Sponsors Link

Sering Bersin dan Keluar Ingus, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami bersin. Secara medis bersin merupakan aktifitas manusia dari reaksi spontan ketika ada benda asing yang terhirup masuk ke rongga hidung.  Reaksi ini berawal dari ketika hidung terkena suatu rangsangan fisik tertentu, bisa berupa debu atau kotoran sejenis. Rangsangan tersebut memberikan sinyal ke bagian otak manusia yang disesebut pusat bersin.

ads

Pada pusat bersin akan memberikan feedback agar objek ( debu atau sejenisnya) harus dikeluarkan dari rongga hidung melalu otot – otot untuk berkontraksi sehingga terjadilah bersin. Selain berfungsi mengeluarkan object kotoran tersebut, bersin juga bermanfaat untuk membersihkan faring atau rongga diantara hidung, mulut dan tenggorokan. Pada artikel ini akan menjawab pertanyaan sering bersin dan keluar ingus, kenapa? Apa penyebabnya? ( baca juga: pilek tidak keluar ingus )

Sering bersin dan keluar ingus, kenapa?

Beberapa orang mengalami bersin dan keluar ingus setiap hari. Apabila sekali bersin memang tidak mengganggu malah baik bagi kesehatan. Namun hal ini berbeda cerita ketika Anda mengalami bersin dan keluar ingusan hampir setiap hari. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi kejadian ini. Bahkan ada kondisi yang paling parah yaitu hidung keluar darah saat buang ingus, dimana ingus berdarah disertai pusing. Kondisi ini tidak mengenal usia, dari bayi hingga orang dewasa pernah mengalami bersin dan keluar ingus. Apalagi di pagi hari, moyoritas orang sering mengalami bersin – bersin di pagi hari. Apabia kondisi tersebut dialami oleh bayi maka bayi ingusan terus – menerus.

Apa penyebabnya?

Berikut ini faktor pemicu munculnya bersin dan keluar ingus dengan intensitas yang tinggi, antara lain:

  • Terkena Flu

Alasan utama munculnya bersin dan keluar ingus adalah terkena flu. Pada umumnya flu ditandai dengan gejala seperti bersin – bersin, keluar ingus, hidung tersumbat, sakit kepala dan demam. Semua orang pasti pernah mengalami flu dan penyakit ini tergolong penyakit ringan serta tidak membahayakan orang lain.

Cara mengatasi flu ini cukup mudah dengan beristirahat di rumah atau cara yang lain seperti terapi uap, minum air hangat atau mengkonsumsi buah – buahan. Biasanya flu akan menghilang setelah 2 minggu dengan disertai minum obat.

  • Reaksi Alergi

Salah satu faktor penyebab sering bersin dan mengeluarkan ingus adalah alergi terhadap alergen tertentu. Alergen ini bisa berupa debu, spora jamur, serbuk sari, bulu binatang, atau kotoran lainnya. atau kotoran lain yang dapat menyebabkan bersin dan keluar ingus. Apabila seseorang mengalami reaksi alergi seperti diatas maka dia pasti mengalami bersin terus – menerus ketika terhirup alergen tersebut. Selain bersin dan keluar ingus, biasanya alergi dapat mengakibatkan reaksi fisik lainnya seperti hidung tersumbat, hidung dan mata akan terasa gatal.

Hal ini disebabkan ada alergen atau objek yang menyebabkan terjadinya alergi di orang tersebut. Kondisi seperti ini sering dialami oleh orang – orang yang bermukim di negara – negara yang memiliki musim gugur dan musim kemarau. Hal ini dikarenakan banyak serbuk sari dari bunga yang tidak sengaja terhirup orang akan menyebabkan bersin – bersin. Pemeriksaan medis akan menentukan apakah orang tersebut terkena alergi terhadap alergen tertentu atau tidak. (baca juga : Penyebab dari batuk alergi)

Sponsors Link

  • Rhinitis Vasomotor

Salah satu penyebab sering bersin dan keluar ingus yang belum diketahui orang adalah rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor merupakan kondisi dimana terjadinya gangguan pada sistem saraf yang mengatur melebar dan menyempitnya pembuluh darah yang berada di rongga hidung. Rhinitis vasomotor disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolah raga, sering begadang, daya tahan tubuh menurun serta perubahan suhu yang drastis ketika pagi hari yang sangat dingin.

Selain itu penyebab yang mungkin memicu timbulnya rhinitis vasomotor seperti tidur di lantai yang dingin serta sering minm air dingin. Kondisi ini terjadi setelah mandi atau ketika bangun tidur dengan gejala – gejalanya seperti sering bersin dan keluar ingus.

Sponsors Link

Penyakit ini bisa terjadi sepanjang tahun, dikarenakan penderita terkena alergen atau bahan yang menyebabkan alergi itu muncul. Berikut ini beberapa faktor lain penyebab munculnya rhinitis vasomotor, antara lain:

  1. Terkena iritan pada lingkungan, seperti parfum, bau-bauan, asap, atau perokok pasif
  2. Terjadi perubahan cuaca dan musim kering
  3. Terkena infeksi virus yang terkait dengan pilek dan flu
  4. Telah mengkonsumsi makanan atau minuman panas dan pedas
  5. Akibat penggunaan obat-obatan seperti aspirin atau ibuprofen
  6. Terjadinya perubahan hormon akibat kehamilan, menstruasi, penggunaan kontrasepsi oral atau kondisi hormonal lainnya seperti hipotiroidisme

Demikian alasan mengenai sering bersin dan keluar ingus  beserta penyebabnya. Bagi Anda yang mengalami bersin dan keluar ingus dalam interval waktu yang rendah atau bisa dikategorikan sering mengalami bersin dan keluar ingus. Silahkan Anda pahami agar kedepannya tidak terjadi bersin dan keluar ingus dalam kategori sering. Semoga artikel ini bermanfaat. (baca juga: batuk pilek disertai diare )

, ,




Oleh :
Kategori : Penyebab