Sponsors Link

Selvigon Syrup: Kegunaan, Efek Samping, dan Cara Pemakaiannya

Sponsors Link
Selvigon Syrup

Bosan dengan kondisi tersebut? Aktivitas menjadi terganggu dan dada terasa sakit saat mengeluarkan suara seperti di atas? Baiklah, kondisi yang Anda rasakan ialah batuk. Meski begitu, tidak bisa sembarangan dalam mengobati batuk. Paling tidak Anda harus tahu batuk yang Anda alami termasuk ke golongan yang mana sebab ada banyak jenis- jenis batuk yang mesti Anda ketahui. Penyebab batuk menjadi acuan dalan pengobatannya, misal cara mengobati batuk TBC, obat tradisional batuk mengiobat tradisional batuk kronis, obat tradisional batuk pilek dan radang tenggorokanobat tradisional batuk pilekobat tradisional batuk asma obat tradisional batuk akut.

ads

Nah, apabila saat ini mengalami gejala batuk kering, khususnya batuk iritatif atau dikenal dengan batuk kering dan pendek, serta batuk paroksimal atau batuk rejan, maka Selvigon bisa jadi pilihan untuk Anda. Apabila Anda tertarik untuk menjadikan Selvigon sebagai obat batuk Anda, tidak ada salanya jika Anda tetap berada pada artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dosis, cara pemakaian, dan efek samping dari obat batuk Selvigon tersebut. Obat batuk Selvigon disajikan dalam kemasan berbentuk botol, dimana pada setiap 1 botol kemasan memiliki berat netto sebanyak 100 ml dalam bentuk syrup. Untuk pemakaian sendiri biasanya ditakar sebanyak 5 ml dalam satu sendok takar, sehingga jika ditotalkan ada sebanyak 20 takaran dalam setiap botol kemasan. Setelah mengetahui isi hal di atas, yang akan dibahas selanjutnya yakni mengenai takaran obat dan dosis yang dianjurkan bila Anda akan mengonsumsi obat selvigon tersebut. Berikut takaran yang dianjurkan untuk pengguna obat selvigon:

  1. Anak-anak usia 2-6 tahun, dianjurkan untuk meminum obat sebanyak setengah  sendok takar saja,
  2. Anak-anak usia 6-12 tahun, dianjurkan untuk meminum obat sebanyak satu sendok takar,
  3. Anak-anak usia lebih dari 12 tahun atau remaja, dianjurkan untuk meminum obat sebanyak dua sendok takar,
  4. Dewasa, dianjurkan untuk meminum obat sebanyak dua hingga empat sendok takar.

Kegunaan Obat Selvigon Syrup

Semua takaran obat tersebut disesuaikan dengan usia si penderita, dan diminum sebanyak tiga kali dalam sehari. Berhubung obat Selvigon Syrup termasuk dalam golongan obat keras, maka obat ini tidak bisa dibeli secara mandiri yang artinya diperlukan resep dokter untuk mengetahui takaran yang tepat dans esuai dengan kondisi pasien itu sendiri.Obat batuk produksi dari Transfarma Medica Indah ini memiliki kandungan Pipazetat hidroklorida sebanyak 200 mg dimana setiap satu sendok takar atau setiap 5 ml mengandung 10 mg Pipazetat hidroklorida. Kegunaan obat selvigon syrup berdasarkan kiandungan Pipazetat ini yakni:

  1. berguna untuk menekan frekuensi batuk yang terjadi
  2. mengatasi batuk kering
  3. mengatasi batuk iritatif atau dikenal dengan batuk kering dan pendek, serta
  4. mengatasi batuk paroksimal atau batuk rejan

Efek Samping Obat Selvigon Syrup

Selain kegunaan, terdapat pula efek samping dari obat selvigon syrup tersebut, yakni.

  1. Mual dan muntah
  2. Gelisah dan susah tidur atau insomnia
  3. Aritmia atau gangguan debar jantung dan takikardia atau menyebabkan denyut jantung cepat apabila pemberian dosis obat terlalu tinggi
  4. Kejang dan koma apabila pemberian dosis obat terlalu tinggi
  5. Urtikaria atau terjadi gatal-gatal biduran
  6. Mengalami efek sedatif ringan
Sponsors Link

Cara Pemakaian Obat Selvigon Syrup

Untuk pemakaian obat selvigon syrup perlu diperhatikan beberapa point di bawah ini juga, ya.

  1. Sesuaikan anjuran dosis yang telah direkomendasikan, jangan kelebihan ataupun kekurangan dosis dari yang dianjurkan sebelumnya gar tidak memiliki dampak pemakaian lainnya
  2. Selalu simpan obat tersebut di tempat yang tidak terkena panas atau matahari secara langsung, baiknya simpan di suhu ruangan
  3. Senantiasa perhatian tanggal kadaluwarsa yang tercantum dalam kemasan obat. Pastikan Anda tidak membeli atau menerima obat yang tanggalnya telah lewat dari masa kadaluwarsa obat itu sendiri
  4. Berhubung obat tersebut masuk dalam golongan obat keras, sebaiknya jauhkan obat tersebut dari jangkauan anak-anak
  5. Penggunaan obat batuk tersebut harus dengan resep dokter sebab mempertimbangkankan bahwa obat selvigon syrup tersebut masuk dalam golongan obat keras
  6. Apabila Anda mempunyai riwayat hipersensitif (reaksi alergi berlebih) terhadap Pipazetat hidroklorida maka obat selvigon syrup tidak dapat digunakan untuk mengatasi batuk yang Anda alami.
    Sponsors Link

  7. Pada petunjuk pemakaian tidak ada takaran dosis dan penggunaan pada ibu hamil dan menyusui. Oleh sebab itu, konsultasikan pada dokter untuk penggunaan terhadap ibu hamil atau yang sedang dalam masa menyusui.

Perhatikan pula hal-hal di bawah ini agar dapat menunjang kesehatan Anda, terutama dalam mengatasi kondisi batuk yang sedang Anda alami, yakni.

  1. Atur pola makan dan biasakan menjalani pola hidup sehat
  2. Hindari makanan yang dapat memperparah kondisi batuk Anda, serta hindari pemkaian alcohol merokok
  3. Tertib dalam pemakaian obat
  4. Selingi dengan olahraga, agar dapat membuat badan menjadi bugar dan mempercepat proses kesehatan tubuh Anda tersebut.
  5. Agar tidak lupa untuk mengonsumsi obat, buat daftar ceklist pemakaian obat bila diperlukan
  6. Apabila, kondisi batuk Anda sudah tak ada lagi. Jangan meneruskan pemakaian obat sebab akan menimbulkan efek samping lain bagi kesehatan Anda tersebut.

Demikian beberapa ulasan mengenai obat Selvigon Syrup yang bisa anda ketahui apa saja kegunaannya dan bagaimana cara pemakaiannya.

, , , ,