Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Influenza Virus dan Pengobatannya

Sponsors Link

Influenza atau yang lebih sering di kenal dengan flu adalah salah satu penyakit yang paling banyak di derita orang. Penyakit influenza termasuk penyakit yang tidak berbahaya tetapi akan sangat menganggu aktifitas sehari – hari kita. Akan tetapi, penyakit influenza juga tidak dapat di abaikan begitu saja, karena banyak dari penyakit kronis dan akut lainnya yang dapat membahayakan jiwa anda memiliki genjala awal seperti influenza.  Oleh sebab itulah kita harus mengobati gejala dan ciri influenza sedini mungkin.

ads

Sebelum kita mengenal ciri influenza, mari kita mengenal lebih dalam tentang influenza dan cara penyebarannya. Influenza atau flu adalah salah satu penyakit yang dapat menjangkit dan menular ke siapa saja. Influenza sendiri di sebabkan oleh virus yang menyebabkan infeksi di hidung, tenggorokan dan paru – paru. Salah satu metode pengobatan agar tidak terjangkit influenza adalah dengan vaksinasi. Walaupun vaksinasi untuk influenza adalah hal yang sangat jarang di dengar di Indonesia, vaksinasi influenza telah banyak dilakukan orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Bagaimana Influenza menyebar?

Influenza dapat disebar dari salah seorang yang telah terjangkit influenza sebelumnya. Penderita influenza dapat menyebarkan influenza dari tetesan air liur atau pun ludah ketika mereka bersin, batuk, berbicara kepada orang lain. Cara lain penyebaran influenza adalah dengan secara tidak sengaja menyentuh permukaan atau benda yang sudah terkena virus influenza sebelumnya dan kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung mereka sendiri. Inilah cara penularan influenza yang sering terjadi dalam hidung anda sebagai berikut:

  • Anda dapat menyebarkan virus influenza dengan tidak sengaja sebelum anda menyadari bahwa anda juga telah terjangkit influezan.
  • Orang dewasa dalam keadaan yang fit dapat terjangkit influenza mulai dari 1 hari sebelum gejala berkembang dan 5 sampai 7 hari sebelum virus tesebut mulai berkembang dan anda pun menjadi sakit.
  • Sedangkan pada anak anak kecil atau pada orang kekebalan yang lemah, dapat terinfeksi untuk waktu yang lebih lama lagi.

Siapa saja bisa terkena influenza, termasuk orang  yang dalam keadaan sehat. Influenza juga tidak memandang usia dalam penyebarannya, siapun dan berusia berapapun dapat terjangkit influenza, namun ada beberapa orang memilki risiko yang lebih tinggi terkena komplikasi terkait influenza lainnya jika mereka sakit. Ini termasuk orang berusia di atas enam puluh lima tahun, orang – orang yang memiliki kondisi medis kronis tertentu seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung, wanita yang sedang hamil, dan anak kecil. (baca juga: Penyebab Penyakit Pneumoinia)

Dikarenakan sifatnya yang sangat mudah menular, terutama dengan udara. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui secara pasti apakah merek telah terjangkit influenza. Berikut kami hadir kan ciri-ciri influenza:

1. Tubuh anda menjadi cepat lelah

Ketika Anda terjangkit influenza, sistem kekebalan tubuh Anda akan menurun. Hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit lainnya. Mengurangi sistem dalam tubuh juga bisa membuat Anda sering kelelahan. Apa lagi yang ditambahkan pada perubahan cuaca ekstrim dan aktivitas sehari-hari yang bisa membuat Anda mudah lelah, letih, lesu dan lemas. Hal ini bisa dicegah atau diobati dengan istirahat yang cukup. (baca juga: Penyebab Batuk Berdarah dan Mimisan)

Artikel Terkait:

2. Tubuh anda merasakan nyeri

Sponsors Link

Rasa nyeri dapat di rasakan di beberapa bagian tubuh seperti di punggung, tangan, kaki dan juga kepala. Apalagi ketika ditambahkan dengan aktifitas yang dan menurunya daya tahan tubuh anda. Salah satu cara mengobati nyeri di tubuh anda dengan beristirahat atau meminta bantuan orang lain untuk memijat tubuh anda. Cara lainnya adalah dengan perbanyak minum air putih dan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. (Baca juga: Penyebab Batuk Alergi)

3. Batuk

Ciri influenza awal adalah bersin dan batuk. Pada keadaan normal, walaupun batuk tersebut tidak memiliki dampat yang berbahaya bagi tubuh, batuk berdahak atau pun batuk kering yang disebabkan oleh influenza tersebut dapat sangat menggangu aktifitas sehari – hari anda. Ada banyak cara untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh influenza salah satunya adalah dengan obat batuk. Obat batuk dapat anda dapatkan dengan di apotek terdekat anda. Cara lain adalah dengan perbanyakan meminum air hangat. Air hangat dapat melegakan dan meringkan batuk anda, selain itu juga dapat mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

4. Sakit tenggorokan atau tenggorokan gatal

ads

Batuk yang berkepanjangan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorakan, dan dengan di tambahnya oleh keberadaan virus influenza, iritasi tersebut dapat menyebabkan infeksi tenggorokan. Infeksi tenggorokan inilah yang dapat membuat tenggorokan kita terasa sakit pada saat menelan makanan atau pun minum. Cara terbaik untuk mengobati tenggorokan sakit atau pun gatal adalah dengan meminum minuman hangat seperti teh jahe. Jahe yang adalah disinfektan alami dapat membunuh kuman, bakteri atau pun virus yang menyebabkan infeksi di tenggorokan. Sedangkan, minuman hangat dapat melegakan tenggorokan dan juga mengurangi batuk. Cara pembuatan teh jahe juga sangat mudah. Anda dapat membuat teh jahe hanya dengan menambahkan irisan jahe pada teh hangat. Cara lain untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi permen pelega tenggorokan. (Baca juga: Cara Mengobati Flu)

5. Pilek

Virus influenza dapat menyebabkan infeksi pada hidung, saluran pernapasan dan sinus. Oleh karena itu salah satu ciri – ciri serangan influenza adalah pilek. Pilek dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Walaupun pilek biasanya tidak dapat membahayakan anda, pada kondisi terburuk, pilek juga bisa bisa mejadi gejala batuk bronkitis. Gejala pilek lainnya dapat berupa:

6. Kesulitan bernafas

Kesulitan bernafas dapat di sebabkan oleh banyak hal, seperti hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek atau pun bisa terjadi ketika batuk anda membuat dada anda terasa nyeri dan sesak. Pada penderita influenza secara normal, kesulitan bernafas tidak akan terjadi dalam waktu yang lama sehingga hal tesebut tidak akan membahayakan anda. Akan tetapi ketika anda mengalami kesulitan bernafas dalam waktu yang lama, maka ada baiknya untuk segera berkonsulatasi dengan dokter anda. Jika anda mengalami hidung tersumbat salah satu cara mengobatinya adalah dengan menghirup uap. Cara membuatnya juga mudah hanya dengan mendidihkan air dan menambahkan rempah – rempah yang dapat dengan mudah anda temukan di dapur anda, seperti serai, kunyit dan jahe. Rempah – rempah tersebut telah terbukti sebagai penjaga kekebalan tubuh dan anti bakteri. (Baca juga: Jenis-jenis Batuk)

7.  Demam

Selain anda merasakan tubuh anda kedingina atau pun menggigil, virus yang menyebabkan influenza juga dapat menyerang sistem kekebalan tubuh anda. Dengan menurunya sistem kekebalan tubuh anda, maka virus dan penyakit lain pun dapat dengan mudah menyerang tubuh anda, salah satunya adalah demam. Biasanya demam yang disebabkan oleh influenza tidak dapat membahayakan tubuh anda. Akan tetapi, demam juga dapat menandakan adanya gejala penyakit lain pada tubuh anda. Jika anda menderita demam maka salah satu cara efektif untuk mengobatinya adalah mengkonsumsi makanan hangat dan mengandung nutrisi tinggi seperti sup ayam. (baca juga: Obat Tradisional Batuk Kering)

8. Dehidrasi yang berat

Sponsors Link

Dehidrasi adalah keadaan dimana cairan di dalam tubuh menurun melampaui batas normal. Walaupu dehidrasi adalah hal yang normal pada saat anda sedang sakit, hal tersebut juga dapat berdampak negatif untuk tubuh anda. Selain energi tubuh kita juga membutukan air untuk melakukan aktifitas sehari – hari. Dalam kasus yang ekstrim, dehidrasi dapat memberikan efek yang fatal dan membahayakan bagi tubuh anda. Untuk mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi adalah dengan perbanyak meminum air dan mengkonsumsi buah – buahan yang memiliki kandungan air yang banyak, seperti semangka atau pun jeruk.(Baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Gatal)

Artikel lainnya:

Cara Pengobatan Awal Penyakit Influenza

Setelah mengetahui ciri-ciri influenza, berikut adalah cara pengobatan jika anda telah terjangkit influenza. Ada banyak cara untuk mengobati influenza, yaitu dengan bantuan obat alami atau pun kimia. Berikut adalah sepuluh obata alami yang dapat menyembuhkan influenza:

  1. Konsumsi makanan berporsi kecil dengan nutrisi tinggi.
  2. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.
  3. Konsumsi sarapan dengan omelet telur dan jamur dengan sedikit cayenne.
  4. Konsumsi yogurt.
  5. Konsumsi sup ayam dengan nasi merah dan beberapa jenis sayuran.
  6. Konsumsi sayur dan buah berantioksidan.
  7. Konsumsi Jus Jeruk.
  8. Konsumsi Jus aneka berry.
  9. Konsumsi Jus wortel.
  10. Konsumsi Jus Mangga. (baca juga: Cara Mengobati Asma)

Demikian ciri-ciri influenza yang dapat kita temukan baik pada orang dewasa maupun anak – anak. Seperti sebuah pepatah yang menyatakan lebih baik mencegah dari pada megobati, alangkah baiknya jika kita dapat tetap mempertahankan sistem kekebalan tubuh kita dengan perbanyak meminum air, mengkonsumsi makanan atau pun buah – buahan yang mengandung nutirisi dan vitamin yang tinggi agar tubuh kita tetap terjaga dan tidak terjangkit virus ataupun bakteri yang dapat membahayakan tubuh kita dan juga menggangu akitifitas sehari – hari kita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri