Sponsors Link

Kenapa Batuk Sembuh Kambuh Lagi? Ketahui 5 Dampak Bahayanya

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah reaksi alami tubuh dalam menangani adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh. Respon alami tubuh ini berguna untuk membersihkan saluran pernafasan dari berbagai bahan iritan seperti: asap dan debu, membersihkan lendir dan beberapa faktor penyebab iritasi. Reaksi batuk ini sebenarnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk sebenarnya bukanlah penyakit yang terlalu berbahaya yang dapat mengancam nyawa dan normalnya batuk akan menghilang dan membaik dalam kurun waktu 21 hari. Namun, terkadang ada beberapa faktor yang mengindikasikan bahwa batuk yang anda alami merupakan kelanjutan dari sebuah penyakit serius dan merupakan salah satu dari ciri-ciri batuk yang berbahaya.

Ada banyak penyebab batuk sembuh kambuh lagi. Terutama bagi bayi jika terjadi gejala batuk yang berulang, sebaiknya anda segera mencari tau penyebab batuk pada bayi tersebut. Karena bayi akan lebih sulit penanganannya jika anda tidak terlalu faham akan faktor penyebabnya. Jika anda mengalami batuk sembuh kambuh lagi, maka berikut beberapa penyebab yang umum menyebabkan hal tersebut:

  1. Alergi: Batuk yang telah sembuh bisa kembali kambuh karena terpapar beberapa alergen seperti debu, serbuk sari, serpuhan kayu dan asap.
  2. Asma: Gejala yang sering mengiri penyakit asma adalah batuk mengi dan sesak nafas. Asma memang merupakan penyakit yang memiliki gejala berulang, inilah mengapa penderita asma mengalami batuk sembuh kambuh lagi.
  3. GERD: Batuk karena asam lambung ini biasanya akan di sertai dengan keluhan sensai terbakar atau rasa panas di sekitar ulu hati, kembung, mual dan muntah.
  4. Infeksi: Beberapa infeksi menyebabkan kekambuhan batuk berulang seperti infeksi sinus dan infeksi micoplasma.
  5. Bronlitis: Penyakit radang yang mengerogoti bronkus yaitu sebuah saluran udara yang menuju ke dalam paru – paru ini juga merupakan salah saktu faktor penyebab kekambuhan batuk.

Jika anda telah mengetahui tentang beberapa penyebab umbung terjadinya kekambuhan batuk, maka anda juga perlu mengetahui tentang obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa seperti di bawah ini :

  • Hindari faktor pencetus, bebrapa faktor pencetuk batuk seperti : udara dingin, kacang-kacangan, susu, telur,yam, salak dan seafood merupakan beberapa pencetus umumterjadinya batuk beulang.
  • Pemberian obat – obatan seperti : bronkodilator, antihistamin, mukolitik, ekspektoran dan antitusif.
  • Fisioterapi : penanganan bagi penderita yang mempunyai terlalu banyak sekret di dalam dinding dada maka di lakukannya penepukan dada, draignase postural, diatermi dan pengaturan nafas adalah tindakan yang biasanya di lakukan.

Untuk memastikan kondisi dan penyebab batuk kembali sembuh, anda sebaiknya berkonsultasi dan memeriksakan diri pada tenaga medis dan mendapatkan rangkaian penanganan yang cepat dan tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab