Sponsors Link

7 Vitamin Untuk Flu Singapura Cepat Reda

Sponsors Link

Pernah mendengar mengenai flu Singapura? Setelah flu burung dan Mers, ternyata flu Singapura juga seringkali menjadi salah satu penyakit flu yang banyak dialami sebagian masyarakat kita, khususnya anak-anak. Selain flu Singapura, orang biasanya menyebut dengan hand, foot and mouth disease. Penyakit flu ini umumnya menular dan penyebabnya adalah virus. proses masa inkubasi flu singapura juga berbeda dengan flu biasa. Anak-anak yang terkena flu Singapura umumnya mengalami sakit pada area mulut serta mengalami ruam-ruam di sekitar kulit kaki dan tanganya.

ads

Meskipun penyakit flu Singapura ini menular, namun umumnya setelah 2 minggu pasien akan berangsur pulih kembali. Flu Singapura juga merupakan penyakit flu yang langka, cara mengatasi flu akibat alergi dingin ditangani seperti flu pada umumnya . Seseorang yang terserang flu, dikarenakan daya tahan tubuhnya yang menurun, sehingga harus kembali ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin. Dalam hal ini, konsumsi vitamin untuk flu Singapura tentunya dibutuhkan.

Gejala Flu Singapura

Sebelum melangkah ke bagian penanganan dan pengobatan dari flu Singapura, sebaiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi gejala dan tanda seseorang yang terkena flu Singapura.Umumnya flu ini memang dialami oleh anak balita dan bayi, namun tidak menutup kemungkinan pasien dewasa juga dapat terinfeksi virus tersebut. Bagaimana proses penyembuha flu singapura serta tanda dan gejala seseorang yang sedang mengalami flu Singapura, berikut ulasanya:

  1. Pasien mengalami demam
  2. Pasien menjadi kurang nafsu makan
  3. Pasien mengalami sakit tenggorokan
  4. Pasien mengalami sakit kepala
  5. Pasien mengalami kulit yang ruam di bagian telapak tangan, kaki hingga area bokongnya
  6. Pasien mengalami rasa sakit awalnya di area mulut sekitar lidah, gusi serta pipi.

Penyebab Flu Singapura

Seperti telah diulas di atas bahwa flu Singapura ini bersifat menular dan disebabkan oleh infeksi virus. Adapun virus yang menjadi penyebab penyakit flu langka ini disebut virus Coxsackievirus A16 atau Enterovirus 71. Virus-virus jenis tersebut biasanya mudah ditemukan dalam kotoran manusia serta cairan tubuh yang terdapat dalam area tenggorokan dan hidung. Virus ini dapat menular kepada orang lainya dengan cara jika pasien menyentuh cairan tubuh orang yang sedang flu Singapura.

Pasien balita menjadi yang paling banyak dan sering mengalami flu ini, karena daya tahan tubuh yang masih belum stabil, serta kondisi akan semakin buruk jika kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal juga kurang maksimal. Anak balita yang sering berada di tempat umum juga sangat rawan terkena virus flu Singapura ini. Untuk melindungi anak-anak kita dari flu Singapura, maka pemberian vitamin untuk flu Singapura sangat dianjurkan.

Vitamin untuk Flu Singapura

Daya tahan tubuh yang sedang menurun pada orang dewasa, maupun yang belum stabil pada anak balita dan bayi, memang harus ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi serta suplemen atau vitamin tambahan terbaik. Sangat dianjurkan untuk Anda yang sering flu dan sakit kepala  untuk memberikan vitamin untuk flu Singapura, jika pasien sedang mengalami flu menular ini. Apa saja vitamin tersebut, dilansir dari pikiranrakyat.com, berikut ulasanya:

  • Vitamin C

Sudah bukan hal yang baru lagi, jika terkena flu pastilah vitamin C merupakan vitamin terbaik untuk proses penyembuhan. Vitamin C untuk dosis tertentu nyatanya dapat membantu meredakan flu, namun sebaiknya jangan konsumsi vitamin C untuk dosis tinggi, karena dapat menyebabkan diare hingga keluhan lambung. Berikan vitamin C sesuai keperluan, konsultasikan dengan dokter jika akan dikonsumsi oleh pasien yang masih balita.

  • Prebiotik

Vitamin berupa prebiotic ternyata juga harus dikonsumsi pasien yang terkena flu Singapura agar segera sembuh. Prebiotik ini dapat melawan pergerakan virus jahat serta bakteri yang menyerang tubuh dan terdapat dalam usus pasien. Prebiotik banyak ditemukan dalam beberapa jenis minuman dan makanan. Anda bisa mengkonsumsinya agar mendapatkan nutrisi dan vitamin prebiotic itu sendiri.

Sponsors Link

  • Zinc

Selain vitamin C, konsumsi vitamin dengan kandungan Zinc juga saat Anda flu atau terkena flu Singapura. Zinc ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, pada anak-anak dan orang dewasa. Kandungan Zinc sebagai vitamin untuk flu Singapura ini, bisa Anda temukan dalam jamur, kepiting, kacang merah hingga daging ayam. Vitamin  dengan kandungan Zinc juga mudah ditemukan di apotek saat ini.

  • Vitamin D

Vitamin D ternyata dibutuhkan oleh seseorang yang mengalami flu Singapura ini, karena walaupun sudah tercukupi nutrisinya, belum tentu mendapatkan cukup vitamin D. Umumnya, vitamin D dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan berlemak atau kuning telur dan hati. Sinar matahari juga merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang baik untuk diserap kulit saat flu.

Ingat bahwa vitamin untuk mencegah flu seperti flu Singapura juga bisa kita dapatkan dari olahan makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan. Dilansir dari pikiranrakyat.com, Beberapa jenis makanan tersebut seperti :

  • Gandum

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti beras merah dan soba serta gandum ini ternyata efektif untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, khususnya pada anak balita.

  • Sup Ayam

Sup ayam juga bisa membantu dalam meredakan flu Singapura maupun jenis flu lainya. Kandungan wortel dan bawang dalam sup itu sebagai antioksidan dan anti inflamasi untuk bantu redakan flu.

  • Buah dan Sayuran Berwarna

Buah dan sayuran berwarna yang mengandung senyawa kuersetin juga dapat membantu melawan virus penyebab suara hilang saat flu  dengan maksimal.

Saat terserang flu, sebaiknya pasien harus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, agar sakit flu segera reda. Dengan mengkonsumsi vitamin untuk flu Singapura ini, sakit flu segera hilang dan Anda dapat kembali berakitiftas.

, ,




Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu