Sponsors Link

3 Khasiat Daun Mint Untuk Batuk Yang Terbukti Efektif

Sponsors Link

Salah satu keluhan kesehatan yang sering dialami terutama oleh seseorang yang sistem ketahanan tubuhnya menurun yakni batuk. Batuk yang dialami tersebut umumya disebabkan karena tubuhnya bereaksi terhadap hal – hal berupa benda atau zat asing yang bisa membahayakan kesehatan orang tersebut.

ads

Batuk juga biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika batuk yang anda alami sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama yaitu minimal 3 minggu, maka tentunya anda sudah harus mulai mencari cara untuk mengobati batuk yang anda alami tersebut.

Salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan daunt mint yang memang sudah teruji khasiatnya. Daun mint merupakan salah satu daun yang sangat bemanfaat untuk membantu mengobati berbagai gangguan yang anda alami. Aroma yang sangat menyegarkan ini banyak digunakan untuk penambah bau atau aroma pada masakan.

Beberapa Kegunaan Daun Mint

Secara umum, memang banyak khasiat atau manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun mint. Manfaat yang paling sering anda temukana adalah digunakan untuk mengobati masalah tenggorokan anda karena memang sifat daun mint yang meyejukkan serta menyegarkan.

Daun mint juga bisa digunakan untuk membantu mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan pencernaan anda seperti perut kembung, sakit perut, maupun juga digunakan untuk membantu mengatasi masuk angin. Selain itu, manfaat lain dari daun mint adalah digunakan untuk keperluan kosmetik yang mana sudah banyak produk kosmetik yang menggunakan daun mint sebagai bahan utama yang terkandung di dalam kosmetik tersebut.

Khasiat Daun Mint Untuk Batuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun mint bisa digunakan untuk membantu mengobati batuk yang anda alami, yang mana kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa jadi menjadi pemicu anda terkena gangguan yang mungkin bisa lebih parah.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai apa saja khasiat daun mint untuk batuk yang mungkin anda belum ketahui.

1. Khasiat Daun Mint Untuk Batuk Berdahak

Khasiat daun mint yang pertama adalah bisa digunakan untuk membantu mengobati batuk berdahak atau yang disebut dengan batuk basah. Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang mana akan disertai dengan keluarnya lendir atau dahak yang disebabkan karena tenggorokan anda mengalami peradangan.

Biasanya seseorang yang terlalu lama membiarkan kondisi batuk berdahak ini akan mengalami sakit pada bagian tenggorokan ketika ia batuk. Maka dari itu, pengobatan menggunakan daun mint merupakan solusi yang tepat yang bisa anda lakukan. Adapun cara pengobatan dengan menggunakan daun mint adalah seperti di bawah ini:

Bahan – bahan yang harus anda siapkan yaitu:

  • Daun mint secukupnya
  • Jeruk nipis sebanyak satu buah
  • Madu secukupnya atau kurang lebih 2 sampai 3 sendok
  • Air

Cara mengolahnya seperti di bawah ini:

Sponsors Link

  • Anda harus mencuci daun mint terlebih dahulu sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir
  • Selanjutnya anda harus memanaskan air dengan menggunakan api sedang dan tunggu sampai benar – benar sudah mendidih
  • Setelah itu, anda masukkan daun mint yang sudah anda cuci tersebut ke dalam gelas
  • Air yang sudah mendidih tadi kemudian anda masukkan ke dalam gelas yang sudah berisi daun mint
  • Kemudian anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya dan baru kemudian anda bisa menambahkan madu
  • Aduk semuanya sampai merata dan yang terakhir adalah anda hanya perlu meminumnya selagi masih hangat.
  • Minum ramuan ini sebanyak minimal 2 kali dalam sehari, yakni pada waktu pagi dan sore hari

2. Khasiat Daun Mint Untuk Karena Pilek

Khasiat daun mint yang kedua adalah digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh pilek. Hal ini tentunya sama dengan khasiat belimbing wuluh untuk batuk maupun juga khasiat jeruk nipis untuk flu dan batuk yang memang sangat efektif.

Sponsors Link

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk pengobatan pada batuk yang disebabkan oleh pilek tidak jauh berbeda dengan ketika anda menggunakan daun mint untuk pengobatan batuk berdahak anda karena memang seseorang yang mengalami batuk karena pilek tentunya menyebabkan orang tersebut mengalami batuk berdahak.

Daun mint yang nanti digunakan akan memberikan efek menyegarkan terhadap tenggorokan anda dan juga kemudian akan membantu meredakan lendir atau dahak yang sebelumnya menyumbat hidung anda. Selain itu, daun mint juga nantinya akan bekerja untuk mengurangi radang tenggorokan yang memang disebabkan oleh lendir atau dahak tadi yang sudah menginfeksinya.

3. Khasiat Daun Mint Untuk Batuk Alergi

Khasiat daun mint yang terakhir adalah digunakan membantu mengobati batuk yang disebabkan karena orang tersebut terkena alergi. Alergi yang dialami bisa bermacam – macam. Ada yang terkena alergi karena menghirup asap kendaraan bermotor atau ada juga yang mengalami alergi karena mencium sesuatu seperti bunga. Maka dari itu, jika batuk alergi yang anda alami tidak kunjung sembuh maka anda bisa menggunakan daun mint sebagai pengobatan anda karena memang sudah terbukti efektif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Ada beberapa hal lain yang juga tidak kalah penting seperti minum obat batuk saat menstruasi, obat suara hilang karena batuk, dan juga obat batuk untuk penderita maag atau dispepsia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal