Sponsors Link

Batuk Disertai Demam Tinggi – Gejala dan Penyebabnya

Sponsors Link

Batuk dan demam merupakan bentuk nyata dari pertahanan tubuh terhadap serangan benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Batuk dan demam sebenarnya bukanlah merupakan sebuah penyakit melainkan hanyalah gejala awal dari sebuah penyakit yang menjangkiti tubuh akibat daya tahan tubuh yang menurun. Timbulnya gejala batuk dapat disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan sehingga tubuh merespon dan mencoba untuk mengeluarkan benda asing yang masuk.

ads

Benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan dapat berupa debu, pasir halus, virus maupun bakteri. Sedangkan demam memiliki kemiripan dengan batuk dalam beberapa hal yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kedua gejala ini yaitu serangan virus dan bakteri, hanya saja untuk gejala demam sendiri biasanya juga dapat disebabkan oleh penyakit berbahaya yang menyerang tubuh.

Gejala batuk biasanya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak, pada jenis batuk kering biasanya dapat memberikan dampak yang lebih ringan bagi tubuh sedangkan pada batuk berdahak umumnya digolongkan sebagai gejala batuk yang memiliki dampak yang parah jika dibandingkan dengan batuk ringan. Batuk disertai demam tinggi biasanya ditemukan pada tubuh yang sedang terserang oleh virus influnza, jenis virus ini dapat menginfeksi saluran pernafasan seperti tenggorokan.

Infeksi virus ini dapat menyebabkan kelenjar lendir dalam saluran pernafasan menjadi lebih aktif untuk memproduksi lendir, kelebihan jumlah lendir pada saluran pernafasan merupakan tempat yang cocok bagi virus untuk menerap dan berkembang menjadi banyak. Sistem kekebalan tubuh akan segera meresponi infeksi virus penyebab batuk disertai demam tinggi ini dan segera menuju ke saluran pernafasan dimana virus berada pada lendir-lendir tersebut dan terkadang dapat menyebablan batuk sesak nafas.

Akibat dari aktifnya sistem kekebalan tubuh ini dapat menyebabkan lendir menjadi lebih kental dan berwarna, lendir seperti ini biasanya akan menjadi dahak dan ingus yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Dahak yang berwarna sangat pekat dapat menjadi ciri-ciri batuk yang berbahaya. Selama sistem kekebalan tubuh memusnahkan virus influenza maka secara tidak langsung tubuh akan meningkatkan suhu tubuhnya guna mempercepat menghilangkan virus dalam saluran pernafasan.

Selama tubuh mengalami batuk disertai demam tinggi tentunya daya tahan tubuh akan menjadi menurun dan dapat mengganggp aktivitas sehari-hari yang akan dilakukan. Untuk menangani gejala batuk disertai demam tinggi dapat melakukan beberapa cara agar tubuh tetap mampu untuk beraktivitas seperti biasanya, beberapa cara mencegah batuk diantaranya :

  • Mengkonsumsi vitamin C, jenis vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat membantu tubuh dalam mengembalikan daya tahan tubuh yang sempat menurun selama mengalami beberapa gejala penyakit. Vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhkan gejala batuk dan demam tinggi yang sedang dialami dan dapat didapatkan dari minuman penghilang batuk berdahak yang mengandung vit C.
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan masker, pakaian yang nyaman selama tubuh mengalami demam tinggi dapat membantu tubuh untuk beristirahat dengan nyaman. Pemilihan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat yang keluar akibat suhu badan yang tinggi juga sangat dianjurkan. Sedangkan penggunaan masker mulut ketika sedang berada di ruangan terbuka dapat mencegah virus menyebar dan menjangkiti tubuh yang lainnya serta dapat mencegah batuk menjadi kian parah akibat paparan debu dan polusi yang dihirup.
  • Menghindari makanan yang di larang saat batuk sehingga dapat menyebabkan batuk kian parah, jenis makanan yang digoreng dan mengandung banyak lemak yang tidak sehat bagi kesehatan tubuh dapat memperparah gejala penyakit.
  • Meminum air putih yang cukup, air putih dapat membantu tenggorokan yang kering akibat batuk yang dialami terus menerus.

Pada beberapa kasus gejala batuk disertai demam tinggi dapat merupakan sebuah tanda penyakit berbahaya sedang menyerang tubuh, ketika batuk dan demam yang dialami tidak kunjung sembuh sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat sehingga langkah pengobatan dapat segera didapatkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab