Sponsors Link

14 Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis Dengan Kaitannya Dengan Gejalanya

Sponsors Link

Ketika anda mengalami hidung mampet yang tak kunjung sembuh, mengeluarkan lendir atau ingus, serta indra penciuman anda menjadi kacau bisa menjadi sebuah indikasi bahwa anda mengalami sinusitis. Sinusitis merupakan sebuah penyakit dimana terdapat pembengkakan yang terjadi pada rongga sinus dikarenakan ada penyumbatan di dalamnya.

ads

Penyumbatan tersebut pada dasarnya disebabkan karena ingus atau lendir yang menumpuk sehingga kemudian menyebabkan terjadinya peradangan atau yang juga disebut dengan inflamasi. Kondisi ini tidak bisa anda anggap remeh karena peradangan yang anda alami tersebut akan semakin parah jika lendir tersebut tidak segera diatasi.

Perbedaan Penyakit Tipe Parah Sinus

Secara garis besar, ada dua pembagian sinusitis. Yang pertama disebut dengan sinusitis akut dan yang kedua disebut dengan sinusitis kronis. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu sinusitis akut dan kronis serta mengetahui perbedaan diantara keduanya.

Dan anda harus tahu bahwasanya ada beberapa hal yang menjadi penyebab sinusitis yang perlu anda tahu selain itu juga untuk beberapa kasus ditemukan bahwasanya penyakit sinusitis menyebabkan kematian yang patut anda waspadai.

1. Sinusitis Akut

Sinusitis akut merupakan sebuah sinus yang dialami dalam jangka waktu 4 sampai dengan 12 minggu. Penyebab utama dari seseorang yang menderita sinusitis akut adalah seperti mengalami flu yang mana disebabkan oleh serangan virus yang telah menginfeksi.

Biasanya penyakit sinus ini cukup anda lakukan pengobatan di rumah dengan menggunakan beberapa tanaman herbal yang bisa anda dapatkan di sekitar anda, namun jika pengobatan yang anda lakukan tidak menunjukkan akan tanda – tnada kesembuhan maka kami sarankan agar supaya anda langsung menuju dokter sehingga dokter bisa melakukan penanganan segera terhadap sinusitis yang sedang anda alami. Kami sarankan anda membaca tentang macam – macam sinusitis.

Adapun mengenai beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang menderita sinusitis akut adalah seperti di bawah ini:

  • Wajah terasa nyeri pada saat ditekan karena sudah banyak lendir atau ingus yang menumpuk pada rongga sinus.
  • Lendir atau ingus yang berwarna hijau atau juga bisa berwarna kuning.
  • Hidung mampet
  • Batuk
  • Gejala lain adalah indra penciuman anda mengalami penurunan fungsi atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali.

Gejala lain yang juga diketahui bisa mengindikasikan bahwa anda terkena sinusitis akut adalah:

  • Bau mulut
  • Sakit gigi
  • Dan juga cepat merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu padat

Untuk melakukan pencegahan agar supaya sinusitis yang anda alami tidak semakin parah, maka anda harus melakukan pengobatan dini seperti dengan banyak meminum air putih, atau membuat sebuah ramuan herbal dengan menggunakan jahe yang anda campur dengan madu.

2. Sinusitis Kronis

Sponsors Link

Sinusitis kronis merupakan sebuah penyakit peradangan di daerah sinus yang anda alami dalam jangka waktu yang lebih lama, yakni selama 12 minggu atau bahkan lebih. Ada juga yang menjelaskan bahwa seseorang bisa dikatakan menderita sinusitis kronis apabila penyakit yang dialami tersebut sudah berkali – kali ia rasakan.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menderita sinusitis kronis seperti misalnya polip hidung, mengalami kelainan tulang yang terdapt pada rongga hidung, juga bisa disebabkan karena serangan dari bakteri maupun virus yang telah menginfeksi. Tidak jauh berbeda dengan seseorang yang menderita sinusitis pada umumnya, ketika anda menderita sinusitis kronis anda juga akan mengalami kesulitan bernapas serta juga mengalami nyeri atau rasa sakit ketika wajah anda ditekan.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa gejala yang bisa menjadi tanda bahwa pada waktu itu anda kemungkinan menderita sinusitis kronis:

ads
  • Mengalami pembengakakan pada wajah
  • Mengalami nyeri pada wajah ketika wajah ditekan
  • Hidung terasa mampet
  • Untuk kasus yang lebih parah ditemukan bahwa seseorang yang menderita sinusitis kronis akan mengeluarkan nanah yang keluar dari rongga hidung
  • Demam
  • Serta juga mengeluarkan lendir yang terus menerus dari hidung

Hubungan Sinusitis Dengan Rhinitis

Perlu anda tahu bahwa pada dasarnya sinusitis maupun rhinitis memiliki hubungan sebab – akibat. Seseorang yang menderit rhinitis tentu akan mengalami penyumbatan pada saluran pernapasannya yang mana kondisi ini kemudian akan mengakibatkan terjadinya infeksi. Dan penyebab seseorang yang menderita sinusitis adalah karena ia telah terkena infeksi yang terjadi pada saluran pernapasannya.

Ketika berbicara mengenai gejala yang terjadi antara seseorang yang menderita sinusitis maupun juga yang menderita rhinitis juga tidak jauh berbeda dimana beberapa gejala yang mirip adalah seperti hidung tersumbat, lemas, serta seperti adanya penekanan yang terjadi pada area kepala.

Selain itu, kedua penyakit ini juga termasuk ke dalam penyakit peradangan dimana peradangan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi yang dilakukan oleh bakteri maupun juga virus. Hal yang membedakan adalah jika seseorang yang menderita rhinitis terjadi pada rongga hidung, sementara untuk seseorang yang menderita sinusitis akan mengalami peradangan yang terjadi pada rongga sinus.

Ada banyak pengobatan yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati kedua penyakit peradangan tersebut. Beberapa pengobatan yang bisa anda coba adalah dengan:

  • Memperbanyak minum air putih
  • Membuat ramuan herbal dari jahe yang bisa ditambahkan dengan madu
  • Dengan memanfaatkan bawang untuk pengobatan sinus

Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca tentang pengobatan sinusitis akut dan cara mengobati sinusitis dengan bawang putih.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus