Sponsors Link

3 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Flu yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Setiap buah pasti memeliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Jeruk nipis merupakan salah satu buah-buahan yang banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dengan cara meningkatkan sisem imun manusia. Meskipun rasa jeruk nipis memang asam, lebih kecut dari jeruk peras, namun khasiatnya sangat banyak terutama untuk mengobati flu. Hal ini disebabkan buah jeruk nipis mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, minyak limonene, flavonoid, naringin, zat besi dan fosfor.  Mungkin sudah tidak asing lagi cara mengatasi flu dengan terapi uap untuk flu akan tetapi berbahaya ketika sering diterapi. Ada beberapa cara dalam mencegah flu, salah satunya adalah mengkonsumsi vitamin untuk flu. Pada  artikel ini akan dibahas secara lengkap khasiat jeruk nipis untuk flu.

ads

Hal yang biasa ketika musim hujan atau musim peralihan akan berdampak terkena penyakit flu. Akan tetapi kebanyakan orang mengobati flu dengan cara minum obat medis  sebagai contoh obat flu disertai sakit kepala atau cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu. Apabila dilakukan secara rutin atau berkelanjutan maka akan membahayakan bagi tubuh. Ingat, bahan kimia akan membahayakan bagi tubuh jika rutin dilakukan. Selain mengkonsumsi obat, penyakit flu ini dapat diobati dengan cara non medis seperti mengkonsumsi sayuran yang bagus untuk flu. Oleh sebab itu pada artikel ini akan dibahas mengenai khasiat jeruk nipis untuk flu. Karena jeruk nipis itu murni alami maka tidak perlu khawatir tidak ada efek samping dari mengkonsumsi jeruk nipsi secara rutin.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Flu

  • Mengobati batuk akibat flu

Tidak menutup kemungkinan flu dapat berdampak pada batuk. Batuk ini muncul ketika sudah terkena flu. Batuk ini akan menggangu penderita dalam berkomunikasi secara verbal serta makan. Hal ini akan membuat penderita tidak nyaman dalam melakukan aktifitasnya. Oleh sebab itu batuk ini harus diobati secepatnya.

cara menggunakannya:

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis dan peras airnya
  2. Kemudian campur dengan kecap manis satu sendok makan
  3. Minumlah sedikit demi sedikit ramuan tersebut untuk mengurangi batuk
  4. Anda juga bisa mencampur air perasan jeruk nipis dengan satu sendok madu dan garam
  5. Kemudian diminum 2 kali sehari sampai batuk sembuh
  • Mengobati sakit tenggorokan akibat flu

Sejalan dengan batuk, sakit tenggorokan juga dapat muncul ketika terkena flu. Hal ini akan membuat penderita tidak nyaman dalam melakukan aktifitasnya seperti berbicara dan menelan makanan. Oleh sebab itu sakit tenggorokan harus segera disembuhkan.

cara menggunakannya:

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis dan peras airnya
  2. Tambahkan satu sendok makan kecap manis, satu sendok makan madu dan sedikit garam
  3. Minumlah sedikit demi sedikit ramuan tersebut untuk mengurangi sakit tenggorokan
  4. Ulangi aktifitas tersebut minimal 2x sehari sampai sakit tenggorokan Anda sembuh
  • Mengobati pilek 

Pilek berbeda dengan flu. Pilek merupakan kondisi hidung yang susah bernapas karena ada lendir atau cairan yang menyumbat saluran pernapasan tepatnya di dalam rongga hidung. Hal ini juga akan berdampak buruk bagi penderita karena merasa tidak nyaman dalam melakukan aktifitasnya seperti bernapas, suara menjadi berubah dan cepat capek. Oleh sebab itu proses penyembuhan pilek harus segera dikerjakan.

Cara menggunakanya: 

Sponsors Link

  1. Siapkan 1 jeruk nipis dan iris jeruk nipis
  2. Peras jeruk nipis dan tampung airnya pada gelas
  3. Tuangkan air panas ke dalam gelas
  4. Aduk dan tunggu beberapa saat hingga tercampur merata
  5. Tambahkan madu secukupnya, dan minum campuran madu dan air peras jeruk nipis tersebut
  • Mengobati demam disertai flu

Terkadang ketika demam akan timbul flu. Ketika demam kondisi tubuh sudah lemas akan berdampak nafsu makan menurun, berat badan menurut, tingkat produktifitas menurun dan kondisi buruk lainnya. Oleh sebab ini harus segera diobati agar kembali ke kondisi semula.

Cara menggunakannya:

Cara 1:

  1. Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas
  2. Tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa
  3. Oleskan pada kening penderita

Cara 2:

  1. Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu
  3. Minum segera sampai habis
  • Mengobati radang tenggorokan
Sponsors Link

Hal ini serupa dengan sakit tenggorokan. Penyakit ini bisa muncul ketika kondisi tubuh mulai melemah, daya tahan tubuh mulai berkurang dan terserang flu. Oleh sebab itu obati dengan cara yang cepat dan tepat radang tenggorokan ini.

Cara menggunakannya:

  1. Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras
  2. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas
  3. Tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata
  4. Kumur segera ramuan itu selama 2-3 menit
  5. Lakukan hal serupa 3 kali sehari sampai radang tenggorokan menghilang
  • Mengobati lendir tenggorokan

Penyakit ini seperti halnya sakit tenggorokan atau radang tenggorokan akan tetapi ada lendir atau cairan yang terdapat di dalam tenggorokan. Cairan itu wajib dikeluarkan agar tidak sakit pada penderita. Cairan ini akan berdampak buruk bagi penderita kalau tidak dikeluarkan seperti sulit berbicara dan sulit menelan makanan. Oleh sebab itu lendir tenggorokan ini harus dihilangkan atau dikeluarkan dari tenggorokan dengan cara membuat ramuan tradisional.

Cara menggunakannya:

  1. Siapkan dan potong 2 buah jeruk nipis, lalu peras airnya dan tampung di gelas
  2. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata
  3. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong

Nah, seperti itu khasiat jeruk nipis untuk flu yang belum banyak orang pahami. Bagi Anda yang sekarang merasakan sakit flu atau gejalanya seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, radang tenggorokan atau lendir di tenggoka maka silahkan Anda cara – cara tradisional diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (baca juga : flu dapat menyebabkan kematian)

, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan