Sponsors Link

4 Macam Obat Untuk Ingus Berwarna Kuning Paling Manjur

Sponsors Link

Obat untuk ingus berwarna kuning umumnya dibutuhkan karena adanya infeksi yang menjangkit tubuh Anda. Sebenarnya pilek yang menyebabkan keluarnya ingus ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun apabila batuk pilek anak sering kambuh disertai ingus ini tak kunjung sembuh maka sebaiknya Anda melakukan penanganan dengan segera.

ads

Ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pengobatan. Hal ini agar Anda mendapatkan diagnosa yang tepat dari dokter mengenai penyebab ingus Anda yang berwarna kuning tersebut. Bila ingin mengobati pilek serta ingus berwarna kuning yang Anda alami, maka Anda juga bisa mencoba untuk mengonsumsi beberapa bahan di bawah ini.

1. Air Putih

Air putih wajib dikonsumsi minimal 2 liter tiap hari atau minimal 8 gelas per harinya. Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Air putih juga berguna untuk pemulihan tubuh dari penyakit. Air putih juga tentunya dapat digunakan untuk menyembuhkan pilek dan ingus yang berlendir. Air putih pada dasarnya dapat mengencerkan batuk keluar lendir campur darah pada ingus. Selain itu juga dapat mencairkan dahak yang umumnya menyertai pilek. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin maka Anda akan terhindar dari dehidrasi.

2. Jeruk Nipis dan Madu

Khasiat jeruk nipis untuk flu dan madu dapat dikombinasikan untuk mengatasi pilek dan flu. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok madu dan perasan sebuah jeruk nipis pada air hangat. Campuran tersebut dapat diminum sebanyak tiga kali dalam sehari untuk meredakan pilek dan flu yang Anda alami.

Beberapa dokter menyatakan bahwa jeruk nipis dapat digunakan untuk mengencerkan dahak berwarna putih kental dan sebagai anti radang. Sedangkan madu dapat digunakan untuk melindungi bakteri-bakteri yang bersifat baik di dalam tubuh. Adapun air hangat berfungsi untuk memperlancar pembuluh darah. Namun jika setelah tiga hari penyakit Anda tidak kunjung sembuh maka Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang pada dasarnya dapat larut dalam air. Vitamin C sebenarnya memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai macam batuk pasca operasi amandel. Oleh karena itu vitamin C disebut juga sebagai vitamin antioksidan. Sebab vitamin C ini dapat digunakan untuk menangkal berbagai macam radikal bebas pada tubuh Anda.

Vitamin C dapat dijumpai pada beberapa buah seperti lemon, jeruk, tomat, atau strawberry. Vitamin C juga dapat dijumpai pada beberapa sayur seperti asparagus, kol, dan kentang. Vitamin C juga dapat ditemukan pada beberapa bahan makanan seperti susu, mentega, ikan, dan hati.

4. Pseudoefedrin

Pseudoefedrin merupakan obat simpatomimetik yang dapat digunakan sebagai dekongestan untuk obat batuk karena asam lambung tinggi. Anda dapat memperoleh obat jenis ini di apotek sebab obat ini dijual secara bebas. Namun Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini. Dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang tepat dan prosedur pemakaian yang tepat pula.

Itulah tadi beberapa macam obat untuk ingus berwarna kuning yang dapat dicoba untuk mengatasi pilek. Dengan melakukan pengobatan yang teratur maka penyakit diharapkan dapat segera sembuh. Apalagi jika ditambah dengan asupan makanan yang bernutrisi tinggi untuk mempercepat pemulihan. Tentunya aktivitas jadi tidak terganggu oleh batuk karena masuk angin dan pilek seperti yang diharapkan.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan