Sponsors Link

Batuk Berdahak Disertai Keringat Dingin, Bahayakah? Ketahui 6 Penyebabnya

Sponsors Link

Batuk berdahak hijau umum diderita banyak orang, baik yang berbahaya maupun yang tidak. Demikian pula batuk berdahak disertai keringat dingin. Bisa jadi merupakan tanda penyakit tertentu. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai jenis penyakit yang umumnya dapat membahayakan kondisi pada gejala batuk berdahak disertai keringat dingin.

ads

1. Penyakit Malaria

Penyakit utama yang umumnya menimbulkan gejala keringat dingin yaitu penyakit malaria. Sejauh ini malaria banyak menimbulkan kematian karena penyakit yang lama masa pulihnya. Sehingga jika tidak ditangani dengan baik dapat berakibat fatal. Gejalanya berupa demam, batuk disertai sakit kepala, pilek, mual, muntah dan badan terasa sakit.

2. Demam Berdarah

Salah satu penyakit yang juga berbahaya yaitu penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aides aegypti. Penyakit ini timbul berupa demam dan disertai keringat dingin setiap malam. Di samping itu timbul batuk pilek keluar bintik merah dan kepala pusing. Jika kondisi penderita makin kritis maka dapat kejang dan kehilangan kesadaran. Yang paling fatal dapat timbul pendarahan pada organ tubuh bagian dalam sebagai tanda virus menyerang seluruh sistem pembuluh darah.

3. Gejala Tifus

Gejala penyakit tifus juga dapat membuat penderita berkeringat dingin di malam hari karena batuk disertai demam tinggi disertai batuk yang mengeluarkan dahak. Demam ini timbul akibat infeksi serta penularan virus penyebab tifus yang juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sehingga selain demam dan batuk, maka penderita tifus biasanya mengalami diare hingga tubuh menjadi lemas dan mengalami dehidrasi.

4. Pneumonia

Batuk berdahak disertai keringat dingin dapat pula disebabkan oleh infeksi paru-paru akibat bakteri pneumonia. Oleh sebab itu cukup penting untuk terus mengawasi kondisi kesehatan pasien. Jika dibiarkan pneumonia dapat menyebabkan sering mengeluarkan dahak putih serta timbul radang pada paru-paru dan dapat berakibat fatal pada proses aliran oksigen. Jika oksigen terhambat maka fungsi tubuh tidak dapat berjalan normal dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

5. ISPA

Salah satu penyakit yang terlihat ringan namun dapat berbahaya yaitu infeksi saluran pernafasan atau ISPA. Infeksi ini disebabkan oleh penularan virus ke dalam sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Jika infeksi menyebar dan tidak terkontrol maka lama kelamaan paru-paru akan hancur dimakan penyakit. Karena itu perhatikan jika ada demam disertai batuk dan banyak dahak di dada. Dimana demam membuat tubuh pasien berkeringat dingin serta batuk mengeluarkan bahnyak dahak.

6. Demam Kuning

Salah satu bahaya kondisi batuk lama disertai penurunan berat badan yang demikian bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit demam kuning. Demam ini menyerupai ciri-ciri influenza yang disertai batuk terus menerus seerta gejala pilek dan hidung tersumbat. Perbedaan demam ini yaitu saat makin parah maka tubuh penderita akan menguning hingga ke seluruh organ tubuh dapat berubah warna. Tanda bahwa racun penyakit telah menyebar ke seluruh tubuh dan sulit untuk dikontrol. Biasanya demam kuning disebabkan oleh nyamuk.

Demikian beberapa penyakit berbahaya yang dapat timbul akibat gejala batuk berdahak disertai keringat dingin. Jika menemukan gejala tersebut segera hubungi dokter yang terdekat. Apabila kondisi penderita makin parah, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit supaya mendapat pengobatan dan perawatan yang maksimal. Apapun jenis penyakitnya, jika ditangani dengan baik dan cepat maka penyakit dapat segera pulih.

, , ,
Oleh :