Sponsors Link

Batuk Pilek Panas Malam Hari, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami batuk? Ya, batuk memang merupakan suatu kondisi yang terjadi secara alami kepada setiap manusia, mulai dari anak – anak sampai orang tua atau orang lanjut usia sekalipun dapat terkena penyakit batuk.  Batuk biasanya terjadi karna disebabkan tubuh kita merespon terhadap suatu zat atau hal – hal yang dimungkinkan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

ads

Memang, seseorang yang mengalami batuk akan sembuh dengan sendirinya yang mana hal tersebut membuat orang – orang menganggap batuk merupakan hal yang remeh. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa batuk tersebut itulah yang bisa menjadi pemicu atau sebab seseorang terkena penyakit lainnya yang kemungkinan bisa lebih parah dan juga pastinya penanganannya pun lumayan sulit. Baca mengenai penyebab dahak menggumpal dan berdarah.

Mengapa terjadi batuk pilek panas di malam hari?

Sementara itu, bukan hanya batuk yang merupakan kondisi yang alami yang bisa di alami oleh setiap orang, demam juga merupakan suatu kondisi alami yang dapat terjadi pada siapa aja. Demam disebabkan karena sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh kita melakukan perlawanan dan juga perlindungan terhadap zat – zat yang dimungkinkan dapat membahayakan kesehatan tubuh, seperti contohnya virus, bakteri, jamur, dan juga mungkin parasit yang nantinya bisa menempel dan berkembang biak di dalam tubuh kita. Perlu anda ketahui bahwa demam lebih umum menyerang anak – anak karena sistem kekebalan tubuh pada anak-anak masih belum bisa kita katakan sempurna yang pada akhirnya membuat anak tersebut menjadi rentan terserang berbagai macam penyakit.

Seorang anak bisa dikatakan terkena demam ketika dia memiliki suhu tubuh sekitar kurang lebih 37 derajad celcium. Suhu tubuh tersebut kemungkinan juga dapat semakin bertambah tinggi pada saat malam hari, dan juga biasanya akan turun dengan sendirinya hanya dengan mengompres anak itu saja. Secara umum, demam yang terjadi pada anak – anak maupun orang dewasa, bisa dibarengi dengan batuk dan atau pilek yang nantinya mengakibatkan berat badan orang yang terserang penyakit tersebut semakin lama akan semakin menurun, dan juga jika tidak segera ditangani maka bisa mengakibatkan hal yang lebih parah lagi. Akan tetapi, tidak jarang orang yang mengalami batuk dan pilek juga tidak di awali dengan tanda atau gejala apapun yang mana hal tersebut tanpa disadari tiba – tiba mengakibatkan hal yang lebih rumit lagi.

Akibat Penyakit Batuk Pilek di Malam Hari

Demam biasanya lebih sering diakibatkan oleh perubahan cuaca dan atau disebabkan oleh aktivitas yang terlalu padat sehingga nantinya membuat kondisi tubuh orang tersebut semakin lama akan semakin turun dan pada akhirnya membuat dia mudah terserang penyakit, salah satunya yaitu demam. Orang yang mengalami demam pastinya dia tidak akan merasa nyaman karena dia tidak bisa melakukan aktivitas atau kegiatan yang biasa ia lakukan. Baca juga telinga berdengung saat flu.

Penyebab batuk pilek panas malam hari memang bermacam – macam dan juga tidak semua orang akan mengalami hal yang sama. Kenapa demikian? karena setiap orang memiliki kondisi tubuh dan juga tingkat imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang berbeda – beda antara orang yang satu dengan orang lainnya, dan pastinya penanganannya pun akan berbeda. Ada yang hanya diberikan obat biasa kemudian dia langsung sembuh, ada juga yang harus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang lumayan lama kemudian dia baru bisa merasa lebih enakan. Berikut ini akan kemi berikan beberapa penyebab informasi mengenai batuk pilek panas malam hari:

  • Tifus / Demam Tifoid
Sponsors Link

Penyebab batuk pilek panas malam hari yang pertama yaitu disebabkan orang tersebut terkena tifus atau demam tifoid. Demam tifoid merupakan sautu penyakit akut yang mana orang yang terkena penyakit ini akan disertai dengan demam yang mana demam tersebut akan semakin meningkat pada malam hari. Penyakit ini disebabkan oleh serangan bakteri yang bernama Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Jenis bakteri ini biasanya ditemukan di dalam air ataupun bisa juga ditemukan pada makanan yang mana makanan tersebut sudah terkontaminasi oleh zat – zat yang berbahaya yang biasanya disebarkan oleh seseorang pada area yang sama.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit jenis ini umum terjadi pada negara – negara berkembang. Demam tifoid bisa menyerang siapa saja meskipin memang dalam beberapa laporan dijelaskan bahwa demam tifoid lebih sering menyerang anak – anak. Jika anda menemukan atau mengalami tanda – tanda atau gejala yang mengindikasikan anda terkena penyakit tifus, maka anda harus segera menghubungi dokter anda agar supaya nantinya dokter dapat segera melakukan penanganan medis untuk mencegah bakteri Salmonella thyphi semakin berkembang yang mana otomatis hal tersebut akan menyebabkan demam tifoid pada orang tersebut akan semakin parah.

  • Radang Tenggorokan
ads

Penyebab batuk pilek panas malam hari yang kedua yaitu bisa diakibatkan karena seseorang mengalami radang yang terjadi pada tenggorokan. Umumnya, penyakit ini lebih sering menyerang anak – anak meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Penyakit radang tenggorokan biasanya disebabkan karena adanya virus yang telah menginfeksi tubuh dan juga bisa juga diakibatkan karena tubuh seseorang tersebut mengalami kekurangan vitamin.

Seseorang yang terkena radang ternggorokan biasanya akan di awali dengan batuk dan juga pilek, kemudian disertai demam yang mana demam tersebut akan semakin parah pada malam hari yang terkadang membuat dia sampai kesulitan untuk tidur karena sering batuk dan ditambah dengan pilek tersebut. Seseroang yang mengalami sakit tenggorokan pun juga akan mengalami nyeri atau sakit pada saat menelan makanan dan bahkan pada saat dia tidak sedang menelan apapun. Biasanya orang yang mengalami radang tenggorokan, disarankan agar supaya mengkonsumsi air putih sebanyak – banyaknya dan juga disertai dengan pemberian obat yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Baca mengenai penyebab batuk rejan.

  • Mengalami Influenza

Penyebab batuk pilek panas malam hari yang ketiga yaitu disebabkan karena orang tersebut terkena influenza. Influenza atau yang lebih sering dikenal dengan flu adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang telah menginfeksi saluran pernapasan. Biasanya orang yang mengalami flu akan terjadi secara tiba – tiba dan kemudian dapat berlangsung selama kurang lebih 7 atau bahkan 10 hari.

Biasanya orang yang mengalmi flu akan sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa diberikan obat apapapun. Akan tetapi, hal tersebut akan berbeda jika flu tersebut menyerang anak – anak dan juga menyerang orang tua dikarenakan mereka memiliki tingkat kekebalan tubuh yang belum sempurna. Adapun bagi orang tua, disebabkan karena sistem kekebalan tubuh mereka yang semakin lama semakin menurun. Penyakit influenza mudah menyerang seseorang ketika musim hujan. Penyakit ini bisa kita katakan sebagai penyakit yang umum terjadi karena orang bisa mengalami flu minimal satu tahun sekali.

  • Disebabkan oleh Demam Berdarah

Penyebab batuk pilek panas malam hari yang keempat yaitu karena disebabkan oleh serangan nyamuk demam berdarah. Penyakit ini tergolong ke dalam penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani karena dapat menyebabkan kematian.

Penyakit demam berdarah memiliki gejala atau tanda yang lumayan membingunkan seperti demam yang naik turun. Akan tetapi, biasanya seseorang yang terkena penyakit demam berdarah mengalami panas di malam hari dan ketika sudah melewati beberapa hari maka biasanya akan disertai dengan munculnya bintik – bintik merah yang mengindikasikan bahwa seseorang terkena penyakit demam berdarah. Namun, beberapa orang terkadang masih meragukan akan tanda atau gejala tersebut, dan biasanya mereka akan lebih melakukan tes laboratorium untuk meyakinkan perihal penyakit yang sedang ia alami. Baca juga mengenai penyebab batuk pilek disertai mata belekan.

  • Disebabkan oleh Infeksi Saluran Pernapasan
Sponsors Link

Infeksi saluran pernapasan juga bisa menjadi sebab seseorang bisa mengalami batuk pilek disertai dengan panas di malam hari.  Orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan ditemukan banyak lendir yang menumpuk yang terdapat di saluran pernapasannya dan pastinya hal tersebut akan sangat mengganggu karena akan membuatnya kesulitan untuk bernapas. Jika anda mengalami tanda atau gejala yang menunjukkan bahwa anda terkena penyakin infeksi saluran pernapasan, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah penyakit ini agar tidak semakin parah.

  • Sinusitis

Penyebab seseorang mengalami batuk pilek yang disertai dengan panas di malam hari yaitu diakibatkan oleh penyakit sinusitis. Sinusitis merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan atau yang juga disebut dengan inflamasi yang mana infeksi tersebut nantinya akan menyerang dinding sinus. Sinus sendiri adalah merupakan suatu lobang kecil yang mengandung udara yang terletak pada tulang pipi, belakang dahi, dan juga terletak pada dahi.

Penyakit ini bisa menyerang setiap orang baik anak – anak sampai dengan orang tua sekalipun bisa terkena penyakit sinusitis. Umumnya, orang yang mengalami penyakit ini akan di awali dengan batuk, kemudian dilanjutkan dengan pilek dan akhirnya akan mengalami demam yang mana demam tersebut akan semakin tinggi ketika terjadi pada malam hari. Jika anda terindikasi mengalami penyakit sinusitis maka anda harus segera mengobatinya dengan pengobatan awal seperti mengompres hidung dengan air hangat, mengkonsumsi air jahe, dll. Baca juga mengenai penyebab batuk tidak berdahak.

Demikian beberapa ulasan tentang batuk pilek yang terjadi pada malam hari yang bisa anda ketahui beberapa penyebabnya supaya bisa anda tanganin dengan segera.

, , , , ,