Sponsors Link

3 Khasiat Delima Untuk Batuk Kering dan Berdahak

Sponsors Link

Batuk yang merupakan jenis penyakit ringan bisa dialami oleh siapa saja, orang dewasa dan anak-anak. Umumnya batuk disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan. Batuk merupakan salah satu gejala dari infeksi tersebut, namun biasanya batuk akan sembuh dengan sendirinya setelah mengkonsumsi obat dan beristirahat buah yang tidak boleh dimakan saat batuk dengan cukup.

ads

Selain orang dewasa, anak-anak juga ternyata rentan terkena batuk. Di usia mereka yang masih aktif bermain dan sering berada di luar ruangan, membuat mereka dekat dengan debu dan kotoran sehingga mudah tertular batuk. Sebaiknya, jika anak-anak terkena batuk berikan obat alami terlebih dulu, sebelum memutuskan memberikan obat apotek untuk mengatasi batuk yang dialami. Salah satu khasiat bawang putih untuk batuk obat alami yang dapat dimanfaatkan untuk anak adalah buah delima.

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Buah delima cukup populer dan dikenal sebagian besar masyarakat Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia ini, banyak yang menjual buah delima. Jika dicicipi, buah ini memiliki rasa yang manis dan asam segar dan biasanya dikonsumsi saat siang hari. Buah delima juga bisa diolah menjadi penyebab batuk tidak berdahak  minuman jus yang menyegarkan.

Mungkin tidak semua orang mengetahui manfaat penting yang dimiliki buah delima jika dikonsumsi. Padahal, buah delima ini memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tubuh selalu sehat. Kandungan zat seperti mineral, vitamin A dan C, serta manfaat antibody batuk kering disertai pilek dimiliki oleh buah delima. Lalu apa saja manfaat buah ini untuk kesehatan? Berikut ulasanya:

  • Meredakan sariawan
  • Meredakan batuk
  • Membuat arteri sehat
  • Meredakan radang gusi
  • Meredakan tenggorokan kering
  • Mengatasi gejala cacingan
  • Mengatasi sulit buang air kecil

Khasiat Delima Untuk Batuk

Jika memiliki buah delima di rumah, sebaiknya manfaatkan sebagai pengobatan batuk yang alami dan lebih murah, dibandingkan dengan membeli obat apotek yang mengandung virus penyebab batuk bahan kimia. Untuk gejala batuk, biasanya bagian biji dari buah delima yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Apa saja khasiat delima untuk batuk, berikut ulasanya:

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh, buah delima dapat membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh tersebut, maka orang akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri seperti batuk kering atau batuk berdahak. Kedua jenis batuk ini disebabkan oleh virus dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia, saat sistem imun mereka sedang menurun.

  • Aman untuk Batuk Anak

Batuk dialami tidak hanya orang dewasa, tapi juga sering dialami batuk sampai mata merah oleh anak-anak. Bisa saja, anak yang sedang batuk diberikan obat alami ramuan lemon dan madu, namun buah lemon memiliki rasa yang terlalu asam dan madu tidak boleh diberikan pada anak dibawah umur. Buah delima bisa menjadi alternatif pengganti obat batuk alami.

  • Mengencerkan dahak dan Menyejukan Tenggorokan

Memakan biji delima atau olahan jus buah delima, juga dapat cara mencegah batuk membantuk mengencerkan dahak pada gejala batuk berdahak agar mudah dikeluarkan. Selain itu, tenggorokan akan lebih terasa sejuk dan terhindar dari gatal tenggorokan penyebab batuk.

Bahan-bahan alami dari alam, seperti buah delima ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat delima untuk batuk juga dapat dimanfaatkan saat batuk kering atau batuk berdahak menyerang sewaktu-waktu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal