Sponsors Link

3 Khasiat Obat Batuk Woods Terbukti Ampuh Sebagai Pengobatan

Sponsors Link

Obat Batuk WoodsWoods Pappermint Expectoran merupakan salah satu obat batuk yang digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi serta meredakan gangguan pada saluran pernapasan dikarenakan adanya mucus alias dahak yang berlebihan. Maka itu baik kiranya mengetahui makanan penyebab batuk berdahak.

ads

Tak sama dengan khasiat obat batuk konidin, obat batuk woods ini memiliki kandungan berupa bromhexine dan guaiphenesin. Obat racikan ini dijual dipasaran dengan bentuk kemasan berupa sirup. Seperti halnnya obat pada umumnya, Woods Pappermint Expectoran mempunyai manfaat dan kegunaan, adapun khasiat obat batuk woods akan dijelaskan sebagai berikut, antara lain:

  1. Mengencerkan Dahak

Sama halnya dengan cara ampuh mengatasi batuk, Khasiat obat batuk woods yang pertama adalah mengencerkan dahak, obat batuk woods mempunyai kandungan berupa bromhexine. Bromhexine sendiri merupakan obat yang tergolong sebagai agen mukolitik yang berfungsi mengencerkan dahak.

Sebagai agen mukolitik, obat batuk woods berkerja dengan cara meningkatkan produksi lendir surosa di saluran pernapasan dan menjadikan dahak menjadi lebih tipis alias lebih cair dengan menghilangkan serat asam mukopoliskarida dan mengurangi adhesi lendir pada bagian dinding tenggorokan. Alhasil pada saat batuk lendir pun dapat keluar dengan mudah.

  1. Mengatasi Batuk Berdahak

Khasiat obat batuk woods berikutnya adalah mengatasi batuk berdahak. Kandungan guaiphenesin atau glyceryl guaiacolate pada obat ini termasuk sebagai obat ekspektoran. Obat ekspektoran berfungsi untuk mengeluarkan dahak pada saluran pernapasan khususnya pada infeksi saluran pernapasan akut.

Cara kerja obat ini yaitu dengan cara meningkatkan volume dan mengurangi viskositas mucus dari trakea dan bronkus, alhasil mempermudah pengeluaran dahak dari saluran pernapasan dengan cara batuk. Bukan itu saja, suara hilang karena batuk berdahak juga bisa diatasi oleh obat satu ini.

  1. Mengobati Radang pada Bronkus

Berbeda dengan batuk setelah operasi teroid, khasiat obat batuk woods berikutnya adalah mengobati radang bronkus. Obat batuk woods juga digunakan untuk mengobati radang pada bronkus baik akut maupun kronis, misalnya emfisema, bronkirtis atau pun bronkitis asmatik.

Obat batuk woods termasuk golongan yang bisa digunakan atau dikonsumsi tanpa adanya resep dokter. Namun biasanya obat ini digunakan dengan dosisi seperti dibawah ini  :

  • Dosis untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, yaitu 5 ml. Berikan setiap 6 jam.
  • Dosis untuk dewasa dan anak usia diatas 12 tahun, yaitu 10 ml. Berikan setiap 6 jam.
  • Obat diberikan maksimal 4 kali dalam sehari.

Efek Samping Obat Batuk Woods

Seperti pada obat kimia lainnya, obat batuk woods memiliki beberapa efek samping yang biasanya terjadi, dan berikut merupakan daftarnya :

  • Terjadi efek samping yang terbilang ringan pada gangguan saluran pernapasan contohnya muntah, mual, diare, rasa penuh pada perut, dan nyeri pada bagian ulu hati.
  • Efek samping lainnya yang bisa tibul biasanya berupa sakit kepala, keringat belebihan, vertigo, serta kenaikan enzim transaminase.
  • Efek samping yang lebih serius dapat muncul namun jarang terjadi, contohnya munculnya reaksi alergi misalnya kulit kemerahan, sesak napas, bengkak pada bagian wajah, dan terkadang demam.
  • Bila terjadi efek samping dalam waktu yang lama dan terjadi situasi mengkhawatirkan sangat disarankan untuk langsung membawa kedokter agar memperoleh penanganan medis yang sesuai, serta terhindar dari ciri-ciri batuk kronis dan penyebab batuk alergi.
  • Untuk ibu hamil dan menyusui bila ingin menggunakan obat ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa ulasan mengenai dari obat batuk woods yang bisa anda ketahui apa saja khasiat, beserta dosis dan juga efek sampingnya.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan