Sponsors Link

17 Cara Herbal Menghilangkan Lendir Pada Bayi Paling Ampuh dan Manjur

Sponsors Link

Lendir pada tubuh manusia dapat terjadi akibat beberapa infeksi dari virus dan bakteri penyebab penyakit yang menyerang tubuh. Perlu diketahui bahwa lendir dan dahak memiliki sebuah perbedaan, lendiri sendiri merupakan sebuat sekresi kental yang di produksi atau di produksi oleh kelenjar lendir. Lendir juga di dalamnya terkandung beberapa zat enzim seperti immunoglobin, lisozim serta kandungan garam juga terdapat di dalamnya.

ads

Tak hanya tubuh manusia saja yang dapat memproduksi lendir ini namun tubuh hewan juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan lendir. Lendir biasanya dapat dengan mudah ditemui pada tenggorokan manusia, fungsi dai lendir di tenggorokan ini yaitu untuk menjaga kesehatan kerongkongan agar terhindar dari benda asing yang segaja maupun tidak sengaja masuk melalui saluran pernafasan. Sedangkan dahak merupakan merupakan suatu cairan yang diproduksi di tabung trakea yang akan ikut keluar ketika tubuh mengalami batuk berdahak yang dapat menjadi penyebab dahak susah keluar karena cairan ini bersifat kental.

Produksi lendir berlebih dapat mengganggu sistem pernafasan terutama pada bayi, hal ini dapat terjadi karena akibat infeksi virus, bakteri serta kotoran yang masuk dan menyerang tubuh dan megakibatkan gejala pilek dan flu. Ketika benda-benda ini masuk ke tubuh maka kelenjar lendir akan aktif dan mengeluarkan lendir guna melindungi tenggorokan dan saluran pernafasan agar tidak terinfeksi.

Lendir pada umumnya dapat terjadi akibat beberapa faktor yang timbul pada orang dewasa yaitu seperti :

  • Infeksi virus, dapat menjadi faktor utama penyebab saluran pernafasan menjadi lebih berlendir dari biasanya sehingga dapat membuat balita batuk pilek tidak sembuh sembuh.
  • Tubuh terinfeksi bakteri, tak hanya virus saja yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh bakteri juga memiliki kemampuan yang serupa dengan virus dan akan menyebabkan beberapa gejala penyakit seperti pilek dan batuk sehingga produksi lendir berlebih dapat terjadi.
  • Gangguan organ paru-paru, jika organ pernafasan ini terganggu maka ada kemungkinan besar tubuh dapat menghasilkan lendir dalam jumlah lebih yang akan disertai dengan gejala batuk.
  • Merokok, walaupun kebiasaan ini tidak dilakukan oleh semua orang namun baik perokok aktif dan perokok pasif dapat menyebabkan kelenjar lendir mengeluarkan banyak lendir guna menghalau asap rokok yang masuk ke dalam pernafasan.

Sedangkan gejala flu pada anak dan bayi dapat terjadi akibat paparan asap maupun suhu udara di sekitarnya yang dapat mengganggu pernafasan bayi dan membuat bayi susah tidur karena pilek. Beberapa faktor mungkin saja dapat menyebabkan tubuh bayi memproduksi lendir lebih banyak mengingat bayi memiliki sistem kekebalan yang lebih lemak jika dibandingkan dengan anak-anak dan orang dewasa.

Penanganan dan pengobatan yang ditempuh guna mengobati lendir pada bayi juga harus lebih diperhatikan karena ada beberapa pengobatan yang tidak dapat dilakukan oleh tubuh bayi, oleh karena itu bagi bayi yang sedang mengalami lendir berlebih dapat menggunakan pengobatan herbal. Beberapa cara herbal menghilangkan lendir pada bayi berikut ini dapat membantu ibu mengatasi lendir pada bayi di rumah, seperti :

  1. Akar elecampene

Cara herbal menghilangkan lendir pada bayi yang pertama yaitu dapat menggunakan akar elecampene, jenis herbal yang satu ini dapat diolah dan dikonsumsi sebagai tonik yang dapat membantu pernafasan menjadi lebih lancar. Cara mengatasi hidung bayi tersumbat dengan menggunakan akar elecampene di dalamnya terkandung zat yang dapat bermanfaat dan bekerja untuk mengurangi kelebihan produksi lendir yang terjadi pada bayi. Pemanfaatan herbal yang satu ini tak hanya dapat mengatasi lendir berlebih pada bayi namun juga dapat menjadi salah satu pengobatan terhadap infeksi paru-paru, iritasi trakea dan bronkus.

  1. Teh fenugreek

Herbal ini banyak di manfaatkan sebagai salah satu obat dalam mengatasi batuk kering dan radang tenggorokan. Teh fenugreek bekerja dengan mendorong dahak dan lendir yang terdapat pada saluran pernafasan.

  1. Akar licorice

Cara herbal menghilangkan lendir pada bayi yang satu ini biasanya digunakan dalam pengobatan herbal cina. Selain dapat mengatasi lendir berlebih pada bayi, herbal ini juga dapat mengatasi iritasi tenggorokan.

Sponsors Link

  1. Thyme

Herbal ini memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai obat dalam mengatasi flu yang disertai dengan gejala pilek, penyakit bronkitis, asma, infeksi sinusitis serta mengatasi batuk berdahak. Walaupun demikian herbal ini dapat dimanfaatkan dalam pengobatan batuk kering.

  1. Pepermint

Tanaman mint diketahui mengandung methol yang dapat menjadi bahan penenang dan dapat melegakan tenggorokan yang berlendir. Daun pepermint terkandung beberapa bahan aktif lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan penghangat tubuh.

  1. Oregano

Herbal yang satu ini mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh  serta bermanfaat bagi saluran pernafasan dan rongga hidung agar terhindar dari lendir berlebih yang dapat membuat penafasan menjadi terganggu.

  1. Jahe

Jenis jahe-jahean yang satu ini sedari dulu telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Biasanya jahe di konsumsi dengan membuatnya menjadi minuman ataupun bahan dasar makanan yang memiliki banyak khasiat seperti contohnya untuk menghilangkan lendir pada saluran pernafasan.

ads
  1. Jeruk nipis

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat dimanfaatkan dalam membantu tubuh menumpaskan virus dan bakteri yang menyerang dan menyebabkan produksi lendir menjadi banyak. Jeruk nipis selain bermanfaat dalam dunia kesehatan, ternyata khasiatnya juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan.

  1. Minyak eukaliptus

Minyak ini dapat menjadi salah satu cara herbal menghilangkan lendir pada bayi, penggunaan minyak ini cukup sederhana yaitu cukup di oleskan ke dada dan diamkan selama beberapa menit hingga terasa sensasi hangat dari minyak ini.

  1. Kecap

Bahan alami yang satu ini sejak lama telah dimanfaatkan dalam mengatasi lendir berlebih pada saluran pernafasan manusia.

  1. Kecap dan jeruk nipis

Kedua bahan alami yang bermanfaat dalam mengatasi lendir berlebih pada bayi ini dapat digunakan dengan mencapurkan bahan jeruk nipis dan kecap. Tentunya khasiat jeruk nipis dan kecap sangat membantu dalam cara mengatasi pilek dan batuk yang memunculkan lendir berlebih,

  1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang berasak dari nektar bunga yang diproses menjadi gula oleh lebah. Madu sejak dahulu telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan karena kaya akan kandungan vit dan nutrisinya.

  1. Madu dan jahe

Khasiat madu dan jahe tak diragukan lagi dalam mengatasi dan menjaga kesehatan tubuh. Kedua bahan alami dapat dimanfaatkan dalam mengurangi lendir dengan cara di campur, cukup rebus jahe dalam air dan tambahkan madu ke dalamnya. Minuman ini dapat dikonsumsi setiap hari, tak hanya bermanfaat mengatasi penyakit juga dapat menjaga kebugaran tubuh. Cara lainnya yang dapat dilakukan dalam menggunakan madu dan jahe dapat menghaluskan jahe menjadi bubuk kemudia campurkan dengan sedikit madu dan konsumsi secara rutin setiap harinya.

  1. Madu hitam

Sama seperti madu biasa, jenis madu hitam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati pilek dan batuk yang dapat menimbulkan produksi lendir menjadi berlebih. Madu hitam dapat juga dimanfaatkan sebagai suplemen alami dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

  1. Propilis

Herbal yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara herbal menghilangkan lendir pada bayi. Herbal ini memberikan rasa yang agak pahit dan getir di lidah ketika di konsumsi. Propolis dapat dikonsumsi dengan bahan lainnya yang dapat memberikan rasa manis salah satu contohnya adalah menggunakan madu bersamaan dengan herbal propolis.

  1. Daun sirih

Daun sirih sejak dahulu kala telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan karena kandungan antibiotik yang dimilikinya. Oleh karena antibiotik yang dimilikinya inilah yang dapat membuat daun sirih sebagai herbal untuk mengatasi pilek dan batuk penyebab lendir menjadi banyak. Olahan rebusan daun sirih yang dicampurkan dengan jahe dapat dikonsumsi setiap harinya.

  1. Kunyit

Jenis jahe-jehean yang memiliki kemiripan dengan jahe ini ternyata juga dapat digunakan sebagai herbal dalam mengatasi produksi lendir berlebih. Kunyit mengandung banyak sekali zat dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Cara kerja kunyit dalam mengatasi lendir berlebih yaitu dengan memusnahkan virus dan bakteri penyebab gejala pilek dan batuk sehingga produksi lendir menjadi berlebih. Kunyit sama halnya dengan jahe, kedua jenis herbal ini sering di olah menjadi jamu yang baik bagi kesehatan.

Sponsors Link

Karena jumlah lendir yang banyak ini pada saluran pernafasan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, di butuhkannya beberapa cara pencegahan dalam menhindari tubuh dari lendir berlebih ini. Beberapa cara mengatasi dan mencegah lendir berlebih pada umumnya dapat melakukan beberapa hal berikut, seperti :

  • Rajin berkumur dengan air garam, kandungan dalam garam sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tenggorokan karena dapat mengatasi infeksi virus dan bakteri.
  • Mengkonsumsi cukup vitamin dan nutrisi, dengan memenuhi kedua zat penting ini dapat membantu kinerja tubuh dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Pemenuhan asupan vitamin dan nutrisi setiap harinya juga dapat memelihara kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.
  • Memenuhi asupan cairan, cairan dalam tubuh yang di butukan setiap harinya dapat menguap dan keluar dari tubuh melalui pori-pori contohnya adalah keringat. Cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan kinerjanya.
  • Berhenti merokok, asap roko apabila di hirup dan masuk ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis lainnya. Batuk pada perokok berat akan membuat semakin parah akibat asap yang di hirup sehingga menyebabkan kelenjar lendir lebih aktif memproduksi lendir.

Demikianlah 17 cacra herbal menghilangkan lendir pada bayi paling ampuh dan manjur yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dalam mengobati gejala ini. Lendir normalnya selalu terdapat pada saluran pernafasan hanya saja dalam jumlah yang sedikit, infeksi virus dan bakteri dapat menyebabkan saluran pernafasan menjadi mampet sehingga mengganggu kenyamanan tubuh.

 

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal