Sponsors Link

14 Pantangan Makanan Saat Batuk Berdahak Wajib di Hindari

Sponsors Link

Batuk merupakan salah satu gejala yang sangat menggangu aktivitas, bahkan anda juga tidak akan nyaman ketika tidur. Selain dari adanya gejala penyumbatan hidung saat ilek maupun flu, batuk juga salah satu gejala yang sangat meresahkan dan menggangu. Inilah mengapa seseorang yang terserang batuk ingin segera mendapatkan penangan yang tepat agar gejala batuknya mereda.

ads

Tidak hanya itu, seseorang yang terkena batuk juga menginginkan konsumsi makanan-makanan tertentu yang boleh jadi malah makin memperburuk gejala batuk yang di deritanya tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa makanan yang menyebabkan batuk berikut ini:

1. Makanan Pedas

Siapa sih yang tidak menyukai mengkonsumsi makanan pedas? Terutama pantangan makanan saat batuk berdahak disaat seseorang terserang flu, maka hal yang sering di lakukan adalah mengkonsumsi makanan pedas bukan? Namun jika flu disertai gejala batuk maka mengkonsumsi makanan pedas tidaklah di anjurkan. Hal ini dikarenakan radang di tenggorokan akan trasa semakin parah jika anda mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan yang sedang di landa reaksi radang tersebut ketika anda terserang batuk.

2. Mangga

Mangga termasuk cemilan buah yang sering dan di minati banyak orang. Bahkan buah mangga merupakan salah satu dari maknan yang dihindari saat flu. Mangga merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki banyak kandungan asam sitrat yang akan bereaksi dan memperburuk gejala batuk berdahak yang anda alami. Inilah mengapa sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi mangga ketika terserang batuk.

3. Yogurt

Produk olahan susu satu ini cukup terkenal dan di minati sebagian orang. Bahkan yogurt selalu ada dalam menu orang dewasa yang sedang melakukan diet penurunan bobot tubuh, bukan? Ya, produk olahan susu yang satu ini di yakini sangat bagus bagi kesehatan, rendah kandungan gula dan bisa membantu dalam melancarkan metabolisme tubuh. Hanya saja, dari sekian banyak manfaat yang di tawarkan oleh yogurt, produk olahan susu ini sangat tidak di anjurkan di nikmati ketika seseorang menderita batuk. Hal ini deikarenakan yogut akan memperburuk kondisi batuk tersebut.

4. Biskuit

Siapa yang tidak mengenal cemilan kering nan lezat ini? Biskuit tidak hanya disukai oleh para anaka-anak bukan? para orang tua dan dewasa lainnya juga menyukai biskuit. Karena jenis kue kering satu ini memang cocok dan pas untuk di jadikan cemilan sehari-hari. Bahkan biskuit merupakan salah satu favorit dalam urutan cemilan harian. Namun sebaiknya anda menghindari biskuit ketika terserang batuk, biskuit atau sejenis makanan kering lainnya akan membuat tenggorokan gatal dan akan memicu lebih banyak produksi dari lendir ketika anda batuk.

5. Ice Cream

Ngemil ice cream apalagi di tengah teriknya matahari adalah hal ternikmat. Ice cream yang memilik banyak ragam dan bentuk tersebut memang salah satu produk olahan susu yang primadona tidak hanya juara bagi anak-anak namun juga untuk para orang dewasa. Bukan hanya saat anda megalami batuk berdahak larangan akan ice cream ini muncul, namun ketika anda menderita flu juga di larang untuk mengkonsumsi ice cream, loh.

6. Roti Manis

Sponsors Link

Salah satu makanan yang banyak mengandung gula andalah roi manis. Olahan produk tepung terigu ini memiliki kadar gula dan karbohidrat yang tinggi. Inilah alasan mengapa roti manis menjadi salah satu makanan yang dilarang saat batuk. Karena saat anada mengalami batuk, maka tubuh akan membutuhkan banyak vitamin C untuk membuat tubuh menjadi lebih siaga dan sistem imun tetap kuat. Namun, jika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan maka ini hanya akan melemahkan sistem imun dan akan memudahkan bakteri maupun virus untuk memperburuk keadaan atau kondisi batuk berdahak anda.

7. Pisang

Salah satu buah-buahan yang sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi ketika anda batuk. Walaupun pisang merupakan salah satu buah harian yang bagus untuk di konsumsi, namun ketika batuk buah pisang yang mengandung asam sitrat ini di larang karena zat sitrat yang terkandung di dalam buah pisang bisa memperparah iritasi yang diakibatkan oleh serangan batuk.

8. Permen

ads

Produk olahan yang mengandung pemanis buatan ini juga merupakan salah satu jenis makanan yang menyebabkan batuk. Bagaimana tidak, kandungan pemanis buatan yang cukup tinggi bisa melemahkan sistem imun hingga membuat serangan virus maupun bakteri akan lebih mudah. Bahkan permen yang mengandung cukup banyak gula ini jika di konsumsi secara berlebihan ketika batuk akan memicu terjadinya GERD atau naiknya asam lambung ke tenggorokan yang nantinya akan memberikan sensasi hearburn atau rasa nyeri di dada dan bahkan adanya asam lambung di daerah tenggorokan bisa memperparah reaksi radang yang di sebabkan oleh batuk.

9. Gorengan

Semua orang pasti akan mengetahui bahwa sejatinya mengkonsumsi makanan apapun yang di olah menggunakan minyak dan di goreng akan memicu reaksi batuk dan apalagi jika anda mengkonsumsi makanan tersebut ketika sedang mengalami batuk maka akan memperparah gejala batuk dengan adanya sensai perih dan rasa gatal di tenggorokan. Oleh sebab tersebut jika anda mengalami batuk berdahak, sebaiknya jangan pantangan makanan saat batuk berdahak dalam mengkonsumsi gorengan jenis apapun dan hindarilah sebisa mungkin agar gejala batuk tidak menjadi makin parah.

10. Makanan Beku

Segala jenis makanan yang telah di dinginkan di dalam freezer sebaiknya anda hindari ketika terserang batuk berdahak. Apapun jenisnya, jika di konsumsi saat dingin ketika anda sedang menderita batuk berdahak akan memicu lebih banyak produksi lendir. Ini dikarenakan tenggorokan yang makin kering ketika anda memakan makanan beku tersebut. Bahkan iritasi tenggorokan juga makin parah jika anda mengkonsumsi makanan beku loh. Jadi hindari makanan beku saat batuk berdahak, ya!

 11. Keripik

Lagi-lagi makanan kemasan atau cemilan yang sangat tidak di anjurkan ketika anda sedang mengalami batuk berdahak. Keripik yang di proses dengan cara di goreng juga akan memperparah batuk, karena rasa gatal di tenggorokan akan menjadi sekaligus memperparah reaksi radang tenggorokan. Inilah mengapa seseorang yang mengalami batuk berdahak sangat tidak di sarankan untuk mengkonsumsi keipik atau makanan kemasan lainnya yang di olah dengan cara di goeng dan mengandung cukup banyak minyak.

12. Keju

Pasti banyak yang menyukai keju, maupun makanan yang di olah dengan keju, bukan? Ya, keju memiliki citra rasa unik yang tentunya di gemai banyak orang. Jika anda adalah salah satunya, maka hindarilah mengkonsumsi olahan susu ini ketika batuk. Selain memperparah batuk dengan proses penumpukan lendir, keju yang merupakan salah satu produk olahan susu ini juga bisa membuat sesak nafas dadakan karena akan memperlambat kinerja sistem pernafasan ketika anda mengkonsumsi saat batuk.

13. Kafein

Ada banyak makanan yang mengandung kafein sepert makanan olahan yang memiliki citra rasa kopi. Kandungan kafein yang tidak bersahabat saat batuk akan memperparah kedaan anda. Kafein dapat membuat tubuh kehilangan cairan, kafein juga bisa menyebabkan tenggorokan kering sehingga memicu lebih banyak pengeluaran lendir. Bahkan anda juga bisa tekena serangan mendadak dimana suara menjadi serak.

14. Makanan Pemicu Alergi

Sponsors Link

Beberapa makanan dapat memicu alergi pada seseorang seperti kacang-kacangan, olahan susu dan makanan laut. Bahkan orang yang rentan terkena serangan alergi seperti penderita asma sangat tidak di anjurkan mengkonsumsi makanan pemicu ketika mengalami batuk berdahak. Ini akan memperburuk kondisi kesehatannya, dimana ia akan sangat suli bernafas dan mengalami serangan dadakan ketika alerginya terpicu oleh makanan-makanan tersebut.

Selain beberapa daftar makanan yang dilarang diatas, berikut beberapa pantangan yang sebaiknya anda hindari juga ketika terserang batuk, pantangan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Hindari asap rokok dan hentikanlah aktifitas merokok ketika anda sedang terserang batuk berdahak, rokok akan memperparah lendir dan menyebabkan terjadi penumpukan lendir disaluran pernafasan.
  • Jangan mengkonsumsi susu maupun minuman kopi. Sepert yang di jelaskan di atas bahwa 2 jenis minuman ini tidak baik untuk penyakit batuk.
  • Hindari polusi udara. Polusi hanya akan memperparah gejala batuk dan jyga membuat alergi kambuh. Jadi sebaiknya anda menghindari kontak langsung dengan polusi, gunakanlah masker penyaring udara ketika anda berpergian jauh.
  • Jangan terlalu letih dan kelelahan. Saat anda terserang batuk, cobalah mengoptimalkan istirahat anda, karena sistim imun sedang mengalami penurunan kala itu. Dengan pengoptimalan istrahat maka anda membantu mengembalikan peforma yang optimal untuk kekebalan tubuh atau sistem imun.
  • Jaga kondisi ruangan agar tetap lembab, ruangan yang kering akan memicu batuk loh. Maka lembabkan udara di sekitar menggunakan alat pelembab udara maupun menggunakan terapi uap. Terapi uap busa di lakukan langsung dengan menghirup uap hangat maupun dengan cara mandi air hangat.
  • Alternatif lain dari menghindari buah buahan yang mengandung asam sitrat, maka konsumsilah buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon dan pir.

Selain beberapa pantangan tersebut ada beberapa alternatif lain yang merupakan minuman penghilang batuk berdahak yang kami rangkum berikut ini :

  • Gunakanlah teh herbal hangat dengan campuran madu. Semenjak dari dulu, madu telah di kenal dengan khasiat penyembuhannya. Bahkan reaksi radang tak luput dari madu, obat alami ini sangat ampuh dalam mengatasi serangan batuk berdahak.
  • Minumlah campuran sari jeruk nipis dengan gula, madu mauun kecap. Ramuan tradisional ini telah lama sekali diyakini dan terbukti ampuh dalam menangani masalah batuk berdahak maupun batuk kering. Ramuan herbal ini dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan, mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi.
  • Gunakan campuran madu dan air jahe hangat. Jahe di kenal sebagai herbal efektif untk pelega saluran nafas dan memberikan sensasi hangat bagi tubuh, madu bisa mengobati radang.

Nah demikian ulasan tentang pantangan makanan saat batuk berdahak yang perlu anda ketahui, jangan segan untuk menghubungi dokter jika batuk terasa kian parah setelah 2 minggu masa pengobatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman