Sponsors Link

23 Penyebab Hidung Tersumbat Setiap Hari dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Sistem pernafasan merupakan slaah satu sistem yang penting di dalam tubuh. Sistem pernafasan adalah sistem yang memasukkan oksigen ke dalam tubuh dan membuang racun dari paru-paru. Jika pernafasan lancar, maka semua sistem di dalam tubuh akan berjalan baik. Sebaliknya, jika pernafasan terganggu, maka sistem lain juga akan terganggu, karena pada dasarnya semua sistem membutuhkan oksigen. Sistem pernafasan juga merupakan peranan penting dalam tubuh untuk tetap menjaga asupan oksigen yang akan diedarkan darah ke seluruh tubuh bersama nutrisi dan sari-sari makanan.

ads

Salah sath organ dari sistem pernafasan yang berada di luar adalah hidung. Hidung merupakan salah satu organ dari sistem pernafasan yang memiliki peranan penting, karena merupakan jalan masuk pertama udara ke dalam tubuh. Hidung biasanya terserang beberapa gejala penyakit yang menyebabkannya tidak bisa bekerja dengan baik. Hal ini akan membuat penderitanya tidak bisa bernafas dengan lancar.

Faktor Penyebab Hidung Menjadi Tersumbat

Salah satu gejala yang menyerang hidung adalah hidung tersumbat sebelah atau mampet sebelah. Kondisi ini pasti membuat penderitanya tidak nyaman. Penyebabnya ternyata ada banyak. Namun ada beberapa cara menyembuhkannya yang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Berikut penyebab dari hidung tersumbat setiap hari dan cara mengobatinya yang perlu diketahui:

1. Sinusitis

Salah satu penyebab hidung tersumbat adalah sinusistis. Sinusitis adalah sebuah peradangan atau inflamasi yang terjadi di bagian dinding sinus manusia. Sinus itu sendiri adalah rongga udara yang berada di bagian tulang pipi dan dahi. Pada umumnya sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Salah satu gejala sinusitis adalah hidung tersumbat sebelah. Gejala lain yang mungkin dialami penderitanya antara lain batuk, menurunnya indera penciuman, hidung berair, sakit kepala, demam, serta rasa nyeri.

2. Polip Hidung

Penyebab dari hidung tersumbat yang mungkin terjadi adalah polip. Polip hidung merupakan sebuah kondisi yang mana ada pertumbuhan jaringan di sekitar saluran pernapasan hidung. Jarungan yang terbentuk ini akan sangat lembut dan relatif tidak berbahaya, tidak memicu tumor atau kanker, dan tidak ada rasa sakitnya. Warna dan bentuk dari polip hidung membuat tersumbatnya hidung, dan bisa jadi menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Selain itu, gejala yang muncul untuk orang dengan polip hidung antara lain indera perasa dan penciuman yang menurun, kesulitan bernafas, dan ada lendir yang keluar dari hidung.

Artikel lainnya:

3. Rhinitis Nonalergi

Penyebab hidung teraumbat sebelah yang mungkin terjadi adalah rhinitis. Rhinitis dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi. Rhinitis nonalergi menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Rhinitis nonalergi tidak disebabkan oleh alergi, melainkan disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain tersumbatnya hidung, beberapa gejala dari rhinitis nonalergi ini mirip dengan gejala flu biasa, di antaranya ada rasa tidak nyaman pada hidung, pengurangan kekuatan penciuman, muncul lendir, bersin, nyeri, batuk, dan gejala flu lainnya.

4. Septum Deviasi

Selain rhinitis, salah satu penyebab dari hidung tersumbat adalah septum deviasi. Septum deviasi juga dapat menjadi penyebab dari hidung tersumbat. Kondisi ini merupakan kondisi di mana ada ketidaksejajaran septum yang bisa disebabkan oleh gen atau cacat bawaan. Septum itu sendiri adalah dinding yang memisahkan dua cuping hidung. Jika septum terkena trauma atau cedera, maka akan ada beberapa gejala selain hidung tersumbat, di antaranya mimisan, infeksi sinus, dan keluar lendir.

5. Kanker Nasofaring

Salah satu kanker yang menyerang sistem pernafasan adalah kanker nasofaring. Kanker nasofaring adalah sebuah kanker yang berasal dari belakang rongga mulut dan rongga belakang hidung. Kanker ini menyerang sel epitel nasofaring. Beberapa penyebab dari kanker nasofaring adalah virus Epstein-Bar, diet, genetik, faktor lingkungan, dan juga kebiasaan merokok. Selain hidung tersumbat sebelah, beberapa gejala dari kanker nasofaring ini adalah mimisan secara berulang, pembesaran kelenjar getah bening leher, sakit kepala, penglihatan ganda, dan masih banyak lagi.

6. Benda Asing

Warna dan bentuk dari polip hidung membuat tersumbatnya hidung, dan bisa jadi menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Selain itu, gejala yang muncul untuk orang dengan polip hidung antara lain indera perasa dan penciuman yang menurun, kesulitan bernafas, dan ada lendir yang keluar dari hidung.Biasanya yang terkena masalah ini adalah anak kecil yang suka memasukkan benda-benda asing ke dalam mulut atau hidungnya. Oleh karena itu, selalu perhatikan kegiatan anak-anak, terutama yang belum bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh. Selalu awasi saat anak-anak bermain, karena anak-anak selalu memiliki rasa ingin tau yang besar. (baca juga: Penyebab Sinusitis)

7. Asap Rokok / Debu

Asap rokok atau debu juga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat sebelah. Beberapa orang tidak begitu tahan dengan debu atau asap rokok yang masuk ke hidungnya, walaupun mereka tidak alergi terhadap asap atau debu. Biasanya, hidung akan mengeluarkan lendir atau cairan sebagai bentuk pertahanan diri dari asap atau debu yang kotor. Hal inilah yang menyebabkan hidung terasa tersumbat sebelah atau seluruhnya. Untuk mengatasinya, selalu gunakan masker jika berada di lingkungan yang kotor.

8. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala merupakan sebuah kondisi dimana kepala terasa sakit, bahkan cenut-cenut. Sakit kepala ini banyak jenisnya. Salah satu jenis sakit kepala adalah sakit kepala cluster. Pada sakit kepala jenis ini, hidung pun akan ikut terkena imbasnya. Salah satunya dengan mengeluarkan cairan atau berkedut-kedut (sedikit membengkak). Hal ini akan mempengaruhi kelancaran pernafasan sehingga akan muncul gejala hidung tersumbat sebelah.

9. Alergi

Alergi pada sesuatu juga bisa menyebabkan hidung teraumbat sebelah. Orang yang memiliki alergi harus menjaga dirinya dari alergen masing-masing. Apalagi yang alerginya mengenai bagian sistem pernafasan secara langsung. Orang yang alergi tidak sedikit akan mengalami gejala langsung berupa pusing atau bersin-bersin. Hal ini akan membuat seseorang mudah mengalami gejala flu, sehingga hidung terasa tersumbat.

10. Flu Biasa

Sponsors Link

Penyebab hidung tersumbat yang paling umum terjadi adalah flu biasa. Flu ini akan membuat hidung memproduksi lendir atau ingus. Jika ingus tidak bisa dikeluarkan atau jika ingus susah dikeluarkan, maka bukan hal yang mustahil jika hidung rasanya tersumbat sebelah. Flu kadang juga disertai gejala demam, batuk, pusing, hingga susah tidur.

Artikel lainnya:

11. Tumor

Penyebab dari hidung tersumbat sebelah yang mungkin terjadi pada seseorang adalah tumor. Tumor merupakan sebuah jaringan yang tumbuh di dalam tubuh. Tumor ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor juga bisa tumbuh di saluran pernafasan seperti hidung. Jika tumor tumbuh di hidung dan mengenai salah satu lubang pernafasan, maka sudah dipastikan bahwa hidung akan teraumbat. Untuk menghilangkannya biasanya perlu dilakukan operasi atau pengobatan medis tertentu.

12. Sindrom Churg-strauss

Hidung tersumbat bisa terjadi karena sindrom churg-strauss. Sindrom Churg-Strauss biasanya disebut juga sebagai allergic granulomatosis dan allergic angiitis. Sindrom ini merupakan kondisi dimana ada peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke organ terbatasi sehingga mengakibatkan kerusakan permanen. Asma atau gangguan pernafasan merupakan tanda yang paling umum dan paling sering terjadi pada penyakit sindrom Churg-Strauss ini. Gejala inilah yang biasanya membuat hidung juga bermasalah, salah satunya tersumbat.

13. Cedera Hidung

Cedera atau trauma pada hidung juga bisa menjadi penyebab utama adanya gejala hidung tersumbat sebelah. Trauma atau cedera pada hidung bisa saja terjadi, entah karena benturan atau karena kecelakaan. Cedera pada hidung bisa menyebabkan organ hidung bermasalah, mengeluarkan lendir, hingga kadang menyebabkan tersumbatnya hidung. Jika ada penderita dengan kondisi seperti ini, lebih baik pergi ke dokter agar bisa mendapat perawatan yang tepat.

14. Gondok

Gondok juga bisa menjadi penyebab adanya gejala hidung tersumbat sebelah. Gondok merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian tiroid di sekitar leher. Gondok ini merupakan pembengkakan yang mengganggu kinerja sistem di daerah yang bengkak. Salah satu sistem yang terkena dampaknya adalah sistem pernafasan. Jika pembengkakan menekan sistem pernafasan, maka penderita mungkin akan mengalami susah bernafas, gejala flu, dan hidung tersumbat.

15. Gangguan Kelenjar Tiroid

Selain gondok, ada juga gangguan kelenjar tiroid lain yang bisa menyebabkan gangguan seperti gondok, yaitu menyerang juga sistem pernafasan. Gangguan pada kelenjar tiroid ini bisa menyebabkan hidung teraumbat bahkan sesak pada pernafasan. (baca juga: Jenis-jenis Penyakit Batuk)

16. Asma

Asma atau sesak nafas bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya alergi atau asma kambuh. Asma ini bisa menyebabkan sistem pernafasan terhambat, salah satunya dengan susahnya udara masuk ke paru-paru. Hal ini juga bisa berefek pada tersumbatnya hidung sebagai organ pernafasan.

17. Kehamilan

ads

Beberapa ibu hamil juga akan mengalami gejala-gejala penyakit ringan seperti flu atau masuk angin. Memang tidak semua ibu hamil yang merasakan hal ini, namun ibu hamil bisa jadi mengalami hidung tersumbat dari sindrom kehamilan yang dideritanya.

18. Kelembaban Rendah

Daerah yang memiliki kelembaban rendah akan membuat hidung memproduksi banyak lendir untuk menetralisir kelembaban di dalam rongga hidung. Akibatnya, hidung akan memiliki banyak ingus yang menghambat atau menyumbat hidung itu sendiri. Daerah dengan kelembaban rendah biasanya adalah daerah dingin atau daerah di dataran tinggi. Maka dari itu, saat berada di gunung atau bukit, hidung akan terasa tersumbat.

19. Obesitas

Obesitas atau kegemukan bisa juga menjadi faktor penyebab hidung tersumbat sebelah. Obesitas bisa menekan sistem-sistem di dalam tubuh akibat lemak yang berlebihan. Tidak terkecuali sistem pernafasan. Jika sistem pernafasan terganggu atau tertekan karena lemak obesitas, maka hidung bisa jadi tersumbat.

Maka dari itu, kita harus tetap menjaga keseimbangan berat badan ideal dan menghindari obesitas. Obesitas tidak hanya akan membuat kita malas olahraga, melainkan juga akan membuat berbagai gangguan di dalam tubuh dan merupakan salah satu penyebab dari banyaknya masalah kesehatan. Obesitas juga akan membuat lemak menekan organ-organ di dalam tubuh sehingga bisa jadi muncuk berbagai penyakit komplikasi lainnya.

20. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat juga bisa memiliki efek samping yang ringan, salah satunya muncul lendir di area hidung sehingga menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Beberapa obat yang bisa menyebabkan hidung tersumbat sebelah antara lain seperti obat jenis anti tiroid, pil KB, obat hormon estrogen, obat yang mengandung calcium channel blocker, atau obat yang mengandung beta blocker. Namun, gejala ini hanya efek samping yang terjadi dan bisa sembuh dengan sendirinya jika konsumsi obat tersebut dihentikan.

21. Sinekia

Sinekia merupakan salah satu penyakiy yang menyerang mata. Penyakit ini juga bisa menyebabkan pembengkakan pada daerah mata yang akan menekan sistem pernafasan, sehingga akan muncul gangguan pernafasan di daerah hidung. Hal ini akan membuat hidung tersumbat.

22. Tuberkulosis

TBC atau tuberkulosis adalah penyakit pernafasan yang menyerang paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang meradang atau menginfeksi paru-paru. TBC bisa menyebabkan gejala seperti flu biasa, sehingga penderitanya bisa mengalami juga tersumbat pada hidung. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

23. Giloma

Giloma merupakan gangguan pada otak manusia yang menyebabkan munculnya tumor pada otak. Jika tumor sudah membesar, maka akan muncul gangguan pada sistem lain, seperti sistem pernafasan. Giloma bisa menjadi penyebab dari adanya hidung tersumbat. Jika ada penderita yang mengalami hal ini, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar penangannya bisa cepat dan tepat.

Cara Mengobati Pilek Hidung Tersumbat Sebelah

Apapun penyebab dari hidung tersumbat, tentu rasanya akan tidak nyaman. Apalagi ketika sedang tidur. Hidung tersumbat sebelah juga merupakan salah satu penyebab dari kesulitan tidur yang paling umum terjadi. Maka dari itu, beberapa tips berikut ini bisa membantu mengatasi hidung tersumbat setiap hari yang bisa dilakukan dengan mudah:

  • Memeriksakan diri ke dokter

Beberapa orang mungkin mengira bahwa hidung tersumbat merupakan gejala flu biasa. Namun setelah membaca beberapa penjelasan di atas mengenai beberapa penyebab dari hidung tersumbat yang mungkin bisa terjadi, ada beberapa penyebab yang berbahaya, bahkan ada juga yang disebabkan oleh kanker.

  • Mengonsumsi obat dari dokter

Setelah memeriksakan diri, maka obat dari dokter harus dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan agar penyakit lebih cepat sembuh. Maka dari itu, jika hidung tersumbat sebelah disertai dengan gejala lain dan terjadi sering atau berulang-ulang, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut. Hal ini penting dan harus dilakukan, karena lebih cepat mengetahui penyebabnya berarti lebih cepat pula penanganan atau cara mengobatinya.

  • Menggunakan air panas

Air panas akan mengebabkan hidung terasa lega. Caranya adalah dengan merebus air secukupnya hingga mendidih. Letakkan air panas di dalam wadah, lalu posisikan wajah di atasnya. Biarkan uap dari air tersebut terhirup. Jika ada lendir yang keluar, buang dengan segera agar sistem pernafasan bisa kembali membaik.

  • Menggunakan minyak angin atau inhaler

Cara yang lebih praktis bisa dilakukan dengan bantuan minyak angin atau inhaler. Kedua bahan ini merupakan bahan ampuh yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu ribet. Oleskan saja minyak angin di area sekitar hidung agar hidung bisa mudah merasakan efeknya. Atau hirup saja inhaler. Aroma yang dihirup oleh hidung akan membantu melegakan pernafasan yang tersumbat.

  • Tidur dengan posisi setengah duduk

Salah satu cara atau trik yang bisa dilakukan ketika hidung tersumbat sebelah adalah dengan tidur setengah duduk. Gunakan beberapa bantal untuk menopang kepala saat tidur. Lendir yang ada di dalam hidung akan mudah mengalir ke bawah, sehingga mudah dikeluarkan. Biasanya, tidur dengan posisi seperti biasa justru akan semakin menambah sumbatan di dalam hidung.

  • Tidak membuang ingus secara kuat-kuat
Sponsors Link

Membuang ingus kuat-kuat mungkin sangat sering dilakukan oleh banyak orang, dengan tujuan lebih memberi tekanan pada hidung agar lendir lebih mudah keluar. Namun cara ini tidak disarankan, karena bisa membuat lapisan dalam hidung mengalami peradangan. Hal ini akan membuat bakteri atau virus lebih mudah menempel dan menginfeksi, sehingga penyakit flu bukannya cepat sembuh, namun malah semakin parah.

  • Mengompres hidung dengan air hangat

Mengompres hidung dengan air hangat juga bisa menjadi solusi yang efektif. Posisikan tubuh sesantai mungkin, lalu kompres dengan handuk atau sapu tangan. Jika handuk sudah agak dingin, maka ulangi pengompresan tersebut secara berulang kali. Hal ini akan lebih mudah memberikan kelegaan di pangkal hidung sehingga gejala hidung tersumbat ini akan lebih berkurang. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

  • Menggunakan masker

Hal ini bisa dilakukan untuk orang-orang yang mudah mengalami bersin-bersin seperti orang yang alergi terhadap sesuatu. Ada baiknya selalu menggunakan masker saat berada di tempat umum. Masker juga berfungsi sebagai penahan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Masker mungkin memang tidak banyak membantu menyembuhkan penyakit atau gejala hidung yersumbat, namun masker bisa mencegah risiko yang lebih parah.

  • Mengonsumsi banyak vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat menambah daya tahan tubuh serta menangani inflamasi di dalam tubuh. Tubuh yang tidak sehat biasanya adalah karena kekurangan vitamin C. Maka dari itu, mengonsumsi vitamin C yang cukup tentu akan mampu mempercepat penyembuhan tubuh, sehingga gejala hidung tersumbat bisa lebih cepat hilang.

  • Menjaga hidrasi tubuh

Tubuh akan lebih cepat kehilangan cairan jika ada gangguan di dalam tubuh. Apalagi jika hidung tersumbat ini dibarengi juga dengan keluarnya cairan atau ingus dari dalam tubuh. Maka dari itu, untuk mengimbanginya, tubuh harus tetap terhidrasi. Caranya adalah banyak minum air putih atau mengonsumsi minuman air kelapa muda. Hal ini akan membantu tubuh untuk terus memperbaiki jaringan dan mengusir bakteri atau virus yang menyerang.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Makanan sehat bisa menjadi obat alami terbaik untuk membuat kondisi tubuh cepat pulih. Jika orang mengalami hidung tersumbat, maka penderitanya bisa mengonsumasi buah dan sayur yang akan membuat tubuh lebih sehat. Hindari makanan yang menyebabkan produksi lendir pada tubuh seperti susu atau kedelai.

  • Mengonsumsi makanan pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan hidung lebih cepat lega. Namun jika ada penderita yang memiliki masalah lambung, maka lebih baik tidak melakukan hal ini.  Gunakan posisi ini makan pedas saat tidur untuk mendapatkan posisi hidung yang lebih berkualitas, walaupun sedang mengalami hidung tersumbat.

  • Diet ketat

Untuk hidung tersumbat yang dikarenakan obesitas, maka satu-satunya cara menyembuhkannya adalah dengan diet ketat. Obesitas memang harus diperangi dengan menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur. Obesitas sangat berbahaya dan memang harus diperangi. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

  • Banyak beraktivitas

Beberapa kasus hidung tersumbat justru akan mudah menjadi lega jika tubuh lebih banyak digunakan untuk beraktivitas. Sama seperti nyeri haid yang akan bisa hilang saat digunakan untuk beraktivitas, maka hidung tersumbat bisa lebih nyaman rasanya jika tubuh tidak hanya diam. Lebih baik beraktivitas seperti biasa saat hidung tersumbat.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dari hidung tersumbat setiap hari dan cara mengobatinya yang bisa diketahui. Semoga penjelasan dan informasi tersebut bermanfaat. Jaga selalu kesehatan dan cek kondisi kesehatan jika muncul gejala-gejala penyakit tertentu untuk penanganan medis lebih lanjut. Jaga selalu kesehatan dengan pola hidup dan pola makanan sehat agar tubuh memiliki daya tahan yang baik dan mudah terhindar dari banyak penyakit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab