Sponsors Link

Bolehkah Lari Saat Flu? Apakah Aman? Simak Penjelasannya!

Sponsors Link

Bolehkah lari saat flu? Apakah aman? Jawabannya akan dibawah dibawah ini. Lari merupakan sebuah aktivitas olahraga yang bisa dilakukan bila kondisi sedang prima tanpa adanya gangguan kesehatan apapun termasuk flu sekalipuun. Kebanyakan ahli tak menyarankan melakukan aktivitas lari bila kondisi tubuh sedang mengalami flu atau pilek. Ini dikarenakan saat terjangkit flu tubuh membutuhkan energi yang tak sedikit untuk melawan flu.

ads

Saat melakukan olahraga lari, tubuh wajib berbagi sumber energi antara latihan dan proses recovery alias proses pemulihan. Namun begitu, olahraga ringan bisa membantu tubuh menjadi lebih baik. Menurut penelitan dari University of Maryland Medical Center (dilansir oleh livestong.com), olahraga yang dilakukan secara teratur bisa mencegah tubuh dari gangguan penyakit, maka itu diperkenankan melakukan olahraga kendati sedang mengalami flu. Akan tetapi, olahraga yang harus dilakukan harus berintensitas rendah, tak sama seperti ketika tubuh dalam kondisi sehat.

Bolehkah Lari Saat Flu? Apakah Aman?

Tak sedikit diantara kita yang bila tidak melakukan olahraga khususnya lari merasakan kondisi semakin berat. Bila situasi ini terjadi dan ingin tetap beroleharaga dan tak menjadi bingung adanya pertanyaan Bolehkah Lari Saat Flu ? Apakah Aman ? maka ketahui prosedur Neck Check terlebih dahulu. Neck Check adalah kondisi dimana gejala flu terasa diatas leher misalnya penyebab hidung tersumbat, hidung menjadi meler (ingusan), atau terjadinya radang tenggorokan maka hal itu aman untuk dibuat olahraga lari. Akan tetapi jangan sampai menyebabkan daya tahan menjadi menurun.

Bila gejala yang dirasakan di bawah leher, misalnya dada sesak, suhu tinggi atau adanya nyeri otot maka sebaiknya dan disarankan untuk tidak memaksakan diri untuk berlari serta ada baiknya istirahat. Sebab, gejala yang ditimbulkan berada dibawah dada bisa mengakibatkan demam serta hanya akan memperburuk kondisi tubuh.

Selain keterangan diatas, bisa memperhatikan kondisi dibawah ini agar pertanyaan Bolehkah Lari Saat Flu ? Apakah Aman ? tak menganggu pikiran, berikut diantaranya:

  • Saat terkena flu tubuh banyak membutuhkan cairan, maka itu jangan lakukan olahraga lari hingga mengalami dehidrasi serta mengeluarkan banyak keringat.
  • Agar tahu kemampuan tubuh, bisa mencoba melakukan lari selama kurang lebih 10 menit, ingat intensitasnya sedang. Bila dalam jangka waktu 10 menit kondisi tubuh baik baik saja, maka bisa menambah durasi waktu. Bila kondisi tubuh sudah merasakan menjadi lemas, nafas tak teratur, pusing maka segera hentikan aktivitas lari.
  • Sebaiknya tak berlari jauh dari pekarangan rumah agar tak menulari orang lain.

Dilansir oleh cnnindonesia.com, penelitian menunjukkan bahwa saat terserang flu, penderita flu masih tetap aman untuk berolahraga. Tubuh tak akan ada perbedaan saat merespon (melawan) virus flu. Selain itu, ketika berolahraga saat terjangkit flu atau pun pilek tak akan mengakibatkan komplikasi bila tidak mempunyai masalah medis yang lain.

Akan tetapi, bila memiliki riwayat atau kondisi medis yang berbahaya misalnya penyakit jantung, asma, atau penyakit berbahaya lainnya ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga lari agar pertanyaan Bolehkah Lari Saat Flu ? Apakah Aman ? tak menganggu pikiran. Melakukan olahraga ringan tak akan memperpanjang penyakit atau menjadikan gejala menjadi lebih buruk, akan tetapi tak membuat flu menjadi lebih baik pula.

Namun begitu, manfaat olahraga saat flu adalah dapat membuka hidung yang buntu karena pilek atau flu, dengan syarat tubuh memperoleh cukup cairan. Sebaiknya hindari melakukan olahraga lari bila tubuh dalam kondisi dibawah ini, di antaranya:

  • Tubuh dalam kondisi batuk disertai demam tinggi
  • Tubuh merasakan nyeri
  • Tubuh dalam kondisi batuk
  • Tubuh dalam kondisi demam
  • Memiliki gejala flu misalnya diare, muntah, dan ruam

Bagaimana pertanyaan Bolehkah Lari Saat Flu ? Apakah Aman? Sudah terjawab? Baca juga buah apel menghilangkan batuk, penyebab influenza, jenis-jenis batuk, dan cara ampuh mengatasi batuk.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup