat, ludah maupun ingus. Maka perbanyaklah minum air hangat juga berfungsi sebagai pengenceran ingus atau lendir. Ini merupakan salah satu minuman penyembuh flu.

  • Steaming

Agar hidung mampet atau tersumbat akibat flu berat menjadi lega maka anda harus melakukan terapi uap. Caranya cukup dengan menguapkan wajah dengan mendekatkan wajah ke sumber air hangat atau dengan cara mandi air hangat.

  • Hirup Aroma Menthol

Aroma menthol memang selalu di gunakan untuk mengatasi keluhan hidung mampek atau tersumbat akibat gejala flu berat yang di derita. Gunakan inhaller atau minyak kayu putih untuk mendapatkan aroma menthol yang pas dan melegakan.

  • Istirahat Cukup

Jika anda mengalami flu berat maka sangat di sarankan agar anda melakukan istirahat total. Kekebalan tubuh yang tentunya melemah akibat flu bisa di kembalikan dengan cara beristirahat total. Usahakan tubuh tetap daam kondisi hangat jangan menggunakan pendingin ruangan maupun kipas angin.

Baik jika anda terkena flu ringan atau flu berat, menjaga agar waktu makan teratur, tidak telat dan mengkonsumsi makanan cukup gizi sangatlah di perlukan agar flu yang anda derita cepat sembuh. Jadwalkan waktu anda untuk menemui dokter dan mendapatkan penanganan medis yang tepat. Melakukan perawatan secara teratur dan perbanyak istirahat akan mempercepat penyembuhan dari penyakit flu berat tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri