Sponsors Link

Khasiat Daun Saga Untuk Batuk Segera Langsung Sembuh

Sponsors Link

Mungkin anda sudah tahu bahwa pada dasarnya terdapat dua jenis batuk, yakni batuk basah atau batuk berdahak dan yang kedua disebut dengan batuk kering atau batuk tidak berdahak. Untuk batuk basah merupakan sebuah kondisi dimana ketika seseorang mengalami batuk maka orang tersebut juga disertai akan mengeluarkan dahak atau lendir. Sementara untuk batuk kering adalah kondisi dimana ketika seseorang mengalami batuk maka tidak disertai dengan keluarnya dahak atau lendir.

ads

Banyak orang yang menganggap remeh kondisi batuk yang dialaminya karena memang biasanya batuk tersebut akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika misalnya batuk tersebut tidak kunjung sembuh maka tentunya anda harus segrea melakukan pengobatan agar supaya batuk yang anda alami cepat sembuh.

Terdapat banyak pengobatan batuk yang bisa anda pilih, mulai dari pengobatan herbal sampai dengan pengobatan dengan mengkonsusmi obat – obatan yang mengandung bahan kimia yang mana tentu obat tersebut akan menimbulkan efek samping terhadap siapapun yang mengkonsumsinya.

Maka dari itu, kami menyarankan anda untuk lebih memilih menggunakan pengobatan herbal. Salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan daun saga yang memang terbukti sangat ampuh untuk membantu mengobati batuk yang anda alami.

Khasiat Daun Saga Untuk Batuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun saga memang bermanfaat untuk mengobati batuk. Di dalam daun saga memang mengandung beberapa zat yang bisa digunakan untuk membantu meredakan tenggorokan yang biasanya berhubungan dengan lendir atau dahak yang menyebabkan tenggorokan anda mengalami infeksi.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi yang berkaitan dengan khasiat daun saga untuk batuk yang wajib anda ketahui.

 1. Khasiat Daun Saga Untuk Batuk Kering

Khasiat daun saga yang pertama adalah digunakan untuk membantu mengobati batuk kering. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa batuk kering merupakan kondisi batuk yang tidak disertai dengan keluarnya dahak. Meskipun anda tidak mengeluarkan dahak, namun tetap saja kondisi ini akan sangat mengganggu jika tidak segera anda obati.

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk membuat ramuan dari daun saga adalah seperti di bawah ini:

Bahan – bahan yang harus anda siapkan antara lain:

  • Beberapa lembar daun saga
  • Air sebanyak 2 sampai 3 gelas
  • Garam

Langkah yang harus anda lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Yang pertama anda harus mencuci daun saga yang sudah adna siapkan sebelumnya sampai bersih. Disarankan untuk mencucinya dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Kemudian anda masak air yang sudah anda siapkan tadi dengan menggunakan api sedang dan tunggu sampai kira – kira sudah mau mendidih.
  • Yang ketiga adalah anda tinggal memasukkan daun saga tadi dan bisa anda campurkan dengan air yang sudah anda masak kemudian anda aduk secara perlahan – lahan sampai air benar – benar mendidih.
  • Yang terakhir adalah anda hanya tinggal meminum air rebusan daun saga tadi. Minum ramuan tersebut secara rutin, yakni minimal anda meminumnya sebanyak 2 kali sehari.
  • Anda juga bisa menambahkan sedikit garam untuk semakin menambah khasiatnya.
Sponsors Link

2. Khasiat Daun Saga Untuk Batuk Berdahak Karena Pilek

Khasiat daun saga yang kedua adalah digunakan untuk membantu mengobati batuk basah atau batuk berdahak yang disebabkan karena seseorang tersebut terkena pilek. Mungkin anda sudah tahu bahwa batuk yang disebabkan oleh pilek maka tentunya hal ini berkaitan dengan batuk berdahak yang mana ketika anda batuk maka akan disertai dengan keluarnya lendir atau dahak. Pengobatan ini juga bisa anda lakukan dengan cara membuat rebusan daun sirih untuk obat batuk dan obat tradisional batuk TBC.

Jika kondisi ini anda biarkan begitu saja maka tentu lendir yang menumpuk di saluran pernapasan anda akan semakin menginfeksi dan kondisi juga semakin lama semakin parah. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan tentang bagaimaan cara mengolah daun saga untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh pilek.

Bahan – bahan yang harus anda siapkan adalah seperti di bawah ini:

  • Beberapa daun saga
  • Air sebanyak 2 sampai 3 gelas
  • Gula jawa / garam
Sponsors Link

Cara yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Anda harus mencuci daun saga yang anda siapkan tadi sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir
  • Anda masak air yang sudah anda siapkan dengan menggunakan api sedang dan kemudian anda tunggu sampai mendidih
  • Selanjutnya yaitu anda rendam daun saga ke dalam air yang sudah anda masak dan tunggu sampai benar – benar mendidih
  • Kemudian yang harus anda lakukan adalah ketika daun saga tersebut sudah tercampur dengan air yang mendidih maka kemudian anda peras daun saga yang sudah anda rendam tersebut hingga nanti keluar cairan hijau yang lumayan pekat
  • Kemudian anda hanya tinggal mengkonsumsinya. Biasanya ramuan ini dicampur dengan gula jawa atau gula pasir, namun kami sarankan agar anda tidak perlu mencampurnya.
  • Minum ramuan ini secara rutin untuk semakin meningkatkan khasiat dari pengobatan dengan menggunakan daun saga tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan khasiat daun saga untuk batuk. Semoga informasi ini bisa membuka wawasan kita semua serta bisa meningkatkan kewaspadaan mengenai pentingnya menjaga kesehatan agar tidak sampai terkena batuk maupun kondisi lainnya yang tentunya sangat mengganggu jika tidak segera diobati.

Selain menggunakan pengobatan di atas, anda juga mengobati batuk yang anda alami dengan khasiat belimbing wuluh untuk batuk, khasiat jeruk nipis untuk flu, dan juga obat tradisional batuk berlendir.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal