Sponsors Link

Sering Flu Saat Bangun Tidur: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Ketika kita bangun tidur dan tiba – tiba mengalami flu, tentu kondisi ini akan membuat kita jengkel, terlebih lagi jika flu yang kita alami berlangsung beberapa kali sehingga membuat hidung kita berubah warna menjadi kemerahan. Selain itu, aktivitas sehari – hari anda akan sangat terganggu karena seseorang yang menderita flu kebanyakan akan kehilangan atau terganggu konsenstrasinya dikarenakan ketika ia sedang berpikir tiba – tiba diganggu oleh flu.

ads

Jika sudah demikian maka tidak ada cara lain yang harus anda lakukan melainkan untuk segera melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan agar supaya flu yang anda alami tidak semakin parah yang bisa menjadi pemicu anda terkena penyakit lainnya yang lebih parah.

Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan kepada anda berkaitan dengan apa saja gejala, penyebab, dan juga pengobatan yang anda lakukan untuk membantu mengobati sering flu saat bangun tidur. Namun sebelumnya kami menyarankan anda membaca informasi lain yang tidak kalah penting yakni cara mengobati pilek dan obat tradisional pilek tahunan.

Penyebab Sering Flu Saat Bangun Tidur

Perlu anda tahu bahwa jika flu saat bangun tidur yang anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh, maka kemungkinan penyakit tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

1. Rhinitis Alergi

Penyebab sering flu saat bangun tidur bisa disebabkan karena anda menderita rhinitis alergi. Perlu anda tahu bahwa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini tidak jauh berbeda dengan ketika anda menderita flu atau influenza pada umumnya.

Penyakit ini sering disebabkan karena anda terlalu sering terpapar asap maupun debu, atau juga sebelumnya anda mengalami alergi terhadap bulu hewan. Kondisi ini jika tidak dilakukan penanganan segera akan menyebabkan anda sering flu baik ketika anda bangun tidur maupun ketika anda melakukan aktivitas sehari – hari anda.

2. Rhinitis Vasomotor

Sering flu saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena anda terindikasi menderita rhinitis vasomotor. Kondisi ini akan mengakibatkan sistem saraf serta otot yang memiliki fungsi untuk mengatur pembuluh darah menjadi terganggu sehingga akan menimbulkan terjadinya penyempitan maupun juga pelebaran.

Kemudian pembuluh darah tersebut akan membengkak karena disebabkan oleh kondisi udara yang kering atau suhu yang terlalu panas sehingga harus segera dilakukan penanganan secara tepat. Hal ini juga telah disebutkan pada penjelasan penyebab pilek berkepanjangan pada anak.

3. Sinusitis

Untuk penyebab yang satu ini mungkin bisa dikatakan paling parah dibandingkan sebelumnya. Sinusitis merupakan sebuah penyakit peradangan yang menyerang rongga sinus yang memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran udara. Seseorang yang menderita sinusitis akan sering mengalami pilek dan flu yang diakibatkan menumpuknya lendir atau ingus pada rongga sinus yang kemudian akan mengalir ke saluran pernapasan lainnya.

Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya dan harus segera dilakukan pencegahan dini agar supaya tidak sampai membuat penderitanya mengalami kondisi yang lebih parah.

Pengobatan Sering Flu Saat Bangun Tidur

Sponsors Link

Setelah kita membahas mengenai penyebab dari sering flu saat bangun, maka tidak lengkap jika anda belum tahu tentang bagaimana cara mengatasi penyaki tersebut.

1. Membiasakan Diri Berkumur Dengan Air Bersih

Cara mengobati sering flu saat bangun tidur adalah dengan membiasakan diri berkumur menggunakan air bersih. Berkumur memang merupakan cara ampuh untuk mengeluarkan lendir atau ingus yang menjadi sebab anda sering flu. Meskipun terkesan sederhana, namun jika anda rutin melakukan kebiasaan seperti ini maka lama kelamaan penyakit yang anda alami akan sembuh.

Selain itu, air yang anda gunakan untuk berkumur akan membantu untuk tetap menjaga kelembapan di dalam saluran pernapasan anda karena virus atau bakteri tidak akan suka terhadap lingkungan yang lembab.

2. Minum Teh Hangat

Sponsors Link

Cara yang kedua untuk mengobati sering dlu saat bangun tidur adalah dengan membiasakan diri meminum air hangat. Minum segelas teh hangat ketika anda baru bangun tidur karena akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar. Selain itu, rasa hangat yang ditimbulkan akan mampu meredakan lendir atau dahak yang menjadi sebab terganggunya sistem pernapasan anda.

Dan juga dengan uap panas yang keluar dari teh tersebut akan membuat hidung anda menjadi lebih plong sehingga tidak akan membuat anda flu lagi.

3. Minum Ramuan Ginseng

Cara yang terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ramuan menggunakan bahan utama ginseng. Ginseng memang sudah dipercaya dari dulu untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, salah satunya adalah membantu mengobati masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Dengan ginseng, maka anda akan mendapatkan sistem kekebalan tubuh anda yang kembali normal dimana penyakit yang sedang anda alami saat ini awalnya dikarenakan sistem kekkebalan tubuh anda yang menurun. Nantinya anda bisa memasukkan ginseng ke dalam makanan seperti sup atau bubur.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang penyebab dan cara mengobati sering pilek saat bangun tidur. Untuk semakin menambah wawasan anda, maka kami sarankan anda untuk membaca penyebab batuk berdahak dan cara ampuh mengatasi batuk. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan