Sponsors Link

Lendir Di Tenggorokan Susah Keluar: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Lendir atau dahak sebenarnya dibutuhkan oleh saluran pernapasan kita karena untuk membantu menjaga agar supaya saluran pernapasan kita tetap lembab, namun apa jadinya jika lendir atau dahak tersebut menumpuk di tenggorokan kita, maka akan mengakibatkan kesulitan untuk menelan sesuatu.

ads

Kondisi ini memang tidak boleh anda biarkan begitu saja karena bisa menjadi sebab anda bisa terkena masalah lain yang mungkin akan lebih parah. Lendir atau dahak yang menumpuk di tenggorokan tentunya akan membuat anda mengalami peradangan atau inflamasi sehingga akan menyebabkan rasa sakit yang amat parah ketika anda menelan sesuatu.

Penyebab Lendir Di Tenggorokan Susah Keluar

Sekedar informasi bahwasanya lendir di tenggorokan susah keluar pada awalnya berasal dari hidung anda yang sudah mengalami peradangan. Lendir tersebut setiap hari akan semakin menumpuk dan kemudian mengalir menuju tenggorokan anda. Hal inilah yang kemungkinan besar bisa menyebabkan anda mengalami batuk berdahak.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan memposting tentang apa saja penyebab serta bagaimana cara mngatasi lendir di tenggorokan yang susah keluar. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan anda bisa lebih berhati – hati dalam menjaga kesehatan anda dan juga tidak sampai meremehkan setiap gejala yang anda alami.

Dahak atau lendir yang mengalami infeksi maka akan berubah warna dan memiliki tekstur yang lebih kental. Di bawah ini simak baik – baik tentang penjelasan penyebab lendir di tenggorokan susah keluar yang wajib anda ketahui:

1. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Penyebab lendir di tenggorokan susah keluar yang pertama adalah karena anda terindikasi menderita infeksi saluran pernapasan akut atau yang disingkat menjadi ISPA. Penyakit ini termasuk penyakit menular yang sering dialami, terutama ketika kondisi sistem kekebalan orang tersebut sedang menurun, terlebih lagi paling sering menyerang orang tua. Namun tidak sedikit juga kasus yang melaporkan bahwa anak – anak dan balita juga terkena ISPA.

Seseorang yang menderita infeksi saluran pernapasan akut akan mengalami infeksi yang disebabkan oleh udara kotor yang ia hirup dimana udara tersebut membawa virus maupun bakteri. Untuk gejala yang paling umum yang bisa mengindikasikan bahwa seseorang menderita infeksi saluran pernapasan akut adalah sering bersin, hidung berair, banyak dahak di tenggorokan, maupun mengalami masalah lainnya yang berhubungan dengan paru – paru maupun saluran pernapasan bagian lain. Gejala lain yang harus anda waspadai adalah orang yang menderita ISPA akan cepat mengalami lelah, demam, sakit tenggorokan, dan juga sering pusing.

2. Radang Tenggorokan

Penyebab lendir di tenggorokan susah keluar bisa dikarenakan anda mengalami penyakit radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan sebuah penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berbicara karena tenggorokannya sakit.

Selain itu, penderita radang tenggorokan akan merasakan sensasi gatal. Jika dahak tersebut tidak segera diobati maka akan semakin lama menyebabkan tenggorokan anda mengalami peradangan. Perlu anda tahu bahwa penyakit ini lebih sering dialami oleh anak – anak daripada orang dewasa. Mengapa? Alasannya karena sistem kekebalan tubuh pada anak masih belum sempurna.

Beberapa gejala umum yang mengindikasikan seseorang menderita radang tenggorokan adalah gatal, nyeri tenggorokan, sering batuk, dan lain sebagainya. Nyeri yang anda alami akan semakin terasa jika anda menelan sesuatu, bahkan hanya sekedar menelan ludah anda sendiri.

Sponsors Link

3. Laringitis

Penyebab selanjutnya yang harus anda waspadai ketika lendir di tenggorokan anda susah keluar adalah karena anda menderita laringitis. Laringitis merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan peradangan pada daerah pita suara yang ada di dalam tenggorokan. Untuk gejala laringitis yang sering dialami adalah seperti demam, batuk, nyeri tenggorokan, maupun juga biasanya akan mengalami suara yang serak.

Penyakit ini akan semakin parah jika tidak segera anda lakukan pengobatan sehingga peradangannya pun akan semakin parah. Beberapa kasus laringitis yang parah akan menyebabkan penderitanya tidak bisa berbicara karena rasa sakit yang ada di pita suara.

4. Tonsilitis

Bagi anda yang belum pernah mendengar istilah tonsilitis, mungkin akan lebih familiar jika penyakit ini disebut sebagai radang amandel. Penyakit radang amandel biasanya lebih sering dialami oleh anak – anak. Mungkin anda sudah pernah tahu bahwa seseorang yang menderita radang amandel akan mengalami pembengkakan pada tonsil yang biasanya berukuran kecil.

ads

Ketika seseorang menderita radang amandel, maka akan membuatnya kesulitan untuk menelan sesuatu. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan sehingga akan sulit dikeluarkan. Maka dari itu, anda harus segera melakukan pengobatan secepatnya kepada penyakit ini sehingga radang amandel tersebut tidak semakin parah yang malah akan membuat anda seperti orang terkena penyakit gondok atau gondokan. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca penyebab dahak susah keluar.

Cara Mengatasi Lendir Di Tenggorokan Susah Keluar

Setelah kita sama – sama membahas mengenai apa saja hal – hal yang menyebabkan seseorang mengalami lendir yang susah keluar, maka kita akan sama – sama membahas tentang apa saja pengobatan yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati penyakit – penyakit tersebut.

1. Menggunakan Larutan Garam

Pengobatan pertama yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati banyaknya lendir di tenggorokan yang susah keluar adalah dengan membuat larutan garam. Garam memang merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan penumpukan dahak.

Zat yang terkandung di dalam garam akan membantu mengencerkan dahak serta membantu mengurangi peradangan yang terjadi sehingga lendir tersebut akan semakin lama semakin encer. Untuk pengobatan menggunakan larutan garam adalah seperti di bawah ini:

  • Siapkan garam sebanyak kurang lebih satu sendok teh
  • Siapkan satu gelas air panas
  • Kemudian anda larutkan garam tersebut ke dalam air panas dan aduk sampai benar – benar tercampur secara merata
  • Buatlah sebagai obat kumur sambil posisi kepala mendongak ke atas dan jangan sampai tertelan
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin minimal sebanyak dua kali dalam sehari sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal

2. Minum Banyak Air Putih

Cara pengobatan dahak yang susah keluar adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih merupakan pengobatn alami yang memang banyak digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan, salah satunya meredakan dahak.

Dengan memperbanyak meminum air putih minimal 8 gelas atau bahkan lebih setiap harinya akan membantu meredakan atau mengencerkan dahak sehingga anda tidak kesulitan menelan sesuatu. Air putih juga terbukti mampu berperan dalam melawan bakteri serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, memperbanyak minum air putih akan membantu tubuh anda dalam melakukan sirkulasi energi, darah, maupun juga nutrisi. Hal ini juga telah dijelaskan pada cara menghilangkan dahak.

3. Minum Jahe Dan Madu

Pengobatan lendir di tenggorokan susah keluar juga bisa anda lakukan dengan memanfaatkan jahe yang anda campurkan dengan madu. Kedua bahan ini memang sudah tidak asing lagi bagi anda yang pernah mengalami masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan anda.

Jahe maupun madu nantinya akan bekerja dengan cara melawan peradangan yang terjadi karena kedua bahan ini sama – sama berperan atau berfungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu mampu menyembuhkan penumpukan dahak di tenggorokan, jahe dan madu juga akan membuat tubuh anda menjadi hangat sehingga akan membuat anda tampak lebih segar dan tidak mudah lelah.

Adapun cara pembuatannya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Siapkan 2 ruas jahe yang sebelumnya anda cuci bersih
  • Kemudian anda geprek jahe tersebut dan lalu anda haluskan
  • Langkah selanjutnya adalah anda masukkan jahe tersebut ke air panas sambil anda aduk secara perlahan – lahan
  • Jangan lupa untuk menambahkan jahe sebanyak minimal 1 sendok teh
  • Minum ramuan ini secara rutin minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal
Sponsors Link

4. Bawang putih

Pengobatan lain yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi lendir yang susah keluar adalah dengan bawang putih. Tentu anda tidak akan kesulitan mendapatkan bahan yang satu ini karena merupakan bumbu dapur yang wajib ada dan tidak boleh terlewatkan.

Alasan mengapa bawang putih bisa digunakan untuk membantu mengatasi penumpukan lendir adalah karena di dalam bawang putih terkandung zat yang berperan sebagai antibiotik yang akan bertugas untuk mengusir bakteri penyebab peradangan atau inflamasi.

Untuk cara pembuatannya sendiri adalah seperti yang akan kami berikan di bawah ini:

  • Siapkan bawang putih sebanyak 1 sampai dengan 2 siung dan kemudian anda kupas dan cuci bersih, disarankan menggunakan air yang mengalir
  • Langkah selanjutnya adalah anda hanya perlu mengkonsusmi bawang putih secara langsung sebanyak minimal 3 kali dalam sehari
  • Namun, jika misalnya anda tidak suka memakannya secara langsung, maka anda bisa memakannya dengan cara mengunyahnya perlahan – lahan dan sebelum anda telan maka anda harus memasukkan air putih ke dalam mulut anda kemudian anda tinggal berkumur.
  • Jangan sampai tertelan
  • Lakukan pengobatan ini minimal 2 kali dalam sehari atau bisa juga 3 kali untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang penyebab dan bagaimana cara mengobati lendir di tenggorokan susah keluar. Kami juga menyarankan anda membaca informasi lainnya seperti yang ada di bawah ini:

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

, , ,