Sponsors Link

Kenapa Sinusitis Kambuh Setelah Operasi? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Sinusitis kambuh setelah operasi apa penyebabnya? Penyebab sinusitis datang lagi bisa dibilang sangat banyak. Hal ini dikarenakan penyakit bahaya sinusitis ke otak adalah penyakit infeksi dan peradangan pada sinus. Operasi sinusitis adalah tindakan pengobatan dimana salah satu tindakannya yaitu membersihkan kelenjar yang mengeras di area sinus. mantan pasien penderita sinusitis akan kembali mengalami penyakit ini kembali jika mengalami beberapa kondisi di bawah ini:

ads

1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri yang menyebabkan saluran pernafasan terganggu dan menjadikan saluran tersebut sebagai tempat berkembang biaknya bakteri. Saat bakteri buruk ini dibiarkan berkembang biak, tidak menutup kemungkinan proses terapi sinusitis akut akan terhambat atau malah kembali ke kondisi yang lebih buruk. Tindakan pencegahan terhadap infeksi bakter ini sangat dianjurkan agar proses penyembuhan penyakit sinusitis setelah operasi dapat berlangsung lancar dan cepat. Memakai masker saat berkomunikasi dengan orang lain dan saat beraktifitas di luar ruangan perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri.

2. Infeksi Jamur

Jamur merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit sinusitis dan bahkan mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh, termasuk terhadap sinusitis. Penyebaran jamur yang mudah, yaitu melalui udara menjadikan jamur cukup cepat menginfeksi para penderita sinusitis dan menyebabkan bahaya sinusitis frontalis kambuh lagi meskipun telah dilakukan tindakan operasi. Masker adalah filter pertama yang akan menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut. Oleh karena itu masker perlu dipakai saat proses pemulihan penyakit sinusitis.

3. Infeksi Virus

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi kambuhnya sinusitis meskipun telah dilakukan operasi adalah terinfeksinya sinus oleh virus. Virus influenza adalah virus utama yang menyebabkan sinusitis kambuh lagi. Jika ingin menghindari sinusitis kambuh kembali pasca operasi, sebaiknya menjauh dari orang-orang yang sedang sakit flu atau memakai masker jika berhadapan dengan penderita flu atau pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Penyebaran virus influenza sangat cepat dan mudah karena virus ini dapat menyebar melalui udara.

4.  Alergi

Alergi debu merupakan pemicu utama kambuhnya sinusitis. Seseorang yang mempunyai ciri-ciri batuk alergi terhadap debu atau polusi udara sangat rentan mengalami flu atau pilek. Tidak menutup kemungkinan, sinusitis akan kembali kambuh setelah dilakukan operasi sinusitis. Selalu memakai masker adalah cara yang tepat untuk menghalau debu atau polusi udara yang ingin masuk ke dalam sistem pernafasan sehingga kambuhnya sinusitis dapat dicegah.

5. Mengidap HIV/AIDS

Virus HIV ini sebenarnya bukan penyebab langsung terjadinya sinusitis pada penderita. Virus ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sampai tidak berfungsi lagi. Saat ini sistem kekebalan tubuh sudah tidak berfungsi, maka sedikit saja virus, bakteri, atau jamur akan memperburuk kondisi tubuh tanpa bisa dilawan oleh tubuh. Maka dari itu, virus yang menyebabkan flu ini bisa dibilang biang dari segala penyakit. Mikroorganisme buruk akan dengan mudah untuk merusak tubuh, dalam hal ini sinusitis kambuh setelah operasi tentunya tidak akan sembuh jika tidak ada pertolongan dari luar tubuh.

6. Asap Rokok

Sponsors Link

Asap rokok yang dihisap oleh saluran pernafasan akan menyebabkan flek pada paru-paru. Seperti yang kita ketahui bersama, tidak ada satupun hal baik dari asap rokok yang berguna pada tubuh kita. Jika asap rokok terus menerus masuk ke dalam saluran pernafasan kita, penyakit saluran pernafasan seperti penyakit paru-paru akan membuat penyakit ciri-ciri sinusitis kambuh kembali. Jika terjadi penyakit saluran pernafasan dan sinusitis, maka metode penyembuhan akan semakin susah karena penyakit saluran pernafasan harus disembuhkan terlebih dahulu, setelah itu penyakit sinusitis baru bisa disumbuhkan kemudian. Sebaiknya menjauhi asap rokok, tidak menjadi perokok aktif maupun perokok pasif.

7. Berenang dan Menyelam

Berenang atau menyelam di kolam yang airnya mengandung klorin dapat memicu kambuhnya penyakit sinusitis. Saat menyelam pun, hidung bagian sinus akan merasa tertekan oleh air dan dapat terjadi peradangan pada hidung. Untuk mempercepat penyembuhan penyakit sinusitis pasca operasi atau menghindari kambuhnya penyakit sinusitis, sebaiknya dihindari olahraga berenang atau menyelam agar hidung dan sinus tidak terganggu kembali.

Sponsors Link

8. Polip

Ukuran polip bisa menjadi penyebab tidak langsung terjadinya penyakit sinusitis. Polip yang berukuran kecil akan membuat seseorang susah untuk bernafas dan dapat menekan sinus. Polip kecil ini bukan termasuk ganas, akan tetapi ukuran yang tidak normal ini perlu diperhatikan oleh orang yang mempunyai ukuran polip kecil tersebut. Tertekannya sinus oleh karena susahnya saluran pernafasan ini dapat menyebabkan seseorang mengalami pusing karena sinusitis dan sakit di bagian depan, diantara hidung dan dahi bagian tengah. Jika dibiarkan, kondisi yang menggangu ini akan menghambat aktifitas penderitanya. tindakan operasi ini biasa dilakukan jika polip ini tidak bisa diatasi dengan cara terapi.

Sinusitis kambuh setelah operasi apa penyebabnya? Ternyata cukup banyak juga penyebabnya. Dari penjelasan di atas, tindakan operasi sinusitis memang dapat menyembuhkan penyakit sinusitis akan tetapi bukan tidak mungkin penyakit tersebut akan kembali lagi. Pola hidup yang baik, menghindari pemicu timbulnya kembali penyakit sinusitis adalah tindakan efektif untuk mencegah datangnya lagi penyakit sinusitis ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan