Sponsors Link

6 Pantangan Batuk Rejan Yang Harus Dihindari Agar Bisa Sembuh

Sponsors Link

Semua orang pasti pernah mengalami batuk. Memang kondisi yang satu ini meskipun awalnya biasa saja, namun lama kelamaan akan semakin parah dan membuat aktivitias kita menjadi terganggu. Secara umum terdapat dua jenis batuk, yang pertama batuk kering atau batuk tidak berdahak dan yang kedua disebut dengan batuk basah atau batuk berdahak.

ads

Batuk juga bisa menjadi sebuah indikasi bahwa anda pada waktu itu terkena penyakit tertentu, salah satunya yakni batuk rejan. Batuk rejan atau yang disebut dengan pertusis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang menyerang paru – paru dan saluran pernapasan dimana batuk ini termasuk salah satu penyakit yang mudah menular.

Batuk rejan bisa dialami oleh siapa saja, namun jika dialami oleh anak – anak atau orang tua maka batuk jenis ini akan sangat berbahaya karena bisa mengancam keselamatan anak – anak atau orang tua tersebut. Maka dari itu, anda harus segera melakukan pengobatan secara tepat untuk menghindarkan batuk jenis ini agar tidak sampai terlalu parah dan juga anda perlu mengetahui apa saja penyebab batuk rejan yang jarang diketahui.

Pantangan yang wajib dihindari

Selain mengetahui tentang apa saja pengobatan yang bisa anda lakukan untuk pengobatan batuk rejan seperti yang telah dijelaskan pada ciri – ciri batuk rejan dan obat batuk rejan, anda juga harus paham tentang apa saja makanan yang harus anda hindari selama dan sesudah anda menderita batuk rejan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang apa saja pantangan batuk rejan yang harus anda hindari selama anda menderita penyakit ini atau anda yang baru sembuh dari batuk rejan. Hal ini juga sama dengan yang telah dijelaskan pada pantangan makanan saaat batuk berdahak.

1. Makanan Pedas

Pantangan batuk rejan yang pertama adalah anda tidak dianjurkan makan makanan pedas. Memang di kalangan masyarakat yang berpendapat bahwa beberapa penyakit seperti pilek atau flu disarankan untuk makan makanan padas seperti bakso yang diberi cabai yang sangat banyak.

Namun untuk batuk rejan, anda harus benar – benar menghindarinya dan jangan sekali – kali mencoba untuk makan makanan pedas. Mengapa? Karena radang tenggorokan yang anda alami akan semakin parah setelah anda makan makanan pedas karena juga akan menimbulkan terjadinya iritasi pada tenggorokan anda.

2. Mangga

Mangga juga termasuk ke dalam pantangan batuk rejan yang harus anda hindari. Bahkan buah yang memiliki rasa manis ini juga termasuk ke dalam makanan yang dihindari saat flu. Meskipun di dalamnya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun untuk penderita batuk rejan disarankan tidak memakannya karena hanya akan memperburuk kondisi yang dialaminya tersebut.

3. Yogurt

Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita batuk adalah makanan olahan susu dan salah satunya yakni yogurt. Memang produk olahan susu ini sudah menjadi makanan favorit karena mengandung banyak protein serta mineral yang sangat berguna bagi kesehatan anda. Namun, khusus bagi penderita batuk rejan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi yogurt karena diketahui bahwa produk olahan susu hanya akan membuat lendir atau dahak semakin menumpuk.

Sponsors Link

4. Ice Cream

Pantangan batuk rejan yang lain adalah unntuk tidak mengkonsumsi ice cream. Ice cream memang sudah digemari oleh semua orangan mulai dari anak – anak sampai orang dewasa sekalipun. Akan tetapi, jika anda terindikasi menderita batuk rejan atau bagi anda yang baru sembuh dari batuk rejan disarankan untuk tidak mencoba mengkonsumsi ice cream.

Dampak yang akan anda terima tidak jauh berbeda ketika anda mengkonsumsi yogurt, yakni hanya akan membuat penumpukan lendir atau dahak sehingga akan membuat peradangan yang anda alami akan semakin parah.

5. Makan Gorengan

Untuk pantangan yang satu ini mungkin anda sudah tidak asing lagi dimana sudah banyak orang yang mengatakan bahwasanya makan gorengan akan memperburuk kondisi anda. Memang hal tersebut benar karena makan gorengan malah akan membuat tenggorokan anda menjadi semakin mengalami peradangan.

Sponsors Link

Maka dari itu, selama anda dalam pengobatan batuk rejan maupun ketika anda baru sembuh dari batuk rejan disarankan untuk tetap menjauhi untuk tidak makan gorengan sampai memang penyakit yang anda alami tersebut benar – benar sudah sembuh dan sudah tidak menunjukkan tanda – tanda atau gejala yang masih ada.

6. Merokok

Pantangan selanjutnya yang harus anda hindari ketika anda menderita batuk rejan adalah anda tidak boleh merokok. Merokok memang merupakan sebuah kebiasaan yang hanya akan membuat penderita menderita berbagai macam gangguan. Selain itu, ada beberapa penyakit yang menganjurkan anda untuk tidak merokok dan salah satunya adalah batuk rejan.

Seseorang yang tetap merokok selama menderita batuk rejan, maka kebiasaan tersebut malah akan membuatnya menderita penyakit yang lebih parah lagi yakni bronkitis atau juga bisa menderita pneumonia. Selain itu, dengan merokok maka nantinya akan timbul iritasi pada lapisan tenggorokan. Bahkan untuk kasus yang lebih parah malah akan memicu terjadinya kanker.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang bahaya serta pantangan dari batuk rejan yang harus anda waspadai.

, , ,