Sponsors Link

4 Penyebab Suara Hilang Saat Flu yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sebagian besar orang sepertinya pernah merasakan sakit, dimana suara mereka tiba-tiba menjadi serak dan menghilang karena suatu kondisi medis tertentu. Selain itu, orang juga bisa kehilangan suaranya setelah melakukan aktifitas yang membuat kerja pita suaranya berat seperti berteriak atau berbicara dengan cukup keras selama beberapa waktu. Mereka bisa melakukan senam untuk sinusitis karena kebanyakan orang mengalami suara hilang adalah saat mengalami flu.

ads

Saat mengalami flu, pasien biasanya juga akan mengalami gejala batuk yang bisa berlangsung lama hingga lebih dari satu minggu. Efeknya, suara pasien tidak saja menjadi serak namun suara menjadi menghilang dan tidak membaik walau sudah diobati. Lalu apa penyebab suara yang menjadi hilang tersebut? Apakah suara yang hilang tiba-tiba ini bisa kembali dengan normal?

Penyebab Suara Hilang Saat Flu

Saat seseorang mengalami flu, sebenarnya telah terjadi infeksi saluran pernapasan karena virus influenza  yang terkadang disertai gejala lainya, seperti batuk, bersin, demam, sakit kepala hingga  suara yang menjadi serak bahkan hilang karena infeksi tersebut juga membuat pita suara menjadi meradang. Beberapa khasiat daun sirih untuk sinusitis sangat penting untuk mengatasi penyebab berikut ini, yang dapat menimbulkan suara menjadi hilang :

  • Radang Tenggorokan Akut dan Kronis

Gejala semacam ini disebut laringitis atau dikenal juga dengan radang tenggorokan. Umumnya, gejala seperti ini bisa segera membaik dan mengembalikan suara dengan inhaler untuk sinusitis agar menjadi normal hanya dalam waktu 1 minggu.

  • Batuk Kering dalam Waktu Lama

Suara yang menjadi serak hingga membuat suara menjadi hilang, umumnya terjadi setelah masa flu terlewati. Pasien yang setelah mengalami flu ternyata mengalami batuk-batuk yang cukup parah, seperti jenis batuk kering yang juga bisa menyebabkan suara menjadi serak dan suara menjadi hilang

  • Infeksi saluran Pernafasan

Setelah flu melanda, sebagian orang mengalami gejala batuk dan pilek yang cukup mengganggu, khususnya batuk berdahak  yang disebabkan karena ISPA. ISPA ini menyebabkan meningkatnya produksi lendir yang harus dikeluarkan di tenggorokan. Hal ini ternyata dapat memicu suara menjadi serak dan suara menjadi hilang.

  • Infeksi Bakteri

Masuknya bakteri ke dalam tubuh kita juga bisa menyebabkan batuk yang terus menerus, hingga membuat suara menjadi serak dan suara kemudian hilang untuk sementara waktu. Batuk semacam ini juga biasanya merupakan penyakit yang timbul karena serangan virus, termasuk virus flu. Konsumsi vitamin C dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan menghindarkan kita dari serangan virus serta bakteri ini.

Selain karena serangkaian gejala flu, penyebab suara hilang saat flu  dan kenapa  sinusitis kambuh setelah operasi juga dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Terjadi perlukaan seperti sariawan pada area pita suara
  • Area pita suara muncul polip atau bisul
  • Pita suara menjadi kendur karena faktor usia pasien yang mengalaminya
  • Pasien mengalami kelumpuhan pita suara yang terjadi karena cedera, stroke serta ada tumor di area paru-paru

Jika Anda mengalami suara hilang saat flu melanda, sebaiknya pasien melakukan olahraga untuk sinusitis dan tidak perlu khawatir secara berlebihan. Tindakan pengobatan baik secara alami maupun pengobatan medis dapat membantu Anda mengembalikan suara menjadi normal kembali. Dengan mengetahui penyebab suara hilang saat flu, setidaknya Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang efektif untuk mengatasinya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Penyebab