Sponsors Link

Batuk Setelah Radang Tenggorokan: Penyebab, Bahaya Dan Penanganan

Sponsors Link

Seseorang yang mengalami batuk dalam jangka waktu yang lama maka hal tersebut mengindikasikan bahwa ia sedang terkena suatu penyakit saluran pernapasan yang harus segera ditangani. Karena bisa saja hal ini membuat orang tersebut mengalami radang tenggorokan.

ads

Perlu anda tahu bahwa radang tenggorokan merupakan sebuah peradangan yang disebabkan karena pada sebelumnya orang tersebut mengalami batuk berdahak dimana lendir atau dahak dari orang tersebut masuk dan menginfeksi tenggorokan sehingga mengakibatkan ia menderita radang tenggorokan.

Kondisi ini kemudian akan mengakibatkan orang tersebut menderita batuk atau bahkan menderita penyakit yang lebh serius yang harus segera dilakukan penanganan secara tepat dan cepat.

Penyebab dan Bahayanya Batuk Setelah Radang Tenggorokan

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab batuk setelah radang tenggorokan yang harus anda ketahui:

1. Rusaknya Klep Jantung

Batuk setelah radang tenggorokan bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada klep jantung. Hal ini pada dasarnya dikarenekan sebelumnya anda sudah terinfeksi bakteri yang tidak kunjung anda obati sehingga mengakibatkan kleb jantung anda menjadi rusak.

Ketika seseorang sudah mengalami kerusakan pada klep jantung, maka orang tersebut akan mengalami rasa nyeri atau sakit pada bagian dada dan tenggorokan sehingga hal tersebut akan memicu ia mengalami batuk. Maka dari itu, kami sarankan ketika anda sudah terindikasi mengalami kerusakan pada klep jantung anda maka yang harus anda lakukan adalah segera menghubungi pihak medis untuk segera mendapatkan penanganan yang terbaik.

2. Sinusitis

Batuk setelah radang tenggorokan juga bisa disebabkan karena anda sudah mulai terkena sinusitis. Sinusitis merupakan sebuah inflamasi atau peradangan yang menyerang rongga sinus dimana pada dasarnya rongga sinus berfungsi untuk pertukaran udara.

Ketika seseorang menderita sinusitis, maka rongga sinus tersebut akan terdapat banyak lendir sehingga menyebabkan peradangan dan bahkan bisa membuat hidung anda menjadi berwarna kemerah – merahan. Untuk itu, kami sarankan agar supaya anda segera melakukan pengobatan terhadap sinusitis yang anda alami sebelum nanti sampai mengalami kondisi yang lebih parah dan tentu pengobatannya juga membutuhkan waktu yang lama.

3. Bronkitis

Penyebab lain dari batuk setelah radang tenggorokan adalah karena mungkin pada waktu itu anda terindikasi mengalami bronkitis. Bronkitis adalah sebuah penyakit dimana saluran pernapasan anda, termasuk juga paru – paru mengalami infeksi yang disebabkan oleh serangan virus atau bakteri, dan juga penyakit ini sudah menjadi salah satu penyakit menular dan banyak menginfeksi orang lain yang kondisi sistem kekebalan tubuhnya sudah mulai menurun.

Kondisi ini memang awalnya diawali oleh radang tenggorokan yang tidak kunjung diobati sehingga kemudian virus atau bakteri tersebut akan mulai menyerang paru – paru anda dan jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan anda mengalami radang paru – paru atau yang disebut dengan bronkitis.

Sponsors Link

Penanganan Batuk Setelah Radang Tenggorokan

Setelah kita semua sudah mengetahui tentang apa saja yang menyebabkan seseorang menderita batuk setelah radang tenggorokan, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara penangnan dari penyakit tersebut sehingga tidak semakin parah.

1. Banyak Minum Air Putih

Penanganan batuk setelah radang tenggorokan yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih memang dipercaya mampu membantu untuk meredakan peradangan atau inflamasi yang menyerang saluran pernapasan anda, selain itu dengan meminum banyak air putih maka bisa membantu untuk menghilangkan lendir atau dahak yang menjadi sebab peradangan yang anda alami.

Maka dari itu, kami sarankan agar supaya anda memperbanyak meminum air putih agar supaya batuk yang anda alami semakin lama semakin membaik dan tidak sampai lebih parah karena hanya akan membuat anda semakin menderita serta mengganggu aktivitas anda sehari – hari.

2. Minum Campuran Madu Dan Jahe

Sponsors Link

Penanganan batuk setelah radang tenggorokan yang kedua juga bisa dilakukan dengan meminum campuran madu dan jahe. Kedua campuran ini memang dipercaya untuk membantu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Kandungan yang ada di dalam madu maupun jahe akan membantu untuk meredakan tenggorokan anda serta juga diketahui bahwa madu memiliki efek anti inflamasi sehingga bisa menyebabkan lendir atau dahak yang menjadi pemicu anda mengalami infeksi akan semakin reda.

Yang terpenting adalah anda harus meminum ramuan ini secara rutin minimal dua kali sehari sehingga kesembuhan yang anda dapatkan akan semakin cepat. Dan yang tidak kalah penting adalah bahwasanya anda harus menghindari untukt tidak mengkonsumsi makanan untuk flu dan juga makanan yang dihindari saat flu dan batuk.

3. Mengkonsumsi Obat Dari Dokter

Jika kedua pengobatan sebelumnya masih belum menunjukkan tanda – tanda akan kesembuhan, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsusmi obat – obatan yang anda dapatkan dari dokter. Selalu gunakan pengobatan dengan takaran dosis yang tepat karena dengan memberikan dosis yang tepat maka bisa membuat pengobatan yang anda jalani semakin cepat.

Demikian informasi yang bisa kami sampikan. Kami sarankan anda untuk membaca tentang cara mengobati batuk dengan asam jawa, ciri – ciri batuk karena jantung, dan juga cara mengobati batuk menggigil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

, , ,