Sponsors Link

Batuk Pilek Anak Sering Kambuh, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Seperti yang telah kami jelaskan pada kesempatan sebelumnya bahwa batuk merupakan suatu kondisi yang bisa di alami oleh siapa saja karena batuk sendiri sebenarnya adalah merupakan suatu reaksi dari sistem pertahanan tubuh terhadap zat maupun benda asing yang masuk ke dalam tubuh yang dimungkinkan dapat memberikan dampak buruk terhadap tubuh anda. Baca batuk pilek dan benjolan di leher anak.

ads

Sementara itu, pilek merupakan suatu infeksi yang masih bersifat ringan yang terdapat di dalam rongga hidung, tenggorokan, saluran sinus, dan juga biasanya terdapat di dalam saluran pernapasan sebelah atas yang disebabkan oleh serangan dari virus.

Batuk dan juga pilek bisa dialami oleh siapapun tanpa memandang usia, akan tetapi jika kita lihat secara umum maka diketahui bahwa batuk dan juga pilek lebih sering dialami oleh anak – anak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Jika seseorang terkena pilek, terutama bayi maka akan menyebabkan bayi susah tidur karena pilek yang ia alami.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebenarnya alasan ini sudah menjadi rahasia umum. Kondisi sistem kekebalan tubuh pada anak masih belum bisa dikatakan sempurna, hal inilah yang membuatnya rentan terkena berbagai penyakit, termasuk di dalamnya rentan terkena batuk maupun pilek. Dan jika misalnya anak tersebut sudah terkena batuk dan pilek maupun kondisi lainnya, maka waktu yang diperlukan untuk menyembuhkannya relatif lama jika dibandingkan dengan batuk pilek yang menyerang orang dewasa.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda semua mengenai hal – hal apa saja yang menyebabkan batuk pilek anak sering kambuh. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan nantinya anda bisa lebih waspada dan berhati –  hati agar supaya lebih menjaga kondisi anak anda agar tidak terkena berbagai kondisi atau penyakit yang dapat mengganggu kesehatan anak anda.

Kami menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi yang tidak kalah penting seperti:

Penyebab batuk pilek anak sering kambuh

1. Alergi

Penyebab batuk pilek anak sering kambuh yang pertama adalah karena disebabkan oleh serangan alergi. Jika anda mengalami batuk dan juga pilek yang disebabkan oleh alergi maka biasanya kondisi tersebut akan disertai dengan hidung meler dan jika tidak segera ditangani maka akan membuat anak anda menjadi terganggu.

Jika kondisi ini semakin dibiarkan maka kemudian bisa menyebabkan mata anak anda menjadi berwarna kemerahan serta juga sering mengalami bersin. Oleh kaerna itu, anda disarankan untuk membawa anak anda pergi ke dokter untuk segera mendapatkan perawatan medis. Nantinya dokter akan memberikan anjuran maupun saran mengenai apa yang harus dilakukan agar anak anda segera sembuh dari kondisi yang diderita tersebut.

Namun sebelum itu anda bisa melakukan pengobatan awal yakni dengan menggunakan lap basah untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman serta rasa gatal yang terdapat pada hidung maupun juga mata. Jika cara ini belum menunjukkan efek apapun, maka cara yang terbaik adalah dengan membawanya ke dokter karena ditakutkan anak anda mengalami beberapa kondisi yang berbahaya seperti misalnya mengalami penyakit sinus.

2. Infeksi sinus

Penyebab batuk pilek anak sering kambuh yang kedua adalah disebbakan oleh infeksi yang menyerang sinus. Sinus sendiri sebenarnya merupakan suatu rongga udara yang terdapat di dalam area wajah yang berfungsi sebagai pertukaran udara. Seseorang yang mengalami kondisi karena infeksi sinus ini biasanya akan menyebabkan dia mengalami batuk yang disertai dengan pilek.

Sponsors Link

Kondisi batuk dan juga pilek ini akan lebih sulit disembuhkan jika dibandingkan dengan kondisi batuk dan pilek yang disebbakan oleh infeksi karena alergi. Biasanya seseorang yang mengalami kondisi ini selain mengalami batuk dan juga pilek, ia juga kemungkinan besar juga akan mengalami hidung meler dan juga akan mengeluarkan lendir berwarna hijau dengan tekstur yang kental.

Jika anak anda sudah terindikasi penyakit yang menyerang sinus, makaa anda harus segera membawanya ke dokter agar supaya segera dilakukan penanganan medis sehingga anak anda terhindar dari kondisi yang lebih parah yang bisa semakin membahayakan kesehatan anak anda.

3. Konjunctivis oleh bakteri

Penyebab batuk pilek anak sering kambuh selanjutnya adalah karena anak anda sudah terindikasi terkena kondisi yang disebabkan oleh suatu konjunctivis bakteri. Kebanyakan orang maupun anak yang mengalami kondisi ini akan mengalami sering batuk dan juga pilek yang tidak kunjung sembuh.

Sponsors Link

Kondisi yang lebih parah karena konjuctivits bakteri ini maka kemungkinan besar akan menyebabkan anak anda mengalami penumpukan kotoran yang terdapat pada mata. Jika anak anda sudah mengalami kondisi demikian, anda bisa melakukan penanganan pertama yakni dengan mengusap matanya menggunakan lap basah untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel tersebut.

Kemudian anda harus membawanya ke dokter untuk supaya segera mendapatkan penanganan medis agar nantinya anak anda terhindar dari kondisi – kondisi yang tidak diinginkan.

4. Konjunctivis oleh virus

Penyebab batuk pilek anak sering kambuh yang terakhir adalah karena disebabkan oleh konjuctivis oleh virus. Kondisi ini sebenarnya hampir sama dengan penyebab sebelumnya yaitu anak anda akan mengalami penumpukan kotoran yang terdapat di area mata. Namun biasanya kondisi yang disebbakan oleh virus dalam beberapa kasus lebih berbahaya dan penanganannya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Maka dari itu, anda harus segera membawanya ke dokter agar supaya anak anda segera dilakukan penanganan medis untuk menyembuhkan kondisi yang sedang ia alami tersebut.

, , , , ,