Sponsors Link

Benarkah Flu Dapat Menyebabkan Kematian? Apa Penyebab?

Sponsors Link

Seringkali tidak banyak orang yang berpikir bahwa flu dapat menyebabkan kematian. Namun ada kalanya saat menyepelekan kondisi badan yang sedang menderita flu disertai demam serta sakit kepala, maka hal ini ternyata dapat terjadi. Hal tersebut wajar, karena pada dasarnya semua penyakit membahayakan. Yang berbeda adalah cara mengatasinya supaya penyakit tidak berujung fatal atau mengarah pada kematian. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini mengenai apa benar bahwa flu dapat menyebabkan kematian.

ads

Penyebab Flu

Flu dapat terjadi karena beberapa sebab, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Infeksi bakteri maupun virus, dimana inilah penyebab yang paling sering dan banyak terjadi pada kebanyakan penderita flu. Terutama jika di sekitar penderita banyak yang sedang terjangkit influenza.
  • Akibat kekurangan vitamin dan mineral. Dengan kata lain maka konsumsi makanan yang diterima setiap hari tidak mencukupi kandungan gizinya. Akibatnya badan mudah sakit dan mudah terserang flu. Karena itu sebaiknya berikan makanan untuk flu agar kebutuhan gizi setiap harinya terpenuhi untuk dapat mencegah serangan influenza.
  • Kurang istirahat maupun kurang olahraga. Akibatnya daya tahan tubuh menurun dan tubuh mudah sekali terserang virus flu dari sekitar. Untuk mencegahnya bisa saja dengan memberikan imunisasi influenza, supaya gejala flu yang dialami hanya ringan dan tidak terlalu berat.

Biasanya penyakit flu akan timbul dengan disertai oleh beberapa gejala sebagai berikut:

  • Terjadi batuk disertai demam tinggi yang awalnya ringan atau disertai kenaikan suhu badan yang tidak terlalu tinggi, namun terjadi selama berhari-hari dan tidak kunjung sembuh.
  • Dapat diserta rasa nyeri atau tenggorokan, sehingga terasa susah untuk menelan makanan akibat iritasi dalam tenggorokan.
  • Muncul batuk berlendir disertai darah maupun pilek yang awalnya tidak parah namun dapat berkembang menjadi batuk berdahak.
  • Timbul kesulitan bernafas akibat gejala batuk yang menyebabkan sesak nafas yang seringkali dialami oleh sebagian besar penderita flu.
  • Timbul rasa nyeri dan sakit di sekujur badan termasuk pegal serta nyeri pada otot. Akibatnya susah untuk beraktivitas dengan normal.
  • Muncul rasa tidak nyaman di perut yang dapat membuat penderita influenza merasa mual dan ingin muntah.

Bahaya Flu

Beberapa bahaya flu yaitu sebagai berikut:

  • Dapat menimbulkan resiko berupa kejang demam ketika batuk pilek panas malam hari yang terjadi saat terkena influenza menjadi demam tinggi dan susah dikontrol. Hal inilah yang dapat memicu bahaya akan kematian secara mendadak. Karena saat demam sangat tinggi maka otak tidak mampu menahan dan tubuh akan mengalami kondisi tidak sadarkan diri. Jika terjadi belarut-larut maka dapat berbahaya dan menimbulkan kematian.
  • Kondisi saat sedang flu jika dibiarkan akan menimbulkan resiko berupa terjadi infeksi sekunder atau penyakit tambahan. Tanpa disadari infeksi sekunder ini dapat berupa penyakit berbahaya. Seperti misalnya demam malaria atau demam berdarah. Dimana resiko penyakit ini juga termasuk mendatangkan kematian. Karena itu jangan sepelekan kondisi saat sedang terserang flu. Segera atasi supaya tidak menimbulkan infeksi penyakit lainnya dan tidak beresiko mendatangkan kematian.

Demikian penjelasan singkat mengenai kondisi flu dapat menyebabkan kematian. Dengan penanganan sesegera mungkin dan cara pengobatan yang tepat, maka seharusnya efek telinga berdengung saat flu yang berbahaya semacam ini dapat dihindari. Sehingga tidak perlu terjadi infeksi sekunder pada penderita flu dan efek atau bahaya kemungkinan hingga meninggal dunia tidak perlu terjadi.

, , ,
Oleh :