Sponsors Link

Batuk Menahun Pada Orang Dewasa? Ketahui 12 Penyebab Bahayanya

Sponsors Link

Jika kita mencari penyebab batuk menahun pada orang dewasa, maka akan ada banyak sekali penjelasan medis tentang mekanisme batuk dan penjelasannya. Sebelum kita memasuki pembahasan tentang batuk menahun yang terjadi pada orang dewasa, penyebab dan pengobatannya, ada baiknya kita mengenali berbagai macam jenis batuk terlebih dahulu. Walaupun sebenarnya, batuk terbagi menjadi 2 jenis jika di golongkan menurut lamanya waktu terinfeksi, yaitu jenis akut dan kronis. Namun sebenarnya masih ada beberapa penyebab jenis batuk lain yang dapat anda ketahui sebagai berikut:

  • Batuk Kering

Biasanya akan di awali dengan tenggorokan yang terasa gatal, tidak memproduksi dahak hingga inilah yang merangsang timbulnya refleks batuk. Gejala lain yang menyebabkan penderita segera harus mengobati batuk kering adalah perut nyeri, batuk seperti mau muntah, gangguan tidur dan bahkan akan ada kemungkinan dimana pembuluh di sekitar mata mengalami pecah akibat adanya tekanan saat batuk terjadi.

  • Batuk Berdahak

Ini merupakan sebuah batuk yang akan memperparah adanya iritasi dan infeksi yang menggrogoti saluran pernafasan jika tidak segera di obati, biasanya di kenal juga dengan sebutan batuk infeksi. Penderita batuk berdahak biasanya akan mengalami kesulitan dalam pernafasan karena adanya sumbatan berupa dahak kental yang menyebabkan penyumbatan di saluran nafas.

  • Batuk Rejan

Ini merupakan batuk kronis yang terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru oleh bakteri bordetella pertussis yang juga menginfeksi saluran nafas. Adanya serangan batuk dalam jangka waktu yang lama dan sering akan menyebabkan keparauan suara dan adanya radang. Biasanya penderita akan mengeluarkan suara seperti adanya refleks muntah di ujung batuk mereka. Ini merpakan jenis batuk yang sangat menular dimana batrei tersebut bisa berpindah dan menyerang orang lain hanya karena percikan air lier yang keluar saat batuk, bersin atau tertawa.

  • Batuk TBC

walaupun gejala batuk pada seseorang yang menderita penyakit TBC ini biasanya hanya batuk sebentar, hanya sesekali dan memiliki gejala awal seperti influenza namun jika anda mengalami gejala adanya batuk di kala malam hari dan juga rasa sesak maka harus berkonsultasi ke dokter.

Selain dari bebrapa jenis batuk tersebut masih ada beberapa lagi seperti batuk karena asma, penyakit jantung lemah, karena kanker paru-paru dan batuk karena stress atau gugup. Namun, jika anda mengalami gejala batuk yang tak kunjung sembuh bahkan jika batuk tersebut selalu berulang selama setahun atau lebih dan merupakan ciri-ciri batuk kronis, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter, karena ada beberapa penyakit yang memiliki gejala berupa batuk menahun. Penyakit-penyakit tersebut adalah :

  • Pertusis

Gejala pertusis adalah batuk keras setelah penarikan nafas yang panjang dan terjadi secara terus-menerus. Pertusis juga umum di kenal dengan nama batuk rejan, seperti yang telah kita bahas di macam-macam jenis batuk tadi. Walaupun sekarang telah ada tindakan pencegahan dini seperti pemberian vaksin, namun terkadang masih ada yang menolak melakukan vaksinasi. Komplikasi yang di takutkan dan sering terjadi pada penderita pertusis adalah pneumonia, makanya jika anda merasakan gejala batuk lama yang tak kunjung sembuh segeralah melakkukan pemeriksaan dan pengobatan.

  • Kanker Paru

Beberapa penelitian ilmiah menyatakan bahwa banyak pasien yang terjangkit kanker paru akan menimbulkan gejala berupa batuk kronis yang menahun, bahkan satu-satunya gejala yang muncul hanyalah batuk. Apalagi bagi penderita yang tidak perokok namun memiliki riwayat batuk lama yang disertai nyeri dada, sakit ketika menelan, suara menjadi serak dan lendir berwarna.

  • Pneumonia

Merupakan penyakit berbahaya yang biasanya terjadi akibat adanyanya batuk pertusis yang tidak di obati. Biasanya batuk yang di sebabkan oleh penyakit ini akan semakin parah dan memburuk di saat malam hari. Sebaiknya anda melakukan tidak lanjut dengan berkonsultasi ke dokter jika mengalami gejala berupa batuk yang lama, demam, nyeri dada dan adanya perubahan warna lendir seperti kuning atau hijau.

  • PPOK

Biasanya penyakit ini ditemukan pada perokok aktif dan merupakan salah satu kasus tersering yang terjadi. Waspadai jika anda merupakan mantan maupun pecandu rokok yang batuk berkepanjangan di sertai dengan adanya banyak lendir terutama di pagi hari. PPOK dapat menurunkan kinerja paru dan bisa menyebabkan sesak nafas.

  • Iritasi Saluran Nafas

Biasanya adanya suatu infeksi virus pada saluran pernafasan akan mengakibatkan timbulnya beberapa gejala seperti demam, flu dan bahkan batuk berkepanjangan. Gejala flu maupun demam akan hilang dalam hitungan hari, namun gejala batuk akan tetap ada karena masih adanya infeksi virus yang akan menyebabkan saluran nafas menjadi lebih sensitif dan benkak.

  • Masalah Kesehatan

Batuk lama menahun biasanya terjadi akibat adanya gangguan asma maupun kondisi alergi. Beberapa masalah lain yang menyebabkan batuk adalah berupa GERD, sleep apnea yang obstruktif dan bronkitis. Jika penyebabnya dalah bronkitis maka anda harus terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri batuk bronkitis.

  • Stress

Stress juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya batuk menahun yang tak kunjung sembuh apalagi stress yang terjadi adalah stress kronis. Jangan terlalu kaku dan menumpuk semua masalah anda di dalam fikiran anda, lakukanlah istirahat yang cukup dan rileks. Karena walaupun terlihat sepele, stress juga pemicu berbagai penyakit berbahaya lainnya.

  • Menggunakan Obat Penurun Tekanan Darah

Jika Anda memiliki kondisi darah tinggi, maka batuk menahun pada orang dewasa kemungkinan besar Anda mengonsumsi ACE inhibitor, obat-obatan tekanan darah tinggi. Salah satu efek samping dari konsumsi obat-obatan ini adalah adanya batuk yang muncul tanpa henti dan menjadi batuk kering yang kronis. Jika efek samping ini Anda alami, hentikan pemakaian obat setelah berkonsultasi dengan dokter dan meminta obat pengganti.

Jika batuk terus saja berlangsung bahkan hingga berminggu-minggu, periksakan diri ke dokter dan sama-sama cari penyebab pasti dari batuk Anda yang tak kunjung sembuh untuk memperoleh pengobatan yang memadai.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab