Sponsors Link

17 Makanan Penyembuh Pilek yang Mengandung Banyak Gizi

Sponsors Link

Menu makanan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk beberapa kondisi kesehatan tertentu, dan salah satunya adalah untuk penyakit pilek. Beberapa orang menganggap bahwa ketika sedang sakit kita harus mengonsumsi makanan yang sedap untuk meringankan perasaan tidak nyaman akibat pilek tersebut, namun bukan begitu seharusnya. Ketika tubuh sedang melawan bibit penyakit, hal terakhir yang dibutuhkan tubuh adalah dibebani dengan makanan berat yang sulit dicerna, jadi memilih makanan yang dapat dikonsumsi ketika pilek menjadi satu hal yang sangat penting.

ads

Sebelum Anda mengonsumsi banyak obat flu yang Anda simpan di rumah, melawan pilek dengan makanan yang dapat menunjang kinerja sistem kekebalan tubuh sangat penting. Selain mencuci tangan dengan teratur, vaksin flu dan olah raga teratur yang dapat menjadi cara mencegah penyakit pilek, Anda juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bisa membantu membangun sel tubuh yang sehat. Jenis makanan yang perlu dikonsumsi selama pilek untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Makanan yang Baik Untuk Melawan Pilek

Ada banyak jenis makanan yang baik untuk mendorong sistem imunitas Anda untuk membangun kekebalan tubuh, namun jika Anda benar mengalami pilek yang buruk, ada juga jenis – jenis makanan yang akan membantu meredakan gejala pilek tersebut dan mempercepat pemulihan. Jangan remehkan kekuatan makanan bergizi dalam mengusir penyakit ringan seperti pilek, flu dan batuk. Makanan menyembuhkan sinusitis, makanan penyembuh flu dan batuk, makanan yang baik untuk batuk rejan adalah makanan  yang bergizi. Walaupun Anda mungkin tidak berselera makan, namun sangat penting untuk tetap ternutrisi dan terhidrasi dengan baik untuk membantu tubuh melawan infeksi. Makanan penyembuh pilek antara lain:

1. Sup ayam

Makanan ini mungkin terlihat seperti resep kuno, namun sebagaimana banyak obat tradisional lain, para ahli menemukan bahwa makanan ini memang dapat menyembuhkan pilek. Sup ayam mengandung zat yang dikenal sebagai karnosin yang akan bekerja pada sistem kekebalan tubuh, khususnya pada tahap awal pilek. Makanan ini dapat membantu mengurangi peradangan, meringankan gejala dan mengurangi durasi pilek Anda. Kaldunya yang lezat juga akan membantu mencegah dehidrasi dan bagus untuk menyembuhkan tenggorokan yang sakit. Sup ayam juga merupakan makanan untuk flu yang sangat baik.

2. Sup sayuran

Sup yang terbuat dari sayuran dan daging akan memberi Anda protein dan nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan pilek. Makanan penyembuh pilek ini akan membantu Anda untuk melawan pilek dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Makanan mengandung zinc

Zinc merupakan booster untuk kekebalan tubuh yang hebat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc yang dikonsumsi dalam waktu 24 jam selama gejala pilek muncul dapat mempersingkat durasi penyakit. Makanan yang baik yang kaya akan zinc adalah kerang, unggas, kacang-kacangan, dan gandum. Anda dapat mengemil biji labu atau biji wijen atau menambahkan kale pada sayuran Anda.

4. Makanan pedas

Makanan yang pedas mungkin akan membuat mulut berair namun jenis makanan pedas seperti saus pedas, wasabi, merica, cabe dapat membantu membuka saluran sinus untuk sementara dan memudahkan pernapasan. Walaupun demikian Anda harus berhati-hati karena makanan pedas dapat mengakibatkan sakit perut, yang tidak baik apabila Anda sudah merasa kurang enak badan.

5. Makanan mengandung vitamin A

Sponsors Link

Makanan penyembuh pilek dan makanan yang baik untuk penderita batuk asma juga harus mengandung banyak vitamin A. Vitamin A penting untuk mempertahankan kekebalan tubuh yang kuat dan memperkuat membran mukus Anda, jadi apabila Anda mengalami flu, pastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti ubi, wortel, squash, bayam dan banyak lagi.

6. Makanan mengandung vitamin C

Vitamin C tidak hanya penting untuk mendorong sistem imun seseorang namun juga dapat menghilangkan pilek lebih cepat. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C lebih banyak seperti stroberi, brokoli, paprika, ubi dan tomat. Buah – buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan merupakan buah yang baik untuk anak batuk pilek. Lapisan putih pada kulit buah ini mengandung flavonoid, yang dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh dan bagus untuk mempercepat pemulihan.

7. Yoghurt

Bakteri bersahabat yang hidup di dalam yogurt dapat menambahkan respons kekebalan tubuh Anda untuk memberi kekuatan lebih saat melawan pilek. Kebanyakan sel kekebalan tubuh hidup di usus Anda, jadi mengonsumsi yogurt merupakan langkah yang bagus. Yogurt juga merupakan makanan untuk penderita flu singapura.

ads

8. Ikan 

Ikan kaya akan omega 3, termasuk ikan hering, mackarel, salmon, sarden dan tuna yang dapat membantu mengurangi peradangan yang mencederai tubuh, mengurangi tingkat keparahan gejala dan juga mengurangi rasa sakit.

9. Kaldu

Sama dengan sup ayam, kaldu juga merupakan sumber yang bagus untuk menghidrasi tubuh ketika Anda sedang sakit. Kaldu kaya rasa dan dapat mengandung kalori, vitamin serta mineral seperti magnesium, kalsium, folat dan fosfor. Jika dikonsumsi selagi hangat, kaldu juga dapat menjadi dekongestan alami karena uap panasnya. Anda dapat menggunakan kaldu ayam atau kaldu sapi. Anda dapat membuatnya sendiri atau menggunakan kaldu instan yang dapat dibeli di toko.

10. Bawang putih

Satu penelitian menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih lebih jarang sakit. Secara keseluruhan, mereka juga sembuh lebih cepat. Ekstrak bawang putih ditemukan dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan tingkat keparahan penyakit pilek dan flu.

11. Air kelapa

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan ketika sakit. Makanan penyembuh pilek yang dapat menghidrasi khususnya penting ketika Anda mengalami demam, banyak berkeringat atau muntah dan diare, yang dapat menyebabkan kehilangan banyak cairan tubuh dan elektrolit. Air kelapa mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan untuk rehidrasi tubuh, mengandung antioksidan dan juga dapat memperbaiki kontrol gula darah. Namun air kelapa bisa menyebabkan kembung, jadi sebaiknya Anda meminumnya sedikit demi sedikit.

12. Pisang

Pisang merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika sedang sakit. Pisang mudah dikunyah dan kaya akan rasa namun juga mengandung sejumlah kalori dan nutrisi yang layak. Selain itu pisang juga mengandung banyak serat yang dapat membantu meringankan diare yang mungkin saja terjadi ketika sedang pilek. Sayangnya pisang agak kurang nyaman untuk dikonsumsi ketika sedang batuk, termasuk buah yang tidak boleh dimakan saat batuk karena membuat tenggorokan gatal. Sama seperti akibat dari makan kacang saat batuk, dan batuk tidak boleh makan jagung.

13. Sayuran hijau

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan penyembuh pilek yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh ketika sedang pilek. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada dan kale berisi banyak vitamin, mineral dan serat, juga merupakan sumber vitamin A, C dan K serta folat yang bagus. Sayuran berdaun hijau gelap juga memiliki banyak antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan dan membantu melawan peradangan.

14. Kunyit

Herbal ajaib ini memiliki manfaat anti peradangan yang dapat membawa berbagai khasiat baik untuk Anda sebagai makanan penyembuh pilek. Kunyit juga merupakan makanan penyembuh pilek yang kaya akan antioksidan dan dapat mengeluarkan racun dari tubuh jika digunakan setiap hari. Orang yang rajin mengonsumsi kunyit lebih jarang terkena pilek, batuk dan masalah pernapasan.

15. Jahe

Sponsors Link

Jahe paling dikenal dengan efek anti mual yang dimilikinya, yang terhubung dengan kehamilan atau perawatan kanker. Jahe bertindak sebagai obat anti inflamasi non steroid, juga mengandung antioksidan, anti mikroba dan anti kanker. Walaupun Anda tidak merasa mual, jahe juga bagus untuk menghangatkan tubuh yang sedang sakit pilek. Campurkan jahe ke dalam bumbu makanan, membuat teh jahe atau yang lainnya untuk menyembuhkan pilek. Gunakan jahe asli atau ekstrak jahe, dan bukan hanya perasa jahe.

16. Madu

Madu merupakan makanan penyembuh pilek yang memiliki anti bakteri yang ampuh, karena mengandung sejumlah besar materi anti mikroba. Madu juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan telah digunakan sejak zaman Mesir untuk keperluan menyembuhkan luka. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa madu dapat menekan batuk pada anak – anak, namun tidak boleh diberikan kepada anak yang berusia dibawah 12 bulan.

17. Daging sapi

Jika Anda ingin mendorong sistem kekebalan tubuh, daging sapi merupakan sumber makanan penyembuh pilek yang bagus. Daging sapi merupakan sumber yang baik untuk zinc, dan zinc sangat penting untuk perkembangan sel darah putih yang akan memperkuat tubuh Anda.  Para peneliti menunjukkan bahwa kekurangan zinc akan menurunkan kekebalan tubuh seseorang dan respons tubuhnya. Selain itu, ekstra protein yang didapatkan akan mendukung tubuh untuk membangun antibodi dan melawan infeksi.

Selain makanan penyembuh pilek, istirahat dan mengonsumsi cairan yang cukup serta mendapatkan nutrisi yang layak adalah beberapa dari hal penting yang dapat dilakukan agar Anda merasa lebih baik dan pulih lebih cepat dari sakit pilek. Tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan penyakit, namun mengonsumsi makanan yang benar dan menyusun menu makanan sehat adalah hal yang akan mendukung pembentukan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit, serta menjauhkan gejala – gejala penyakit lainnya.

, , ,