Sponsors Link

Batuk Karena AC: Bahaya, Pengobatan dan Perawatannya

Sponsors Link

Batuk adalah satu kondisi yang sangat mengganggu bagi aktivitas Anda tentu saja, baik berupa ciri-ciri batuk kering maupun penyebab batuk berdahak. Belum lagi jika berbicara mengenai batuk, ada banyak jenis-jenis batuk yang bisa diderita. Apabila ingin mencari obat yang sesuai, maka telitilah untuk merasakan gejala-gejala apa saja yang Anda derita pada saat batuk datang. Hal ini disebabkan pengatasan masalah batuk disesuaikan dengan gejala yang dirasakan dan pada kondisi kesehatan masing-masing penderita yang tidak bisa dipukul rata antara pasien yangs atu dengan pasien lainnya. Apalagi jika Anda berniat untuk mengonsultasikan masalah batuk Anda pada sang dokter, biasanya ia juga akan menanyakan riwayat penyakit yang diderita.

ads

Biasanya batuk biasa terjadi di area lingkungan yang penuh dengan polusi atau paparan debu yang cukup banyak atau bisa jadi oleh berbagai penyebab allergen. Namun, bagaimana jika batuk tetap saja terjadi padahal tidak ada penyebabnya seperti allergen, polusi ataupun debu.  Ya, ternyata tak disangka batuk juga bisa terjadi bahkan di area atau lingkungan yang terlihat bersih sekalipun. Contohnya pada rumah yang sudah dibereskan atau area kantor yang bersih. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Jawabannya ialah berada pada Air Conditionar (AC) yang terpasang di ruangan Anda, loh. Cukup mengejutkan, bukan? Batuk karena AC bisa menjadi ancaman bagi kesehatan Anda. Oleh sebab itu, bacalah artikel ini hingga selesai sebab akan membahas secara detail mengenai batuk karena AC, mulai dari bahaya, pengobatan, dan perawatannya.Di bawah ini akan dijelaskan alasan-alasan penggunaan AC yang tak cukup baik bagi kesehatan pada umunya, yakni:

  1. Kualitas udara di ruangan ber-AC yang tidak bagus
  2. Sirkulasi udara di ruangan ber-AC terbatas
  3. Kelembaban udara di ruangan ber-AC berkurang

Bahaya Batuk Karena AC

Dari 3 point di atas, terlihat bahwa akan ada beberapa bahaya yang bisa saja timbuk pada penggunaan AC, terutama batuk. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai bahaya tersebut.

  1. Pada point dua sebelumnya dijelaskan bahwa sirkulasi udara di ruangan ber-AC terbatas. Hal ini akan menyebabkan kuman yang terperangkap pada ruangan tersebut akan lebih sulit untuk bertukar udara dengan udara yang bersih sehingga bisa menyebabkan penumpukan kuman. Jadi, apabila di ruang tersebut ada yang batuk, akan besar kemungkinsn menyebar pada orang-orang disekitarnya apalagi jika stamina tubuhnya sedang lemah.
  2. Jika batuk terus-menerus terjadi maka akan menimbukan gangguan kesehatan lainnya, yakni terjadi gangguan fungsi paru-paru yakni Pneumonia yang ditandai dengan terserang demam, batuk, dan disertai sesak napas.
  3. Kelembaban udara yang berkurang juga mampu menyebabkan infeksi saluran pencernaan, sehingga mampu menyebabkan pula bolak balik ke dokter THT.
  4. Mempengaruhi system kekebalan tubuh sebab kualitas udara yang tidak bagus untuk kesehatan
  5. Terjadi hiportemia yang dapat menimbulkan gangguan pada peredaran darah apabila suhu yang dipaparkan di ruangan terlalu dingin
  6. Fatalnya akan menyebabkan kematian mendadak sebab tak tahannya tubuh pada pergantian udara yang begitu cepat. Misal seseorang yang setiap harinya berada di ruang ber-AC lalu pergi ke tempat dengan temperature yang cukup panas, maka tubuh tak dapat mengimbangi udara panas tersebut hingga menyebabkan kematian mendadak

Pengobatan Batuk Karena AC

Adapun pengobatan yang bisa dilakukan bila melihat dari segi bahaya yang mungkin terjadi pada saat batuk karena AC. Di bawah ini penjelasannya.

  1. Untuk menjaga kelembaban udara dan kesesuaian dengan kelembaban kulit cobalah untuk menggunakan lotion secara merata pada bagian tubuh yang mungkin bisa tepapar langsung dengan AC tersebut.
  2. Perbanyak minum air putih agar dapat membantu tubuh menjaga metabolismenya
  3. Memastikan AC yang digunakan memiliki daya saring udara yang baik dan efektif
  4. Sesekali keluar dari ruang ber-AC tersebut agar tetap menjaga cairan tubuh dan menetralkannya kembali ke keadaan normal
  5. Berkonsultasi ke dokter terkait apabila mengalami gejala yang semakin parah
Sponsors Link

Perawatan Batuk Karena AC

Selain pengobatan yang dipaparkan di atas, sebaiknya ikuti pula perawatan untuk mengatasi batuk karena AC tersebut. Berikut point-point yang bisa Anda terapkan untuk melakukan perawatannya, yakni:

  1. Bersihkan AC secara berkala demi menjaga kebersihannya dan tidak terus menerus menumpuk partikel debu
  2. Menjaga suhu AC tidak berada di bawah 20 derajat Celcius atau jika bisa cukup disetel atau atur suhu di angka 23 derajat celcius saja
  3. Cukup gunakan AC di malam hari saja, biarkan AC dalam keadaan mati pada pagi hingga sore hari agar sirkulasi udara bisa saling bertukar dengan membuka jendela yang ada di rumah

Demikianlah pembahasan mengenai batuk karena AC yang juga menjelaskan mengenai bahaya, pengobatan dan perawatannya. Namun, di samping itu ada baiknya jika terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi batuk yang Anda alami agar mengetahui apakah termasuk dalam ciri-ciri batuk yang berbahaya atau termasuk dalam ciri-ciri batuk kronis barangkali. Semuanya harus ditangani secara benar dan oleh ahlinya agar tidak mengalami kesehatan yang lebih buruk lagi ke depannya tentu saja. Oleh karena itu, jangan sepelekan batuk yang Anda alami saat ini.

, , , , ,