Sponsors Link

6 Senam Untuk Sinusitis dengan Gerakan yang Ringan dan Mudah

Sponsors Link

Sinusitis bisa disembuhkan dengan melakukan gerakan senam? Sepertinya cara ini bisa dicoba oleh penderita sinusitis tanpa repot harus mengkonsumsi obat agar segera sembuh. Sinusitis merupakan salah satu keluhan penyakit saluran pernafasan, dimana terjadi peradangan pada area dinding sinus (di dalam hidung). Sinus sendiri adalah rongga kecil yang berisikan udara dan letaknya ada pada tulang pipi balakang dan dahi manusia. Sinusitis dapat dialami oleh siapa saja, tergantung kondisi ketahanan tubuhnya.

ads

Pasien yang mengalami sinusitis jarang langsung berkonsultasi dengan dokter, karena virus yang menyebabkan sinusitis seperti ini biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Setidaknya membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk segera pulih dari sinusitis. Namun, supaya proses penyembuhan lebih cepat, Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti senam untuk sinusitis. Senam merupakan olahraga yang ringan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, dalam hal ini mempercepat penyembuhan sinusitis.

Senam Untuk Sinusitis

Senam yang dapat Anda pilih untuk membantu memulihkan kondisi sinusitis adalah senam yoga. Senam ini merupakan senam yang dianggap paling ringan, dengan gerakan khusus yang lebih fokus untuk membuat keadaan suatu tubuh tertentu menjadi lebih berfungsi dan hidup lebih nyaman tentunya. Seperti apa Senam untuk sinusitis, berikut ulasanya:

  • Brastrika Pranayaram

Pasien akan duduk dengan santai, kemudian mulai melakukan gerakan dengan menyilangkan kedua kaki tersebut. lakukan menghirup udara secara maksimal lalu keluarkan dengan hembusan perlahan Kemudian ambil nafas dalam-dalam setidaknya hingga sepuluh kali lalu hembuskan perlahan. Lakukan ini pada siang dan sore hari.

  • Anulom Villom Pranayama

Duduk dalam posisi yang nyaman dengan punggung dan leher yang lurus. Setelah itu, tekankan ibu jari Anda pada lubang hidung di sebelah kanan, lalu tarik nafas secara perlahan saja lalu hembuskan. Ulangi langkah ini hingga 10 – 15 kali.

  • Teknik Jalaneti

Senam yoga berikutnya untuk sinusitis adalah teknik jalaneti, yaitu dengan menggunakan teko yang berisi air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Penderita sinusitis akan memasukan mulut teko ke lubang hidung sebelah kiri, agar mengeluarkan cairan melalui lubang hidung yang kanan.

  • Teknik Kapalabati

Senam untuk sinusitis berikutnya menggunakan teknik kapalabati, yaitu dengan cara menutup lubang hidung sebelah kanan dengan ibu jari tangan kanan. Kemudian tarik napas dengan pompa perut lalu buang napas dengan kuat setidaknya hingga 40 kali. Setelah itu, giliran lubang hidung sebelah kiri dengan cara yang sama.

  • Gerakan Mengangkat Kedua Tangan

Pakar yoga juga menyarankan bagi penderita sinusitis, untuk melakukan senam untuk sinusitis dengan gerakan mengangkat kedua tangan, lalu menurunkanya dengan waktu yang cepat sebanyak 40 kali. Saat tangan diturunkan, hembuskan nafas seperti hal nya kita sedang memompa. Gerakan ini dapat membantu mengencerkan cairan yang menyumbat area rongga hidung.

  • Senam Taichi

Taichi merupakan salah satu senam untuk bela diri dengan gerakan ringan yang dapat menjadi alternatif senam untuk sinusitis yang aman. Namun, penderita sinusitis yang mengikuti gerakan ini sebaiknya segera berhenti jika tubuh terasa mengeluarkan tenaga yang berlebihan serta mengeluarkan keringat.

Penderita sinusitis sebenarnya tidak perlu menemui dokter terlebih dulu, karena biasanya gejala sinusitis bisa hilang dengan sendirinya. Namun, agar proses penyembuhan lebih cepat, maka melakukan gerakan senam untuk sinusitis adalah salah satu cara alami untuk mencegah sinusitis agar tidak kambuh lagi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan