Sponsors Link

Bolehkah Saat Flu Berenang? Apakah Berbahaya? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Boleh kah saat flu berenang ? Pertanyaan itu menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian kalangan. Renang merupakan salah satu aktivitas fisik yang baik dalam menyehatkan tubuh, melibatkan semua anggota badan dalam bergerak. Olahraga ini baik untuk segala usia baik orang dewasa maupun anak-anak.

ads

Olahraga renang merupakan kegiatan yang paling aman serta minim cedera ketika sakit melanda, selain itu akitivitas fisik ini bisa membantu menyehatkan jantung, membakat kalori, serta membuat perasaan nyaman ketika sakit datang, serta meningkatkan intensitas dan juga waktu beristirahat, alhasil daya tahan tubuh pun meningkat.

Bolehkah Saat Flu Berenang ?

Olahraga sebenarnya juga berguna untuk membuka saluran hidung serta meredakan hidung tersumbat (penyebab hidung tersumbat) dalam waktu sementara. Bila sedang flu tidak dilarang untuk melakukan aktivitas olahraga, renang sekalipun asalkan aktivitas yang dilakukan dalam taraf ringan hingga sedang, serta tidak diperkenankan berlama lama hingga menurunkan daya tahan tubuh.

Olahraga renang boleh dilakukan bila gejala sakit flu yang ditimbulkan berada pada posisi atas leher hingga hidung, telinga, tenggorokan, kepala, dan tak mengalami demam. Akan tetapi bila gejala yang dirasakan berada pada bawah leher misalnya dada terasa sesak, batuk (jenis-jenis batuk) atau perut terasa sakit dianjurkan untuk tak melakukannya, dan disarankan untuk beristirahat melakukan olahraga apapun hingga tubuh kembali normal alias sehat.

Sebelum berenang, untuk tehindar dari kebingungan bolehkah saat flu berenang ? dan agar mendapatkan manfaat berenang ketika sedang flu sebaiknya perhatikan hal-hal dibawah ini, diantaranya :

  • Jangan terlalu lama berenang, batasi durasi waktu, saat tubuh sudah merasa cukup enak serta sebelum capek melanda segera hentikan kegiatan di dalam air ini. Bila situasi berenang terlalu lama terjadi bisa mengakibatkan kelelehan yang dapat mengakibatkan daya tahan menurun, alhasil bukannya cepat sembuh namun proses penyembuhan sakit flu pun menjadi lama. Baca gerakan yoga untuk menghilangkan batuk.
  • Jangan berenang di dalam kolam renang yang memiliki suhu air terlalu dingin, misalnya berenang di tempat wisata yang berada didataran tinggi ketika hujan tiba. Alangkah baiknya bila berenang di kolam renang air hangat, jika tak ada sebaiknya urungkan untuk berenang.
  • Jangan paksakan berenang bila kondisi tubuh terasa demam, nyeri otot atau kelelahan yang dirasakan di seluruh tubuh.
  • Hentikan segera aktivitas olahraga bila mulai terasa nyeri pada dada atau pun telinga, cukup stop lalu beristirahat.
  • Perbanyak minum air untuk terhidar dari adanya kekurangan cairan alias dehidrasi. Minimal 8 gelas dalam sehari.
  • Hindari berbagi handuk serta meminum dalam satu wadah. Jangan lupa jaga jarak serta cuci tangan sesering yang bisa dilakukan.
  • Konsumsi multivitamin sebelum maupun sesudah berenang. Tak lupa hindari perut kosong atau terjadinya kelaparan.
  • Istirahat yang cukup, minimal 2 jam sebelum berenang sudah melakukan istirahat agar stamina menjadi prima. Setelah renang pun jangan lupa istirahat yang cukup dan hindari begadang.
  • Pilih kolam renang yang bersih. Kolam renang yang ramai akan dihingapi banyak virus dan juga bakteri di dalam air kolam. Maka itu, penting kiranya memilih kolam renang yang rutin dibersihkan agar pertanyaan bolehkah saat flu berenang ? tak membingungkan.
  • Hindari menelan air kolam.
  • Setelah berenang jangan tunda tunda untuk mandi, seger mandi menggunakan sabun antiseptic dan jangan lupa untuk kramas. Dianjurkan untuk menggunakan air hangat.

Apakah Berbahaya ?

Hentikan segera aktivitas olahraga bila mulai terasa nyeri pada dada atau pun telinga, cukup stop lalu beristirahat. Bila gejala yang dirasakan bersinggungan dengan Telinga Hidung Tenggorokan (THT), olahraga berenang dapat menyebabkan situasi yang mengkhawatirkan. Sebab renang bisa membuat gejala yang ditimbulkan menjadi lebih parah.

Bukan itu saja, kandungan klorin dalam kolam tidak membunuh kuman dengan cepat, maka itu bila sedang sakit kemungkinan besar dapat menulari orang lain yang berada di dalam satu kolam renang. Bila merasa tidak ingin menulari orang lain ada baiknya menunda keinginan untuk berenang dan bisa mengantinya dengan kegiatan jalan kaki atau olahraga yang tidak membuat daya tahan menjadi menurun.

Bagaimana? Pertanyaan bolehkan berenang saat flu ? apakah bahayanya ? sudah terjawab ? untuk itu perlu kiranya menambah pengetahuan dengan membaca cara mengobati batuk berdahak, batuk disertai demam tinggi, cara ampuh mengatasi batuk, dan cara menghilangkan dahak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan