Sponsors Link

69 Obat Batuk dan Pilek Tradisional Untuk Bayi dan Orang Dewasa

Sponsors Link

Sebelum kita melihat beberapa jenis obat tradisional untuk mengobati batuk dan flu, mari kita lihat mengapa mengobati batuk dan pilek menggunakan obat tradisional lebih baik dari pada obat kimia. Berikut adalah beberapa rempah – rempah dan berbagai macam obat-obatan alami untuk menyembuhkan batuk dan pilek, yang cocok untuk anak bayi dan orang dewasa sebagai berikut:

ads

1.Air Putih

Obat batuk dan pilek tradisional untuk menyembuhkan segala jenis penyakit adalah dengan memperbanyak asupan cairan ke dalam tubuh kita. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air dapat anda minum dalam keadaan hangat atau pun dingin. Akan tetapi untuk penderita batuk dan pilek dapat meminum air hangat. Di karenakan air hangat dapat melegakan tenggorokan anda yang sakit dikarenakan batuk dan meredakan batuk. (Baca juga: Jenis-jenis Batuk)

Artikel Terkait:

2. Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jerulk, pepaya, semangka, apel dan buah lainnya dapat meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh anda. Selain itu, buah – buahan yang mengandung vitamin C juga dapat meningkatkan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan segala macam virus yang masuk ke dalam tubuh kita dan salah satunya adalah virus flu yang menyebabkan batuk dan pilek. (Baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

3. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah rumahan yang dapat dengan mudah anda temukan dimana pun. Jahe mengandung senyawa anti virus yang alami yang dapat membantu tubuh anda dalam menyingkirkan virus di dalam tubuh anda, termasuk virus influenza. Cara pengobatan dengan jahe juga mudah dan ada berbagai cara. Salah satunya adalah dengan teh jahe. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan beberapa irisan jahe ke dalam teh hangat. Cara lain adalah dengan memotong beberapa jahe untuk di tumbuk. Lalu, di masukkan ke dalam air hangat dan di campuk dengan satu sendok makan madu untuk sebagai perasa manis yang alami.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu rempah – rempah yang wajib ada di setiap masakan nusantara. Banyak yang mengira bahwa bawang putih hanya sebagai penambah rasa pada masakan, akan tetapi pada bawang putih terdapat senyawa kimia yang bersifat antibiotik alami. (baca juga: Gejala Influenza)

5. Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Makann yang mengandung nutrisi tinggi sangat baik di konsumsi pada saat anda mengalami batuk dan pilek. Selain sebagai penambah tenaga ketika tubuh anda sedang lelah sebagai akibat dari virus tersebut. Berbagai macam makanana bernutrisi adalah seperti:

  • Nasi dan pisang. Sebagai penenang untuk perut yang sakit akibat batuk dan pilek.
  • Buah. Seperit jambu, jeruk, apel, bluberry dan lain sebagainya sebagai sumber vitamin C.
  • Teh hijau atau teh hitam.
  • Sup ayam.

6. Madu

Sponsors Link

Madu adalah salah satu obat batuk alami yang dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan batuk. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia dan melegakan juga mengurangi gatal atau pun iritasi pada tenggorokan. Akan tetapi, ada baiknya jika madu tidak di berikan kepada anak yang berusia di bawah dua tahun.

7. Peppermint

Obat alami yang dapat menyembuhkan batuk dan pilek selanjutnya adalah peppermint. Pepermint mengandug senyawa mentol, dimana yang seperti kita ketahui, senyawa mentol ini dapat mengencerkan dahak dan juga melegakan saluran pernafasan. Cara mengkonsumsinya pun sangatlah mudah, hanya dengan menambahkan pepermint kedalam teh hangat and beberapa sendok madu. Anda dapat meminum teh peppermint ini sebanyak satu sampai dua gelas per hari. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak)

8. Teh Elderberry 

Elderberry adalah salah satu tanaman khas benua eropa yang dikenal memilikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah sebagai obat pengobatan gangguan pernafasan yang telah di percaya sejak lama, termasuk batuk dan pilek. Ekstrak teh elderberry dikenal sebagai salah satu anti virus dan anti inflamasi alami yang paling ampuh. Cara terpopuler untuk mengkonsumsi elderberry ini adalah dengan mencampurkannya ke dalam teh hangat.

9. Air Garam

ads

Garam adalah salah satu perasa yang wajib ada di dapur kita.  Tahukah anda bahwa memiliki senyawa anti bakteri dan anti virus alami. Air garam dapat digunakan sebagai pengganti obat kumur. Dengan berkumur menggunakan air garam maka hal tersebut dapat membunuuh kuman dan bakteri penyebab batuk dan pilek dan menjaga kesehatan mulut anda. Air garam juga dapat membantu melembabkan tenggorokan. (baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

10.  Obat dengan campuran lada dan madu

Lada adalah satu lagi obat batuk dan pilek tradisional yang dapat kita buat di rumah kita sendiri. Cara membuatnya juga sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan lada dan satu sendok madu kedalam segelas air mendidih lalu aduk hingga rata. Tunggu lah hingga airnya menjadi hangat baru di minum.

Artikel lainnya:

Selain sepuluh cara diatas, ada beberapa obat tradisional lain yang dapat menyembuhkan batuk dan pilek sebagai berikut:

  1. Mandi air hangat
  2. perbanyak konsumsi sayur
  3. Mandi uap
  4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung cabai
  5. Beristirahat total
  6. Obat tradisional dari campuran madu dan jahe (Baca juga: Cara Mengobati Asma)
  7. Obat tradisional dari campuran jeruk nipis dan kecap
  8. Obat tradisional dari campuran air jeruk hangat
  9. Obat tradisional dari campuran air jeruk nipis hangat
  10. Mengkonsumsi permen jahe
  11. Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan
  12. Mengkonsumsi aneka jus buah (Baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Gatal)
  13. Tidur dengan menggunakan bantal yang tinggi
  14. Berkumur dengan kemenyan dan air hangat.
  15. Ekspektoran alami.
  16. Jus Pir Korea.
  17. Tim Pir dan Lo Han Kuo.
  18. Honey orange tea.
  19. Honey Kobei.
  20. The Madu Kencur.
  21. Angacau.
  22. Wedang Uwuh.
  23. Kuwut Bali.
  24. Honey coconut.
  25. Honey ginger tea.
  26. Seduhan Kapulaga.
  27. Seduhan Kayu manis.
  28. Herbal Tea.
  29. Herbal Lemon Tea.
  30. Herbal Ginger Tea.
  31. Chai Tea Latte.
  32. Black Tea.
  33. Chamomile tea.
  34. Matcha Tea.
    Sponsors Link

  35. Camellia Tea.
  36. Floral tea.
  37. Lemon Carrot Juice.
  38. Jus Melon.
  39. Jus Brocolli.
  40. Jus Banana Mango.
  41. Jus Aloevera Sirsak.
  42. Jus wortel belimbing.
  43. Jus Buah Naga Jambu biji.
  44. MARY Jus.
  45. Jus Semangka Jeruk Nipis.
  46. Jus Pir Anggur.
  47. Jus Pisang Kurma Susu.
  48. Jus Apel.
  49. Milkshake strawberry.
  50. Jus Pepaya Guava.
  51. Jus Pir Kiwi.
  52. Jus Kiwi Bayam.
  53. Jus Pisang Bayam.
  54. Jus mangga Kiwi.
  55. Berry Kiwi Juice.
  56. Jus Kurma Guava.
  57. Jus Guava.
  58. Jus Nanas Strawberry.
  59. Ginger Milk Tea.

Demikianlah beberapa macam obat tradisional untuk batuk dan pilek yang dapat anda coba dan buat di rumah anda sendiri.

, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan