Sponsors Link

5 Makanan yang Baik Untuk Penderita Batuk Asma Kambuh

Sponsors Link

Batuk asma merupakan salah satu keluhan batuk yang dirasakan oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma sebelumnya. Batuk itu sendiri merupakan reaksi pembersihan dan perlindungan paru-paru kita dari perkembangan infeksi atau bakteri yang masuk melalui saluran pernafasan. Batuk yang dialami penderita asma juga dapat menjadi reaksi pertahanan tubuh yang alami. Walau bayi sering bersin dan cegukan begitu, keluhan batuk asma ini dianggap tidak produktif.

ads

Batuk asma sendiri umumnya merupakan jenis batuk kering yang terjadi secara alami sebagai respon dari adanya iritasi dalam saluran nafas, kemudian mendorong bronchial untuk menjadi kontraksi. Batuk asma tersebut juga ditandai dengan terjadinya inflamasi atau pembengkakan dan penyempitan pada area saluran nafas yang menimbulkan mengi (suara seperti nada tinggi batuk sebelum tidur  karena saluran udara menyempit).

Gejala Batuk Asma

Batuk merupakan gejala asma yang bisa dibilang paling umum. Namun, untuk menentukan apakah batuk yang sedang dialami disebabkan oleh asma, dapat dilihat dari beberapa gejala berikut ini:

  • Saat bernafas timbul suara seperti nada tinggi (mengi) karena saluran udara menyempit
  • Terasa sesak pada bagian dada serta mengalami batuk yang berlebih
  • Batuk akan lebih sering pada malam hari, sehingga menimbulkan kelelahan
  • Sulit berolahraga
  • Mengalami sesak nafas

Adapun penyebab asma seseorang menjadi kambuh dan mengalami gejala batuk-batuk yang cukup sering , bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut:

  • Alergi terhadapa debu, cuaca dingin, bulu hewan
  • Memiliki riwayat penyakit asma turunan
  • Mengkonsumsi obat asma yang kurang sesuai
  • Mengalami gangguan pada organ paru- paru
  • Mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk penderita asma

Makanan yang Baik Untuk Penderita Batuk Asma

Batuk asma yang mungkin sedang Anda alami saat ini, sebaiknya anak batuk minum susu coklat segera mendapatkan penanganan dengan pengobatan yang sesuai serta melakukan tindakan perawatan yang maksimal. Salah satu tindakan perawatan untuk batuk asma adalah mengkonsumsi makanan yang dibolehkan untuk penderita asma. Adapun beberapa jenis makanan yang juga dapat memicu batuknya, sebaiknya harus dihindari untuk sementara waktu.

Adapun makanan yang baik untuk penderita batuk asma, sebagai berikut:

  • Makanan yang Mengandung Omega 3

Tahukah Anda bahwa zat omega 3 ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan organ paru-paru kita. Maka dari itu, beberapa jenis makanan yang mengandung omega 3 tentunya cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami batuk asma. Makanan yang mengandung omega 3 ini seperti ikan salmon, ikan makarel dan ikan tuna.

  • Cemilan Buah

Buah-buahan memang baik juga untuk kesehatan kita karena memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Khusus untuk penderita batuk asma, sebaiknya pilih buah alpukat dan pisang. Kedua buah ini memiliki manfaat untuk mendetoksifikasi racun yang mungkin terdapat di area saluran nafas yang menyebabkan batuk muncul. Kadar vitamin dalam buah ini juga mampu mengurangi resiko asma yang kambuh.

  • Sayuran yang Sehat

Sayuran yang sehat adalah sayuran yang memiliki kandungan efek samping minum susu saat batuk penting seperti betakaroten dan zat antioksidan tinggi, yang bermanfaat untuk menangkal zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita yang mengakibatkan peradangan pada saluran nafas.

  • Kunyit dan Jahe

Kedua jenis bumbu dapur ini mungkin tidak dimakan secara langsung, namun dapat dijadikan sebagai bumbu pelengkap pada masakan atau minuman khusus. Kedua rempah-rempah ini juga membantu mencegah peradangan pada saluran paru-paru kita, serta mampu melonggarkan pernafasan yang menyempit karena asma kambuh.

  • Bawang putih

Bawang putih juga sering dijadikan bumbu masak yang anak makan es krim saat batuk pilek  memiliki kandungan anti inflamasi dan mampu mengusir asma yang kambuh.

Jika asma kambuh, sebaiknya banyak beristirahat agar kondisi badan lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita batuk asma, agar batuk-batuk yang dialami dapat segera mereda.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman