Sponsors Link

14 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Akibat Sinusitis yang Ampuh

Sponsors Link

Sakit kepala akibat sinusitis merupakan salah satu gejala yang biasanya dialami oleh orang yang menderita sinusitis. Sinusitis merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan pada bagian dinding sinus dalam rongga hidung. Ketika mengalami sinusitis, pasien bisa mengalami sakit kepala yang menyebabkan tekanan pada area sekitar pipi, mata serta dahi, disertai rasa sakit dibagian tersebut. Gejala sakit kepala ini tentunya membuat kurang nyaman dan harus segera diobati.

ads

Sinusitis dapat dialami oleh pasien di berbagai usia, baik dewasa hingga anak-anak. Sinusitis muncul karena serangan virus yang menyebar melalui saluran pernafasan atas, hingga ke rongga sinus di dalam hidung. Rongga sinus ini mengalami peradangan di bagian dindingnya. Gejala yang dialami seseorang yang terserang penyakit sinusitis juga tidak hanya sakit kepala, beberapa gejala lainya juga muncul seperti demam, sakit tenggorokan hingga hidung menjadi tersumbat. Dalam skala ringan, gejala-gejala ini biasanya bisa hilang dengan sendirinya.

Sakit Kepala Akibat Sinusitis dan Migrain

Ketika sakit kepala muncul karena sinusitis, kemungkinan merupakan sinusitis kambuh setelah operasi yang pernah dialami sebelumnya. Pasien bisa merasakan sakit seperti tertekan terutama di area sekitar wajah. Oleh sebab itu, orang sering menyamakan gejala sakit kepala ini seperti migrain. Walaupun memiliki gejala yang sepertinya hampir mirip, migraine dan sakit kepala akibat sinusitis ini berbeda. Sakit kepala akibat sinusitis dan migrain adalah dua jenis penyakit yang memiliki gejala mirip, bedanya keduanya memiliki penyebab serta cara penanganan yang berbeda. Apa saja perbedaan keduanya, berikut ulasanya:

Sakit kepala akibat sinusitis dirasakan pasienya seperti :

  • Mengalami sakit ketika membungkuk, ketika sedang sakit kepala karena sinus, biasanya ketika pasien membungkuk, ia akan merasakan tekanan dan rasa sakit khususnya saat pagi hari.
  • Sensitif terhadap cuaca, cuaca yang dingin dan lembab, juga dapat menimbulkan nyeri pada pasien yang mengalami sakit kepala karena sinusitis. Gejala ini biasanya akan sembuh setelah 10 hari.
  • Disertai demam, sakit kepala akibat sinusitis juga biasanya muncul disertai dengan demam, serta mengeluarkan cairan hidung yang kental. Pasien juga bisa mengalami gangguan pada indera pencernaanya serta mengalami bau nafas

Sedangkan pada pasien yang mengalami sakit migrain, umumnya mengalami beberapa gejala seperti berikut :

  • Mengalami mual dan muntah, ketika terserang migrain, sakit kepala yang dirasakan disertai dengan rasa mual, serta ingin muntah dan sensitive terhadap cahaya
  • Penglihatan menjadi terganggu, pasien yang mengalami migrain juga sering merasa sakit sehingga membuat pandanganya terganggu dan membuat aktifitas menjadi lebih terbatas
  • Sakit Kepala Sebelah, ini merupakan perbedaan yang paling umum diantara sakit kepala akibat sinusitis dengan sakit kepala migrain. Migrain adalah sakit kepala sebelah dan berdenyut hanya pada satu sisi kepala saja.

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Akibat Sinusitis

Jika Anda terserang gejala sakit kepala akibat sinusitis, baik itu sinusitis pada umumnya atau sinusitis karena alergi sebaiknya tidak usah khawatir terlebih dulu. Beberapa langkah pengobatan serta perawatan dapat dilakukan agar mempercepat proses penyembuhan sakit kepala tersebut. Mulai dari hal-hal yang ringan hingga konsumsi bahan alami dan obat khusus, bisa Anda lakukan. Berikut ini cara menyembuhkan sakit kepala akibat sinusitis:

  • Mengkonsumsi Antihistamin atau Dekongestan

Saat mengalami sinusitis dan Anda berobat ke dokter, biasanya dokter akan menyarankan untuk penyembuhan infeksi sinusnya terlebih dulu. Obat yang disarankan adalah jenis antihistamin atau dekongestan sesuai dosis yang tepat dari dokter.

  • Mengkonsumsi obat nyeri

Saat merasakan nyeri di beberapa bagian wajah karena sakit kepala akibat sinusitis, Anda bisa mengkonsumsi obat nyeri seperti jenis obat kortikosteroid atau obat penghilang rasa sakit sejenis acetaminophen, analgesic dan ibuprofen yang ampuh dalam mengatasi rasa nyeri tersebut.

Sponsors Link

  • Gunakan Alat Semprot Hidung

Anda juga bisa menggunakan alat semprotan hidung seperti Steroid nasal yang biasanya disarankan oleh dokter, untuk membantu mengurangi udara dan melembabkan udara di sekitar hidung. Jika keadaan rongga hidung lebih lembab, maka sakit kepala akan semakin berkurang. Setelah pernafasan lebih nyaman, Anda bisa menambahkan sedikit gerakan olahraga untuk sinusitis yang ringan dan mudah dilakukan.

  • Lakukan Penguapan

Penguapan ketika sedang mengalami sinusitis, akan membuat nyeri di bagian kepala menjadi hilang. Sebab, penguapan tersebut dapat menenangkan membrane lendir yang terdapat di rongga hidung dan membuatnya tersumbat. Lakukan penguapan secara sederhana, dengan meletakan ember atau baskom yang telah diisi air panas, dan dihadapkan dengan posisi kepala yang menghirup uap. Tambahkan minyak daun mint agar lebih melegakan.

  • Melalui Operasi

Mungkin Operasi karena sakit kepala sinusitis ini jarang terjadi, tapi dengan melakukan operasi, dapat menghilangkan dan membuka sinus yang menghambat, sehingga rasa sakit kepala menjadi hilang.

Selain beberapa cara diatas, sakit kepala akibat sinusitis juga dapat disembuhkan dengan beberapa bahan alami lainya, seperti dijelaskan berikut ini:

ads
  • Kayu Manis

Bahan alami ini cukup mudah ditemui di rumah. Dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan sedikit air, lalu dioleskan pada bagian kening serta dibiarkan selama lima menit, dapat meredakan sinusitis dan sakit kepala yang menyertainya. Bubuk sandalwood juga bisa Anda gunakan untuk semakin menguatkan efek penyembuhanya.

  • Vitamin C

Seperti kita tahu, mengkonsumsi vitamin C yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat menjadi obat ampuh untuk atasi sakit kepala akibat sinusitis. Anda bisa memilih untuk meminum jus lemon, untuk meredakan gejala sinus yang dialami.

  • Makanan Pedas

Memang tidak baik untuk mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan, tapi bukan berarti kita sama sekali tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas. Ketika sinusitis melanda disertai sakit kepala yang berat, mengkonsumsi makanan pedas dapat mengurangi tekanan akibat rasa sakit di area wajah. Dianjurkan, Anda memilih Jalapeno (cabe super pedas) untuk atasi sinusitis.

  • Jahe

Jahe yang memiliki efek menghangatkan tubuh dan melegakan pernafasan juga baik dikonsumsi ketika mengalami sakit kepala akibat sinusitis. Jahe juga menjadi makanan pencegah batuk yang alami dan mengandung zat anti radang serta antiseptic. Jahe juga dapat meredakan sinus dengan melawan infeksinya. Jahe dapat diseduh bersama dengan minuman hangat.

  • Air Hangat

Tidak perlu repot dengan membuat ramuan bahan alami karena meminum air hangat, selain menjadi metode alami pengobatan batuk karena sinusitis juga dapat membantu meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Air hangat dapat meredakan peradangan serta membantu memenuhi cairan tubuh yang kurang. Ketika sakit kepala melanda, minumlah beberapa gelas air hangat dengan teratur.

  • Suntikan Antialergi

Hal ini juga dapat Anda lakukan, yaitu meminta saran dokter tentang suntik antialergi (immunoterapi). Pemberian suntik alergi ini akan menimbulkan efek samping, namun sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter ahli alergi, agar penyembuhan sinus lebih cepat.

  • Konsumsi Suplemen Diet

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa suplemen diet seperti Bromelain, quercetin serta lactobacillus dapat membantu mencegah sakit kepala akibat sinusitis yang cukup mengganggu. Selain itu, suplemen tersebut juga membantu mengatasi peradangan pada sinus.

  • Mengoleskan Minyak Essensial

Agar sakit kepala akibat sinusitis lebih cepat reda, Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial ke bagian kening, tepat di sebelah mata pada sisi wajah. Manfaatnya, Anda dapat mengurangi rasa sakit kepala akibat sinus dan sakit kepala akibat tegang. Coba campurkan minyak kayu putih dengan daun peppermint dan berikan alcohol sedikit saja. Kemudian, oleskan ke bagian kening dengan spons.

Sponsors Link

  • Mencoba Akupuntur

Teknik akupuntur merupakan teknik pengobatan kuno asal Tiongkok, dengan menggunakan jarum-jarum tipis dengan menekan bagian tertentu. Saat terkena sakit kepala akibat sinusitis, Anda juga bisa mencoba metode ini. Namun, sebaiknya tidak menggunakan teknik ini jika Anda sedang hamil, perdarahan serta sedang menggunakan alat pacu jantung.

Sebelum melakukan beberapa langkah penyembuhan tersebut, penting juga untuk mengetahui tanda tanda sinusitis maksilaris akan sembuh pada pasien agar tidak mengalami sinusitis yang kambuh. Ada beberapa peringatan bagi pasien agar terhindar dari gejala yang semakin parah, peringatan tersebut seperti :

  • Pasien lansia yang usianya sudah tua, memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami  sakit kepala sekunder, seperti arteritis temporal, neuralgia dan trigeminal
  • Wanita hamil yang mengalami sakit kepala yang terjadi karena sinusitis, tegang serta migrain sebaiknya melakukan pemeriksaan dan cek up ke dokter. Sakit kepala yang dialami bisa juga terjadi karena kondisi Preeklamsia atau thrombosis vena serebral.

Sakit kepala yang mungkin Anda alami ketika sedang terserang sinusitis, merupakan gejala dari penyakit itu sendiri. Untuk mengatasinya, beberapa cara menyembuhkan sakit kepala akibat sinusitis di atas bisa dicoba agar gejala sakit kepala lebih berkurang dan Anda bisa menjalankan aktifitas lagi seperti biasanya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus