Sponsors Link

Pilek Tapi Tidak Keluar ingus, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Seseorang yang mengalami pilek tentunya akan sangat mengganggu kita dalam melakukan kegiatan atau aktivitas kita sehari – hari, terlebih lagi jika pilek yang kita alami tidak mengeluarkan ingus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan lama. Sebenarnya di dalam tubuh manusia atau lebih tepatnya pada permukaan tubuh manusia terdapat sebuah kelenjar yang ada di saluran pernapasan dan kelenjar itulah yang nantinya memiliki peran penting agar supaya saluran pernapasan kita selalu dalam keadaan lembab.

ads

Baca tentang hidung keluar darah saat buang ingus. Sementara itu seseorang yang mengalami pilek disebabkan karena adanya penyumbatan yang terjadi di saluran pernapasan yang disebabkan karena kelenjar lendir memproduksi lendir yang lebih banyak dari kondisi biasanya, hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kemungkinan saluran pernapasan tersebut telah kemasukan benda asing yang sudah menetap di saluran pernapasan.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwasanya ada seseorang yang mengalami hidung tersumbat atau pilek, namun dia tidak mengeluarkan ingus. Ada juga seseorang yang mengalami hidung tersumbat sementara dia dalam kondisi baik – baik saja, dalam artian yakni dia tidak sedang menderita flu maupun menderita pilek. Apakah anda tahu penyebabnya? Memang benar, di dalam beberapa kasus seseorang yang mengalami hidung tersumbat disebabkan oleh faktor utama yakni seperti flu dan atau pilek. Namun perlu anda ketahui bahwasanya penyebab dari pilek bukan hanya itu saja, melainkan disebabkan oleh beberapa hal yang akan kami jelaskan di bawah ini. Baca mengenai dahak menggumpal dan berdarah.

  • Kondisi kehamilan

Penyebab dari pilek tidak keluar ingus yang pertama adalah karena seseorang tersebut dalam kondisi sedang hamil. Memang kehamilan yang terjadi akan mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi pada wanita tersebut. Pergeseran hormonal yang lumayan besar dan juga disertai oleh peredaran darah yang ada di dalam tubuh.

Ketika seorang wanita mengalami pembengkakan pada kaki ketika hamil mungkin dia tidak akan terkejut, akan tetapi bagaimana jika dia tiba – tiba mengalami pilek tapi tidak keluar ingus? Hal tersebut perlu anda ketahui bahwa telah terjadi pembengkakan pada selaput hidung. Biasanya seseorang yang mengalami hal tersebut akan disarankan untuk banyak – banyak mengkonsumsi air putih.

  • Tiroid yang tidak bekerja secara efektif

Penyebab dari pilek tidak keluar ingus yang kedua yaitu disebabkan karena tiroid yang tidak bekerja dengan efektif sebagaimana mestinya. Hipotiroidisme adalah suatu kondisi yang mana akan menyebabkan kondisi tubuh tidak bisa menghasilkan hormon tiroid atau thyroid-stimulating hormone yang cukup.

Kondisi inilah yang nantinya bisa menyebabkan kamu mengalami pilek namun tidak ada ingus yang keluar padahal kamu dalam kondisi yang baik – baik saja. Akan tetapi tidak hanya itu saja, penyakit ini juga biasanya akan menunjukkan gejala lainnya yakni seperti sembelit atau konstipasi, kulit menjadi kering, merasa dingin, dan juga bisa ditunjukkan dengan gejala lain yaitu seperti kelelahan. Baca juga tentang bayi ingusan terus-menerus.

  • Sinusitis

Penyebab dari pilek tidak keluar ingus yang ketiga adalah disebabkan karena dia mengalami penyakit sinus atau yang juga biasanya disebut dengan peradangan sinus. Seseorang yang mengalami pilek namun tidak keluar ingus dan juga penyakit yang di alami tersebut relatif sulit untuk ditangani dengan obat – obatan biasa maupun dengan istirahat yang cukup. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan dia sedang mengalami penyakit sinusitis. Gejala lainnya yang lebih parah yang biasanya di alami adalah seperti mengeluarkan ingus seperti nanah serta akan mengalami suatu rasa sakit yang lumayan menyakitkan yang terdapat di area sekitar sinus.

Sponsors Link

  • Polip Hidung

Selain disebabkan karena infeksi sinus, penyebab pilek tapi tidak keluar ingus yang lainnya adalah karena seseorang tersebut terkena penyakit polip hidung. Apakah anda sudah mengetahui tentang polip hidung? Polip hidung adalah suatu pertumbuhan akan tetapi masih tergolong dalam sifat non-kanker yang mana penyakit tersebut biasanya terjadi pada saluran sinus maupun saluran hidung meskipun memang dalam beberapa kasus tidak menyebabkan bahaya pada penderitanya.

Akan tetapi jika dilihat secara fisik, penyakit polip hidung tersebut nantinya akan menyebabkan terhalangnya saluran udara yang masuk yang mana akan menyebabkan hidung anda mengalami penyumbatan. Biasanya penyakit ini lebih sering di alami oleh beberapa orang yang mudah terkena alergi, asma, atau juga dialami oleh seseorang yang terkena penyakit sinus kronis. Baca tentang penyebab batuk rejan.

  • Tumor rongga hidung

Penyebab hidung tidak keluar ingus yang terakhir adalah karena seseorang tersebut terindikasi terkena penyakit tumor rongga hidung. Perlu anda ketahui bahwa penyakit tumor rongga hidung ini memang jarang ditemukan, baik yang bersifat jinak maupun juga yang bersifat ganas, meskipun begitu bukan berarti anda tidak harus mewaspadainya.

Sebenarnya semua gejala yang merupakan indikasi dari penyakit tumor hidung dan juga penyakit sinus pranasal memiliki kemiripan, sehingga biasanya seseorang yang mengalami penyakit tersebut nantinya hanya akan dilakukan pemeriksaan histopatolog untuk dapat menentukan jenis penyakit yang di alaminya. Demikian informasi yang dapat kami jelaskan, semoga dapat membuka wawasan serta menyadarkan anda mengenai pentingnya mencegah suatu penyakit yang anda alami sebelum nantinya bisa menyebabkannya semakin parah. Semoga bermanfaat. Baca tentang batuk keluar lendir putih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab